Berbagai Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan untuk penderita batu empedu ini sebaiknya diketahui khususnya oleh penderitanya. Hal tersebut dikarenakan dengan tetap mengonsumsi makanan ini, dipercaya kemungkinan dapat memperburuk kondisi dan gejala batu empedu yang muncul. Adapun untuk mengetahui selengkapnya apa saja makanan pantangan untuk penderita batu empedu, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

pantangan makanan untuk penderita batu empedu

Di dalam tubuh manusia, terdapat sebuah organ berupa kantong kecil, yang mana berada dekat dengan organ hati atau yang disebut dengan empedu. Organ ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan enzim yang digunakan dalam sistem pencernaan untuk melarutkan lemak. Meski begitu, organ yang satu ini tidak berarti luput dari masalah.

Adapun salah satu masalah yang umum menyerang kantong empedu ini adalah penyakit batu empedu. Dimana terjadi pengkristalan enzim pencernaan yang berubah menjadi batu-batu kecil (batu empedu) dan menyumbat di kantong maupun saluran empedu. Selain pengobatan, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesembuhan, salah satunya adalah faktor makanan. Dan terdapat beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita penyakit batu empedu. Apa sajakah itu?

Berbagai pantangan makanan untuk penderita batu empedu pra dan pasca operasi

Berikut adalah makanan yang tidak diboleh dikonsumsi oleh penderita batu empedu, baik sebelum ataupun sesudah melakukan operasi batu empedu.

1. Makanan yang digoreng

Gorengan dan segala makanan yang diolah dengan cara di goreng sebaiknya di hindari oleh penderita batu empedu. Hal tersebut lantaran makanan ini terkenal akan kandungan tinggi lemak jenuh. Jenis lemak jahat ini diketahui mampu memperburuk rasa sakit batu empedu, yang memicu ketidaknyamanan. Terlebih jika minyak yang digunakan sudah digunakan lebih dari satu kali. Dan sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggoreng.

2. Makanan olahan

Didalam makanan kemasan dan olahan tak jarang mengandung asam lemak trans yang cukup tinggi. Dan hal ini tak jarang dapat menginduksi munculnya gejala-gejala batu empedu yang lebih buruk dari sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya untuk sementara waktu hindari untuk mengopnsumsi makanan ini dan ganti dengan cemilan sehat yang kaya akan serat.

3. Makanan yang bebahan halus

Roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan merupakan beberapa diantara jenis makanan yang termasuk ke dalam jenis makanan berbahan halus. Meski mungkin Anda tidak dapat tahan untuk mengonsumsi jenis makanan ini, namun ternyata makananan ini bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kolesterol dalam batu empedu. Untuk itu, tetaplah mengonsumsi makanan yang tidak di murnikan seperti roti gandum, pasta gandum dan beras merah.

4. Produk susu yang tinggi lemak

Seluruh prosuk susu lemak dan olahannya diketahui dapat memicu rwesiko bagi orang yang didiagnosis dengan batu empedu. Beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita batu empedu tersebut diantaranya susu, keju, yogurt, esk krim kental manis dan asam krim. Berbagai makanan dan minuman tersebut mengandung kadar kadar lemak hewani yang cukup tinggi sehingga dapat memicu terjadinya komplikasi kantung empedu. Untuk itu, jika Anda mengah menderita batu empedu sebaiknya Anda menghindarinya.

5. Telur

Meski tergolong ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, ternyata te;ur memiliki dampak negatif jika dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Hal tersebut lantaran kadar kolesterol yang kemungkinan berhubungan antara kondisi kantong empedu dan alergi makanan. Bahkan mengonsumsi telur dapat memicu serangan kantong empedu dalam presentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

6. Daging berlemak

Makanan yang satu ini diketahui dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan. Dan untuk mensiasatinya, Anda bisa menggantinya dengan makanan yang sehat. Seperti dari yang tadinya daging berlemak dengan sumber protein fdaging tanpa lemak seperti ikan air dingin, ayam atau kalkun. Dan ingat saat mempersiapkan unggas, selalu buang kulit dan lemaknya untuk mengiritasi batu empedu.

Nah, itulah berbagai pantangan makanan untuk penderita batu empedu yang sebaiknya dihindari, disamping Anda kini tengah menjalani pengobatan. Dan apabila kini Anda tengah mencari rekomendasi produk yang dapat mengobati batu empedu tanpa operasi kami memiliki solusinya. Untuk itu, silahkan klik: Obat Penghancur Batu Empedu Herbal. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *