6 Tips Sehat Bagi Ibu Hamil Penderita Hipertensi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Tips sehat bagi ibu hamil penderita hipertensi berikut mungkin bisa menjadi acuan untuk ibu hamil agar tetap merasa nyaman selama menjalani kehamilan meski di sisi lain ia menderita hipertensi.

tips sehat bagi ibu hamil penderita hipertensiPada dasarnya, tidak sedikit ibu hamil yang menjalani kehamilan dengan kondisi normal. Meski tidak di harapkan, berbagai kondisi bisa mengganggu kehamilan. Mulai dari pada perubahan hormon yang ekstrim pada ibu hamil, hingga kondisi tubuh ibu hamil yang rentan terjangkit penyakit yang bersifat berbahaya bahkan sebelum kehamilan terjadi.

Hal tersebut juga berlaku pada ibu hamil yang menderita hipertensi. Meski kondisi tersebut sering kali di anggap wajar pada ibu hamil, namun tetap saja hal tersebut memerlukan penanganan serta pengobatan yang tepat. Sehingga masalah hipertensi tersebut tidak akan membahayakan kondisi sang ibu maupun janin di dalam rahim hingga saatnya tiba waktu persalinan.

Adapun seorang wanita hamil di nyatakan menderita hipertensi apabila tekanan darah yang ia miliki berada di atas angka 140/90 mmHg. Bahkan dalam kehamilan, hipertensi sendiri terdiri ke dalam beberapa jenis, seperti hipertensi kronik, hipertensi kronik dengan preeklamsia, hipertensi gestasional, praeklamsia dan juga eklamsia.

Terdapat berbagai bahaya hipertensi pada ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Aliran darah ke plasenta berkurang.
  • Pertumbuhan janin menjadi terhambat
  • Bayi mengalami kelahiran prematur
  • Abrupsio plasenta atau plasenta terpisah dari dinding rahim sebelum terjadi proses persalinan
  • Bayi bersiko meninggal di dalam kandungan
  • Beresiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskular

Berbagai tips sehat bagi ibu hamil penderita hipertensi

Terlepas dari berbagai bahaya yang telah di sebutkan di atas, anda juga tetap bisa menjalani kehamilan dengan nyaman meski tak dapat di pungkiri anda juga tengah menderita tekanan darah tinggi. Untuk itu, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Pola makan sehat

Asupan makanan yang sehat sangat penting di perhatikan oleh ibu hamil. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, jika anda juga tengah menderita hipertensi sebainya anda juga ketahui mana makanan sehat untuk penderita hipertensi, dan juga mana makanan pantangan untuk hipertensi yang patut untuk anda hindari. Sehingga tekanan darah anda akan tetap normal dan tidak membahayakan kondisi kesehatan anda.

2. Hindari stres

Pada dasarnya, stres bisa kapan saja di alami oleh ibu hamil. Baik itu karena rasa takut akan kondisi kehamilan maupun yang lainnya. Namun, sebaiknya kondisi stres ini segera di tangani, karena dapat menyebabakan lonjakan tekanan darah yang tinggi secara tiba-tiba. Coba ceritakan kepada suami dan keluarga, atau mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan anda mengenai cara bagaimana anda bisa terhindar dari stres saat hamil.

3. Berolahraga secara teratur

Bunda, kehamilan sendiri bukanlah ajang bagi anda untuk bermalas-malasan ya! Bahkan jangan salah, salah satu manfaat olahraga yang di lakukan oleh ibu hamil dapat mencegah hipertensi. Namun tetap perlu di perhatikan. Olahraga yang baik untuk di lakukan oleh ibu hamil adalah olahraga ringan seperti jalan kaki, senam, yoga dan juga berenang.

4. Meninggalkan kebiasaan buruk

Jika bunda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, sebaiknya segera di tinggalkan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga sebaiknya di hentikan. Maka dengan begitu, Kehamilan bunda akan senantiasa sehat hingga waktu persalinan, begitu juga dengan bayi anda.

5. Isirtahat yang cukup

Hal ini sangat penting bukan hanya baik bagi ibu hamil penderita hipertensi melainkan untuk ibu hamil pada umumnya. Dengan begitu ia akan terhindar dari rasa lelah dan juga stres. Namun perlu di garis bawahi adalah bukan berarti para bunda harus terus diam selama kehamilan. Tetaplah beraktivitas seperti semula, namun tetap tahu batasan dan juga dengan istirahat dan mengonsumsi air putih yang cukup.

6. Periksakan kehamilan secara teratur

Hal ini juga perlu di lakukan oleh para bunda, khususnya yang kini yang tengah mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Hal tersebut guna untuk mengetahui dan mengontrol tekanan darah anda agar tetap normal.

Nah, itulah beberapa tips sehat untuk ibu hamil penderita hipertensi. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat, sehingga andapun bisa menikmati masa kehamilan anda dengan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *