Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium | Jangan Sampai Tertukar Lagi!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Perbedaan miom dan kista ovarium pada dasarnya belum diketahui secara lebih rinci oleh sebagian masyarakat. Hal ini menyebabkan banyak dari mereka yang salah kaprah menyamakan kedua masalah kesehatan yang nyatanya berbeda. Untuk itu, Sebaiknya Anda lebih memahami perbedaan diantara keduanya, sehingga Anda bisa mengenali gejalanya dan menghindari resiko yang berbahaya.

perbedaan miom dan kista ovarium

Sejatinya, miom dan kista adalah 2 jenis tumor jinak yang bersarang pada organ reproduksi wanita. Hal tersebut lantas menjadikan kedua penyakit berbeda ini sering dianggap sama. Adapaun salah satu hal yang paling mudah untuk membedakannya adalah bentuk dan letaknya.

Miom sendiri adalah perumbuhan sel yang bersifat jjinak dari otot dinding rahim. Sementara itu, kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang berkembang didalam ovarium atau undung telur. Bahkan kista ovarium senduiri bisa tumbuh di indung telur bagian kiri, kanan atau dikedua indung telur.

Perbedaan miom dan kista ovarium yang perlu Anda ketahui

Berikut adalah beberapa fakta mengenai perbedaan miom dan kista ovarium jika dilihat dari beberapa faktor. Mulai dari penyebab, gejala dan pengobatannya itu sendiri.

  • Berdasarkan penyebab:

Pada dasarnya penyebab timbulnya miom masih belum bisa diketahui secara pasti. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang cenderung sering diakitkan mampu memicu pertumbuhannya. Diantaranya genetik, hormon estrogen dan progesteron yang di produksi didalam ovarium secara berlebih, hingga usia menstruasi yang terlalu dini.

Namun berbeda dengan miom, penyebab kista ovarium diketahui tumbuh secara alami didalam tubuh wanita. Terlebih pada wanita yang sedang berada dalam masa subur atau sedang haid. Akan tetapi, kista sendiri dapat menimbulkan masalah yang serius apabila ukurannya semakin membesar, biasanya pada penyakit tertentu seperti endometriosis dan sindrom polisistik ovarium (PCOS).

  • Berdasarkan gejala:

Pada tahap awal, biasanya pertumbuhan miom tidak dapat terdeteksi lantaran tidak menimbulkan gejala, terlebih jika ukurannya masih kecil dan jumlahnya masih sedikit. Sehingga biasanya miom dan kista ovarium ini biasanya terdeteksi secara tidak sengaja, misal saat melakukan pemeriksaan USG rahim. Namun pada kasus tertentu, keberadaan miom dapat diketahui dengan timbulnya sejumlah gejala miom seperti terjadi pendarahan dari vagina, kram perut, nyeri pinggul saat menstruasi hingga sering buang air kecil.

Dan sama seperti miom, kista ovarium juga pada tahap awal sering kali tidak menampakan gejala. Dan berbagai gejala kista ovarium tersebut akan timbul pada saat kista mulai membesar dan menyebabkan perut membesar, kembung, mual, muntah, sakit saat berhubungan intim, nyeri payudara, sakit punggung atau paha. Bahkan jika kondisinya sudah parah, maka bisa disertai dengan demam, lemas dan nyeri panggul yang semakin mengganggu.

  • Berdasarkan pengobatannya:

Pada kondisi ringan dengan gejala yang tidak terlalu berat, biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan secara berkala untuk memantau perkembangan miom atau kista yang dialami oleh pasien. Namun, jika gejala begitu mengganggu, maka miom dan kista penting sekali untuk segera mendapatkan pengobatan. Sebab jika tidak segera diobati, maka penyakit rahim ini bisa menyebabkan sejumlah komplikasi. Mulai dari anemia, torsi ovarium hingga pecahnya kista

Miom sendiri biasanya diobati dengan pemberian hormon, misal pil KB atau hormon gonadotropin. Jika ukuran miom berukuran besar atau berjumlah banyak, maka akan di perlukan operasi pengangkatan miom secepatnya. Dan serupa dengan pengobatan miom, pengobatan kista ovarium juga bisa dilakukan dengan pemberian hormon. Dan jika ukurannya sudah cukup besar atau dicurigai kanker, maka akan diperlukan tindakan operasi.

Nah, Anda kini telah memahami perbedaan miom dan kista ovarium. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus lebih waspada dan juga mulai menerapkan pola hidup sehat. Dan sebaiknya segera periksakan ke dokter, apabila Anda mengalami berbagai gejala yang dicurigai sebagai gejala miom dan kista. Dan Anda tak perlu khawatir lagi. Karena selain operasi, kini telah hadir pengobatan kista dan miom terbaik tanpa operasi. Untuk mengecek lebih detailnya, silahkan klik: Obat kista Alami dan Obat miom Alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *