Waspadai Penyebab Hipertensi Pada Usia Muda

Penyebab hipertensi pada usia muda pada umumnya masih belum banyak di ketahui. Namun memanglah benar jika pada saat ini hipertensi atau tekanan darah tinggi tak hanya dapat terjadi pada dewasa dan lansia, melainkan juga dapat menyerang anak dan remaja. Bahkan yang lebih mengerikannya lagi, kondisi ini tidak di sertai dengan gejala-gejala khusus.

penyebab hipertensiPenyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi telah di kenal lama cukup banyak menyerang hanya pada dewasa dan lansia. Hal tersebut wajar saja karena seiring bertambahnya umur, maka keelastisan fungsi pembuluh darah juga semakin berkurang. Hal ini juga dapat di pengaruhi oleh tingginya asupan garam.

Namun tak hanyapada orang tua, hipertensi juga nyatanya dapat menyerang anak dan juga remaja. Bahkan, hipertensi pada anak usia 13-18 tahun tidak menimbulkan sutu gejala khusus, namun biasanya di ketahui saat menjalani pemeriksaan kesehatan rutin.

Berbagai faktor penyebab hipertensi pada usia muda

Berikut adalah berbagai faktor prmicu tekanan darah tinggi atau hipertensi pada anak dan remaja

1. Obesitas

Sekitar 50% dari pada remaja yang mengalami berat badan verlebih atau obesitas di nyatakan juga mengalami hipertensi. Bahkan masalah obesitas ini juga di ketahui mengalami resistensi insulin atau ketidak mampuaninsulin dalam membantu gula darah masuk ke dalam tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya berbagai gangguan pada beberapa fungsi tubuh, mulai dari gangguan darah, transpotasi ion-ion antar sel serta tertahannya natrium di dalam tubuh.

Hal inilah yang nantinya dapat menimbulkan hipertnsi. Adapun untuk mengatasi hipertensi pada remaja obese dapat di lakukan dengan perubahan gaya hidup, seperti penurunnan berat badan, pengurangan asupan garam dan juga aktifitas fisik secara rutin. Namun apabuila tekanan darah tak kunjung turun dalam waktu beberapa minggu bahkan semakin meningkat, sebaiknya periksa ke dokter untuk medapatkan aobat anti-hipertensi yang tepat.

2. Stres

Penyebab hipertesi lainnya pada anakmuda yang juga banyak di alami adalah di sebabkan oleh stres psikogenik yang mereka alami karena perubahan hormon-hormon dalam tubuh saat sedang stres.

Bahkan tak hanya itu, stres juga memiliki potensi ancaman terhadap aspek kesehatan lainnya yang berhubungan seperti halnya kolesterol tinggi. Bahkan jika lebih lanjut, kombinasi kolesterol yang tidak wajar serta tekanan darah yang tinggi bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Bahkan tidak menutup kemungkinan berlanjut hingga stroke bahkan kematian.

3. Riwayat keluarga

Jika orang tua menderita hipertesnsi, maka resiko sang anak menderita hipertensi pun semakin tinggi jika di banding kan dengan anak yang memiliki orang tua non-hipertensi. Selain dari pada itu, kebiasaan keluarga pun juga ikut berperan. Dimana jika sang anak di bisakan dengan pola asuh yang tidak aktif, di khawatirkan sang anak akan lebih beresiko memiliki tekanan darah tinggi.

4. Pola hidup yang buruk

Terdapat beberapa pola hidup yang di ketahui dapat memicu hipertensi diantaranya seperti menu makanan yang di konsumsi mengandung kandungan garamm secara berlebih, sering mengonsumsi alkohol hingga merokok pun pada umumnya merupakan pemicu hipertensi pada usia muda.

Nah itulah berbagai penyebab hipertensi di usia muda. Penangan yang tepat sedari dini dapat menurunkan resiko hipertensi di usia tua. Ingat bahaya hipertensi sangatlah dapat mengancam kesehatan, baik itu pada anak, remaja, lansia bahkan ibu hamil. Adapun untuk cara mengatasi hipertensi pada usia muda bisa di lakukan dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti mengurangi asupan garam, berolah raga secara teratur dan menurunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas. Namun apabila kondisi berlanjut sebaiknya periksakan ke pusat kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *