Penyebab Mata Belekan Dan Gejalanya Yang Harus Diwaspadai

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyebab mata belekan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun kondisi ini tak jarang diakibatkan oleh terjadinya peradangan, infeksi, trauma pada mata hingga penggunaan lensa kotak yang tidak tepat. Sehingga sangatlah penting untuk sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter. Terlebih apabila belek terlihat semakin terbentuk dan menumpuk hingga membuat penglihatan Anda menjadi buram. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui informasinya secara lengkap disini!

penyebab mata belekan

Apakah Anda sering mendapati belek bersarang di sudut mata setiap hari selepas Anda tidur? Jangan khawatir, karena hal tersebut wajar dan perlu di khawatirkan. Belek sendiri merupakan kombinasi dari lendir, minyak, sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya yang terakumulasi di sudut mata pada saat tidur. Teksturnya ada yang kering dan ada juga yang basah, tergantung dari seberapa banyaknya cairan belek yang menguap.

Adapun kedipan mata yang dibantu dengan air mata berfungsi sebagai proses pembersihan untuk menyapu segala bentuk kotoran dan debu yang masuk ke dalam mata. Sedangkan pada saat tidur, proses pembersihan mata tidak berjalan. Sehingga sisa-sisa kotoran yang tidak terbuang akan menumpuk diarea sudut mata atau di sepanjang garis bulu mata yang biasa kita sebut dengan belek.

Namun meski terbilang normal, jika mata belekan disertai dengan gejala yang tidak biasa, maka hal tersebut bisa berubah menjadi ancaman serius. Terlebih jika hal ini tidak segera diatasi secara tepat dan cepat. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu harus mengenal berbagai penyebab dan gejalanya agar penanganan dapat dilakukan lebih maksimal.

Penyebab mata belekan dan gejalanya yang harus diwaspadai

Berikut adalah berbagai penyebab dari mata belekan yang umumnya dapat dialami oleh bayi, anak-anak hingga dewasa.

1. Konjungtivitis

Kondisi ini merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada konjungtiva. Kondisi ini tak jarang menyebabkan bagian putih mata menjadi merah dan menimbulkan belek berlebih hingga membuat mata sulit terbuka. Adapun konjungtivitis sendiri bisanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Meski terkadang reaksi alergi juga bisa juga memicu konjungtivitis atau merah pada mata.

2. Dacryocystitis

Adalah jenis infeksi yang terjadi pada sakus lakrimalis atau kantung lakrimal yang mana terletak diantara sudut bagian kelopak mata dengan hidung. Kondisi ini biasanya terjadi akibat penyumbatan pada saluran air mata. Selain munculnya benjolan lunak di bawah kelopak mata bagian dalam, seseorang yang menderita kondisi ini juga akan mengalami mata berair, kemerahan serta belek pada mata yang lengket dan membuat penglihatan menjadi kabur.

3. Blepharitis

Peradangan yang terjadi pada kelopak mata ini biasanya menyebabkan area tersebut mengalami pembengkakan dan kemerahan. Selain itu, kondisi ini juga acap kali disertai dengan penumpukan belek yang membuat penglihatan menjadi agak buran dan juga kelopak mata menjadi lengket. Penyebab blepharitis sendiri diketahui terjadi akibat adanya produksi minyak abnormal dari kelenjar meibomian di tepi bagian dalam kelopak mata.

4. Timbelen

Adalah jenis infeksi yang terjadi pada tepi kelopak mata bagian atas atau bawah yang disebabakan oleh bakteri. Kondisi yang juga sering disebut dengan bintitan ini memiliki gejala awal berupa kemerahan dan nyeri atau gatal pada bagian yang terinfeksi. Kemudian, perlahan berubah menjadi pembengkakan yang disertai dengan mata berair dan belek di sekitar sudut mata. Selain itu, gejala khasnya akan yakni timbul benjolan nanah kecil diatas kelopak mata yang terinfeksi.

5. Sindrom mata kering

Kondisi yang juga disebut dengan keratocojuncvitis sicca ini merupakan kondisi dimana mata mengalami kekurangan cairan akibat kelenjar air mata yang hanya memproduksi sedikit air mata atau karena terjadinya disfungsi dari kelenjar meibomian. Selain menjadi penyebab mata belekan, gejala sindrom mata kering lainnya adalah mata merah, terasa sakit dan panas, penglihatan kabur, mata terasa berpasir dan kelopak mata atas dan bawah akan saling menempel saat bangun tidur.

6. Ulkus kornea

Adalah luka terbuka yang terbentuk pada lapisan kornea. Kondisi ini bisa di sebabkan oleh beragam faktor. Mulai mdari trauma pada mata atau infeksi pada mata yang tidak segera diobati. Untuk gejala khasnya adalah mata kemerahan, terasa sakit, pandangan menjadi kabur, kelopak mata bengkak dan belekan. Bahkan belek pada kasus ulkus kornea ini bisa sangat parah hingga menutupi kornea dan mengganggu penglihatan.

7. Lensa kotak

Infeksi yang terjadi akibat pemakaian lensa kotak juga bisa menyebabkan mata kering, iritasi dan timbulnya sensasi gatal pada mata. Dan jika Anda mendapi mata belekan saat menggunakan lensa kotak, maka segera lepaskan dan segera periksakan ke dokter. Hal tersebut guna mencegah terjadinya infeksi mata yang lebih serius.

8. Trauma pada mata

Kondisi ini merupakan tindakan sengaja maupun tidak yang memicu terjadinya luka pada mata. Seperti masuknya benda asing, kotoran benda tumpul dan lainnya. Dalam kasus parah luka yang timbul akibat trauma mata ini bisa menimbulkan kebutaan lho. Untuk itu, segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami kondisi ini.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi penyebab mata belekan yang perlu Anda waspadai. Diantaranya seperti herpes mata (infeksi mata virus yang berulang, keratitis jamur (peradangan kornea yang langka dan serius), keratitis acanthamoeba (infksi parasit yang berpotensi menyebabkan kebutaan) dan banyak lagi yang lainnya. Dan segera periksa ke dokter jika Anda mengalami berbagai gejala mata belekan serius seperti berikut:

  • Munculnya belek berlebih dan semakin terbentuk atau menumpuk
  • Belek berwarna hijau atau kuning dan memiliki tekstur yang padat dan lengket
  • Penglihatan menjadi buram
  • Mata terasa sakit
  • Sensitif terhadap cahaya (fotofobia)
  • Mata mengalami kemerahan dan pembengkakan

Namun Anda tak perlu hawatir lagi, apapun penyebabnya kini telah hadir pengobatan alternatif yang efektif untuk mengobati mata belekan yang aman tanpa efek samping. Yakni Dengan Obat mata belekan alami Walatra Sehat Mata. Adapun untuk informasi selengkapnya silahkan klik:

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Obat Mata Belekan Alami <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Terimakasih telah menyimak informasi kami hingga selesai. Semoga apa yang telah kami sampaikan terkait penyebab mata belekan dan gejalanya dapat bermanfaat. Dan tentunya menjadi wawasan baru bagi Anda seputar dunia kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *