Sering Sakit Pinggang Sebelah Kanan? Ternyata Ini Penyebabnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Sakit pinggang sebelah kanan adalah salah satu variasi kondisi nyeri pinggang yang umumnya dialami oleh banyak orang. Meski kondisi ini kerap di sepelekan oleh penderitanya, namun sebaiknya anda mulai mencari tahu apa penyebab yang melatar belakangi, sehingga anda bisa mengatasi secara tepat.

sakit pinggang sebelah kanan

Sakit pinggang adalah salah satu keluhan yang umumnya banyak dialami oleh mayarakat. Baik muda maupun dewasa mungkin pernah bahkan sering kali mengalami kondisi ini. Penyebabnyapun beragam. Mulai dari hal yang ringan hingga penyakit kronis.

Adapun untuk masalah nyeri pinggang sebelah kanan, pada dasarnya banyak disebabakan oleh kebiasaan tubuh menggendong beban berat dibagian kanan. Dan nyatanya selain ari pada itu, masih banyak penyebab pinggang anda sebelah kanan menjadi sakit atau nyeri. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari kita simak besama penjelasan di bawah ini.

Berbagai penyebab sering sakit pinggang sebelah kanan

Terdapat banyak sekali kemungkinan yang menjadi sumber sakit pinggang di bagian kanan. Salah satunya ialah masalah pada organ di daerah abdomen, pinggang dan juga pelvis. Sakit dan nyeri tersebut juga bisa disebabakan oleh adanya peradangan masalah pada organ dalam atau mungkin infeksi

Dan berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan pinggang sebelah kanan anda terasa sakit:

1. Gejala sakit ginjal

Gejala pada masalah kesehatan seperti batu gunnjal, infeksi saluran kencing dengan komplikasi ginjal dan sakit ginjal, diketahui memiliki ciri-ciri yang hampir sama. Yakni, beberapa kondisi tersebut bisa menyebabkan nyeri pada bawah pinggang, yang mana bisa terjadi dibagian kanan maupun kiri.

Namun segaka sakit ginjal ini biasanya disertai rasa sakit saat kencing dan juga muntah. Dan saat sakit buang air kecil ini, biasanya terjadi akibat batu (kristal) ginjal yang bergerak melalui ureter dan akhirnya masuk ke dalam saluran kencing manusia. Dan sebagai dampaknya, kondisi ini tak jarang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, dimana salah satu ginjal berada berdekatan didaerah tersebut.

2. Otot tegang

Penyebab paling sering dari pada sakit pinggang bagian kanan ini ialah dikarenakan otot yang menegang. Otot yang menegang sendiri bisa disebabkan pula oleh hal yang berbeda-beda. Seperti saat anda mengangkat sesuatu tidak dalam posisi tubuh yang benar, salah bergerak ataupun salah melakukan gerakan olahraga.

Beberapa contoh tersebut sangat memungkinkan anda untuk mengalami nyeri pinggang, khususnya di sebelah kanan.

3. Penyakit degeneratif tulang belakang

Penyakit yang terjadi pada tulang belakang manusia ini biasanya terjadi pada saat cakram didaerah lumbar (tulang belakang) mulai terurai akibat hancur. Mungkin anda juga pernah mengenalnya dengan istilah pengapuran tulang. Pada umumnya, kondisi ini banyak terjadi pada orang lanjut usia dan juga terkadang bisa disebabkan oleh obesitas.

Adapun untuk obesitas, pengapuran tulang akan terjadi pada saat terjadinya tekanan yang semakin besar pada sendi, sehingga semakin mudah pula sendi akan menjadi rapuh.

4. Lumbar disc syndrome

Nyeri pinggang sebelah kanan juga tak jarang diakibatkan oleh postur tubuh yang tidak benar pada saat mengangkat beban. Dan sebagai konsekuensinya, mampu mengurangi fungsi diskus tulang rawan bagian belakang tubuh. Dan ketika celah diskus tulang rawan menyempit, secara ototmatis tulang ekor jugan akan terdorong.

Sehingga kondisi tersebut sering kali menyebabkan tekanan pada tulang atau saraf punggungbagian kanan maupun kiri. Apabila satu saraf terganggu, maka punggug maupun pinggang akan mengalami kesemutan, mati rasa hingga mudah terasa sakit.

Sebagian besar sakit pinggang pada bagian-bagian tertentu akan hilang dengan sendirinya. Terkeculi jika diakibatkan oleh infeksi atau adanya masalah pada organ tubuh. Untuk itu, ada baiknya untuk memeriksakan keluhan dan rasa sakit anda ke dokter guna mendapatkan diagnosa yang tepat dan menghindari bahaya sakit pinggang.

Andapun bisa melakukan beberapa serta penangan sederhana yang bisa anda lakukan di rumah untuk sedikit untuk meredakan sakit pinggang sebelah kanan yang tengajh anda alami. Seperti halnya dengan kompres es dan juga minum obat pereda sakit yang di jual di apotik. Salam sehat!

2 responses to “Sering Sakit Pinggang Sebelah Kanan? Ternyata Ini Penyebabnya”

  1. Admin abdul azis says:

    Selamat pagi dok sya mengalami sakit pinggang sebelah kanan ap pas duduk terlalu lama terasa semakin sakit dn di saat sy buang air kecil agak begitu sulit dn tiak lancar keluar dgan cara sedikit2,,
    Kira2 penyakit ap itu dok mohon di jawab

    • Admin Admin says:

      Hallo.. selamat pagi Abdul Azis, Dilihat dari berbagai gejala yang utarakan, terdapat kemungkinan Anda mengalami masalah kesehatan kencing batu atau yang dalam istilah medisnya disebut dengan penyakit batu ginjal. Kondisi ini sendiri biasanya disebabkan oleh air urine yang terlalu banyak mengandung banyak bahan kimia, seperti kalsium, asam urat dan lainnya. Sehingga terbentuklah endapan keras yang muncul dari zat yang terdapat di air kencing. aliran urin yang terganjal oleh batu juga tak jarang menimbulkan pembengkakan dan regangan pada ginjal. Akibatnya, nyeri pinggang tak tertahankan akan menyerang penderita batu ginjal. Namun untuk diagnosis lebih tepatnya Anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter. Dan untuk menghilangkan berbagai keluhan yang kini tengah Anda alami, bisa diatasi dengan obat herbal rekoendasi terbaik dari kami yakni dengan QnC Jelly Gamat. Untuk informasi selengkapnya produk silahkan Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *