Penyebab Pembuluh Darah Pecah Di Otak

Penyebab pembuluh darah pecah di otak pada umumnya di sebabkan oleh kondisi medis lainnya. Sebaiknya anda perlu mewaspadai penyebabnya sedari dini karena masalah pembuluh darah pecah di otak sendiri sangatlah kronis bahkankan dapat merenggut nyawa penderita. Adapun untuk informasi selengkapnya bisa anda simak dalam ulasan singkat berikut ini.

penyebab pembuluh darah pecah di otakSelain penyakit jantung dan stroke, pecahnya pembuluh darah di otak atau istilah medisnya di sebut dengan aneurisma menjadi salah satu penyebab kematian mendadak yang bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal batas usia.

Pembuluh darah sendiri nyatanya memiliki tugas yang terhitung berat karena mereka harus secara terus menerus mengalir selama hidup kita. Pembuluh darahpun harus menjamin pemasokan oksigen dan juga nutrisi pada semua organ vital di dalam tubuh.

Bahkan sepanjang usia kita masih hidup, pembuluh darah dapat mengangkut hingga miliaran liter ddarah ke seluruh tubuh.

Akan tetapi, pecahnya pembuluh darah bisa saja terjadi di beberapa tempat, tak terkecuali pada otak. Bahkan jika pembuluh darah di otak pecah, maka dapat berkibat fatal lantaran dapat menimbulkan masalah pendarah di otak (brain hemorrhage).

Penyebab pembuluh darah pecah di otak yang perlu untuk anda waspadai

Berikut adalah beberapa penyebab pembuluh darah pecah di otak sehingga mengakibatkan brain hemmorhage yang sebaiknya anda waspadai.

1. Tekanan darah tinggi

Jika anda tengah menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi selama bertahun-tahun sebaiknya perlu anda waspadai. Hal tersebut lantaran salah satu bahaya hipertensi tersebut dapat menyebabkan melemahnya dinding pembuluh darah. Dan jika tidak segera di obati maka dapat menjadi terjadinya pendarahan di otak.

2. Diabetes

Pembuluh darah tebal yang di alami oleh penderita diabetes pada umumnya semakin lama dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah ke otak. Sehingga kondisi aneurisma[un bisa saja terjadi di otak.

3. Neurofibromatosis

Adalah kelainan genetik sistem saraf yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan jaringan sel saraf yang dapat menyebabakan pertumbuhan tumor pada saraf yang dapat memicu anerisma pada otak.

4. Merokok

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwasannya tembakau yang merupakan komposisi tama roko mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabakan resiko pecahnya pembuluh darah terutama di otak. Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwasannya si perokok 10 kali lebih besar mengalami pecahnya pembuluh darah di banding mereka yang sama sekali tidak merokok.

5. Kolesterol tinggi

Selain dari pada diabetes dan hipertensi, kolesterol tinggi juga termasuk ke dalam penyumbang terbesar penyebab aneurisma otak. Pada saat kolesterol tinggi, darah akan sulit mengalir sehingga akan terjadi penyumbatan di bagian pembuluh darah akan menabal sehingga tak jarang menyebabakan aneurisma di otak. Mereka yang memiliki riwayat keluaga dengan kolesterol juga dapat terserang penyakit mematikan ini.

Adapun untuk mencegah terjadinya pembuluh darah pecagh ini, sangatlah di anjurkan untuk terus mengontrol tekanan darah secara rutin serta menjaga tingkat kolesterol di dalam tubuh. Seseorang yang terdiagnosa aneurisma, umumnya bisa di tolong dengan cara menjalani operasi atau mengonsumsi obat-obatan untuk mencegah trjadinya pembuluh darah pecah di otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *