Tips Penting Mengatasi Anak Balita Yang Susah Makan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Anak balita yang susah makan adalah salah satu diantara permasalahan yang tak jarang dikeluhkan oleh orang tua, terutama para ibu. Mungkin berbaai cara seolah tak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Namuhn mungkin anda belum pernah mencoba menerapkan veverapa tips berikut. Ketahui informasi selengkapnya hanya disini.

anak balita yang susah makan

Saat si kecil berusia 6 bulan, saatnya ia mulai di beri makanan padat pendamping ASI. Dan saat itulah anda hrus benar-benar cermat dalam memperhatikan pola makannya. Mulai dari memberinya bubur susu, sari buah, lalu bertahap pada tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim dan seterusnya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu berjalan mulus. Karena beberapa diantara si kecil khususnya yang memasuki tahun pertama hingga anak yang berusia 6 tahun susah makan. Mulai dari penolakan makan, tidak suka sayur (picky eater hingga mengemut makanan berlama-lama.

Faktor pemicu anak sulit makan bervariasi. Namun secara garis besar anak susah atau tidak mau makan bisa disebabkan oleh faktor fisik dan juga faktor psikis. Faktor fisik bisa meliputi adanya gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktos psikis bisa meliputi gangguan psikologis anak seperti kondisi rumah tangga yang bermasah, dipaksa mengonsumsi makanan yang tidak ia sukai dan sebagainya.

Tips mengatasi anak balita susah makan secara alami

Mungkin terdapat beberapa catatan penting yang terlewatkan oleh anda, sehingga ia sulit untuk makan. Mungkimn beberapa tips berikut bisa membantu anda.

1. Menyajikan makanan dalam prossi kecil

Ingat ya baunda, si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Jadi berikan ia makanan dalam porsi kecil atau sedikit demi sedikit.

2. Variasi makanan

Anda bisa mencoba membuat beberapa pilihan menu makanan. Lalu biarkan anak anda untuk memilih makanan yang ia suka Biasanya anak lebih suka dengan makanan yang dipilihnya.

3. Sajikan makanan dengan menarik

Setelah bunda menyajikan banyak varian masakan, sajikan pula dengan tampilan yang menarik. Seperti halnya mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil dan lainnya.

4. Jadikan saat makan menyenangkan

Sebaiknya anda tidak mengancam, menghukum atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan hanya membuatnya merasa bahwa saat makan adfalah saat yang tidak menyenangkan,. Dan bukan tak mungkin dapat menimbulkan trauma psikologis baginya.

5. Makan secara teratur

Jadwalkan makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama seperti halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

6. Berikan cemilan sehat

Setelah bisa berjalan, sikecil umumnya sangat gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika sudah memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin bertambah banya. Dan ini ta jarang membuatnya untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Seperti halnya bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, donat tabur keju dan lainnya.

7. Libatkan anak dalam menyiapkan makanan

Seperti halnya meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayuran di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain dari pada itu, si kecil juga memerlukan contoh dari orang tuanya. Apabila anda mengonsumsi makanan sehat, maka sang anakpun akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tuanya.

8. Hindari memberikan iming-iming makanan penutup sebagai hadiah

Hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain dari pada itu, hal ini juga dapat meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan manis bagi anak. Anda dapat memberikan makanan penutup selam 2 hari dalam seminggu. Sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt dan makanan sehat lainnya dapat anda ganti sebagai makanan penutup.

9. Membatasi pemberian minum disela-sela waktu makan

Pemberian minum di sela-sela makan anak dapat menyebabkan ia mudah kenyang, sehingga makanan yang anda siapkan tidak habis. Untuk itu sebaiknya cukup berikan anak minum, sebelum dan sesudah makan.

Nah, itulah berbagai tips mengatasi anak balitas susah makan secara alami dan mudah. Sellain itu, anda juga bisa memberikan si kecil Walatra Hexabumin (madu+albumin) untuk menambahkan nafsu makan anak yang telah banyak di rekomendasikan oleh para ahli. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan juga menjadi solusi cerdas untuk bunda dalam menyiasati si kecil yang susah makan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *