Waspada! Ini Penyebab Dan Gejala Hepatitis Secara Umum

Gejala hepatitis awal hingga kronis bisa saja dialami mulai dari bayi, anak, dewasa dan termasuk ibu hamil. Maka dari itu, untuk lebih mewaspadai kondisi ini, sebaiknya Anda memahami gejala dan penyebab kondisi ini sejak dini, diantaranya dengan menyimak ulasan singkat berikut.

gejala

Hepatitis ialah istilah umum untuk penyakit yang merujuk pada peradangan yang terjadi di dalam hati. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh virus. meski begitu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Dan Selain pria dan wanita dewasa, anak, ibu hamil bahkan bayi baru lahir pun ternyata bisa menderita penyakit ini.

Penyakit hepatitis sendiri diketahui tergolong penyakit yang cukup berbahaya lantaran dapat mengganggu fungsi tubuh terutama yang berkaitan dengan metabolisme. Mengingat hati sendiri memiliki banyak sekali peranan dalam metabolisme tubuh.

Beberapa diantaranya seperti menghasilkan empedu untuk pencernaan lemak, mengaktifkan berbagai enzim, menguraikan karbohidrat, melak dan protein, menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh, membantuk protein seperti albumin juga faktor pembekuan darah dan lainnya.

Penyebab dan gejala hepatitis secara umum

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, bahwasannya penyebab hepatitis bisa di sebabkan oleh infeksi virus maupun bukan infeksi. Adapun jika penyebabnya disebabkan oleh virus, maka hepatitis terbagi ke dalan beberapa jenis tergantung jenis virus yang menginfeksi. Seperti:

  • Hepatitis A. Penyakit ini disebabakan oleh virus hepatitis A (HAV). Hepatitis A ini umumnya di tularkan melalui makanan atau air minum yang telah terkontaminasi feses dari penderita hepatitis A yang mengandung virus hepatitis A.
  • Hepatitis B. Adapun untuk penyakit ini disebabakan oleh virus hepatitis B (HBV), yang mana dapat di tularkan melalui cairan tubuh yang terinfeksi virus hepatitis B.
  • Hepatitis C. Untuk penyakit ini diebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C ini bisa ditularkan melalui cairan tubuh, terlebih melalui berbagi jarum suntik dan hubungan seksual tanpa kondom.
  • Hepatitis D. Untuk penyakit ini disebabakan oleh virus hepatitis D (HVD). Meski jarang terjadi, namun penyakit ini cukup serius. Virus Hepatitis D sendiri umumnya di tularkan melalui darah dan juga cairan tubuh lainnya
  • Hepatitis E. Sesuai dengan namanya, penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV). Kondisi ini sangat mudah terjadi atau menular pada lingkungan yang tidak memiliki sanitasi yang baik, akibat kontaminasi virus hepatitis E pada sumber air.

*Ibu yang menderita hepatitis B dan C juga dapat menularkan kepada bayinya melalui jalan lahir.

Selain akibat virus, hepatitis juga bisa terjadi akibat keruksakan pada hati oleh senyawa kimia dan alkohol. Jika tidak segera diatasi, maka sel-sel pada hati akan rusak secara permanen, sehingga kondisi ini bisa berkembang menjadi gagal hati atau sirosis. Penggunaan obat-obatan yang melebihi dosis dan juga penyakit autoimun juga bisa menyebabkan hepatitis.

Namun, adapun sebelum virus hepatitis menampakan gejalanya pada penderita, terlebih dahulu virus ini akan melalui masa inkubasi. Waktu inkubasi tiap virus hepatitis berbeda-beda. HAV membutuhkan waktu sekitar 15-45 hari membutuhkan waktu inkubasi sekitar 45-160 hari, dan HCV sekitar 2 minggu hingga 6 bulan.

Adapun untuk berbagai gejala hepatitis secara umum diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengalami gejala seperti flu. Misalnya demam, lemas, mual hingga muntah
  • Feses berwarna pucat
  • Mata dan kulit berubah menjadi kekuningan
  • Sakit perut
  • Berat badan turun
  • Urine menjadi gelap dan berubah seperti teh
  • Kehilangan nafsu makan

Akan tetapi apabila anda mengalami hepatitis virus yang dapat berubah menjadi kronik atau parah, seperti halnya hepatitis B dan C, mungkin anda tidak akan mengalami gejala tersebut pada awalnya, sampai keruksakan yang dihasilkan oleh virus berefek terhadap fungsi hati. Sehingga diagnosis yang terjadipun menjadi lambat.

Jika Anda mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan diatas, silahkan segera periksakan diri Anda ke dokter. Dan setelah serangkaian pemeriksaan, hasil diagnosa menyatatakan bahwa Anda terjangkit penyakit hepatitis, dokter mungkin akan segera melakukan pengobatan seperti memberikan obat hepatitis sesuai dengan penyebab atau infeksi virus yang terjadi.

Pencegahan hepatitis

Adapun agar Anda terhindar dari hepatitis yang bersifat menular, maka Anda perlu menerapkan pola hidup brsih dan juga sehat. Beberapa diantaranya seperti menjaga kebersihan sumber air agar tidak terkontaminasi virus hepatitis, selalu mencuci bahan makanan yang akan dikonsumsi, tidak berbagai sikat gigi, pisau cukur dan jarum suntik dengan orang lain, hindari minum alkohol dan banyak lagi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait penyebab dan gejala hepatitis secara umum yang perlu Anda waspadai. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi kesehatan Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *