Wajib Tahu! Ini Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung berikut sebaiknya diketahui oleh Anda yang kini memiliki riwayat medis ini. Karena beberapa jenis makanan ini umumnya dapat menyebabkan asam lambung meningkat, sehingga akan memberikan ketidaknyamanan khususnya pada perut Anda.

pantangan makanan bagi penderita asam lambung

Perut mungkin akan terasa panas, yang mana disertai dengan rasa mulas dan juga mual. Kondisi tersebut bisa menandakan bahwasannya Anda tengah mengalami masalah dengan refluks asam lambung, yakni dimana asam lambung naik dari lambung ke tenggorokan.

Adapun salah satu penyebab asam lambung tinggi tersebut diantaranya ialam makanan maupun minuman yang Anda konsumsi. Ya karena tak semua makanan baik untuk penderita asam lambung. Bahkan diantaranya terdapat pantangan makanan yang sebaiknya harus dihindari oleh penderita asam lambung itu sendiri.

Lalu, apa saja pantangan makanan bagi penderita asam lambung?

Apabila Anda saat ini tengah memiliki masalah dengan refleks asam lambung, maka sebaiknya Anda hindari atau kurangi beberapa makanan dan minuman berikut:

1. Coklat

Ini merupakan kabar buruk bagi Anda penyuka coklat yang memiliki masalah asam lambung. Karena kandungan yang terdapat didapat coklat seperti lemak yang tinggi, cocoa, kafein dan stimulan lainnya yakni theobromine diketahui bisa memicu gejala asam lambung naik. Meski dark chocolate tidak seburuk milk chocolate yang tinggi akan lemak, namun kedua hal lainnya tetap bisa memicu asam lambung.

2. Soda

Selain bisa membuat perut kita kembung, soda dan juga minuman berkarbonasi kainnya juga dapat memicu peningkatan asam lambung Anda. Gelembung yang terdapat didalam soda dan minuman berkarbonasi juga dapat menyebar ke seluruh perut dan hal ini dapat memicu peningkatan asam lambung tersebut.

Bahkan doda juga diketahui mengandung kafein yang juga dapat membuat kondisi asam lambung Anda semakin memburuk. Untuk itu, jika Anda tidak ingin mengalami mual, panas lambung dan mulas, sebaiknya Anda hindari jenis minuman ini.

3. Makanan yang di goreng

Seperti makanan dan minum sebelumnya, jenis makanan ini juga diketahui dapat memicu refluks asam lambung. Makanan ini dikaitkan dengan panas lambung. Adapun gejala yang mungkin dialami oleh penderita adalah nyeri dada. Selain dari pada itu, makanan yang di goreng juga diketahui sebagai pemicu kolesterol.

4. Alkohol

Sama seperti halnya minuman bersoda, beberapa jenis minuman keras atau minuman alkohol juga berkontribusi menyebabkan peningkatan refluks asam lambung. Alkohol sendiri diketahui dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (yang menyatu dengan lambung) menyebabkan asam lambung.

Meski begitu, terdapat beberapa jenis minuman yang berlakohol yang tidak terlalu memiliki kandungan asam lambung tinggi. Alternatif yang bisa dijalani adalah Anda bisa mengonsumsi segelas coctail atau anggur, namun hindari jus jeruk dan juga soda dalam satu hari tersebut.

5. Susu berlemak tinggi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwasannya seluruh makanan atau minuman yang memiliki lemak tinggi mampu menyebabkan refluks asam lambung meningkat. Baik susu, mentega maupun keju memiliki kandungan lemak yang kurang lebih sama tinggi. Jadi, apabila Anda penggemar keju dan mentega, serta memiliki masalam penyakit asam lambung sebaiknya Anda harus mengorbankannya.

Namun tenang dulu, karena terdapat alternatif menggunakan bahan tersebut sebagai perasa untuk makanan saja, bukan sebagai bahan utama. Tentu saja versi yang rendah lemak akan jauh lebih baik.

6. Daging tinggi lemak

Daging sapi, babi dan kambing adalah beberapa jenis dagimng tinggi lmak yang juga perlu Anda hindari untuk memakannya secara berlebihan. Sebab, daging tersebut akan lama berada didalam lambung, sehingga dapat meningkatkan refluks. Maka dari itu sebagai alternatifnya, Anda bisa membuang lemak dari daging dan menonsumsinya hanya sekali dalam seminggu.

7. Saus tomat

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung selanjutnya ialah saus tomat. Hal tersebut lantaran tomat mengandung sitrat dan asam malat yang dapat memicu meningkatnya asam lambung. Sehingga saat Anda tealu banyak mengonsumsi buah tomat atau olahannya, maka asam tersebut dapat mengalir ke kerongkongan.

8. Citrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali ialah buah-buahan yang termasuk ke dalam citrus. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Annals og Otology, Rhinology & Laryngologi, bahwasannya membatasi asupan asam alias dietary acid mampu meredakan gejala asam lambung seperti batuk dan suara serak.

9. Bawang bombay

Menurut Oklahoma Foundation for Digestive Research, pasien dengan asam lambung yang mengonsumsi bawang dapat mengalami pengurangan pH lambung dalam waktu cepat (semakin rendah pH, asam pun akan semakin tinggi). Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan gejla sendawa dan mual.

10. Kafein

Mungkin Anda telah membacanya diatas, bahwasannya kafein juga bisa meningkatkan refluks asam lambung. Untuk itu, hindari meminum kopi berkalai-kali dalams ehari, satu cangkir kopi mungkin masioh bisa ditolelir. Namun bagi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit asam lambung pun sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berkali-kali lantaran bisa memicu peningkatan refluks. Selain dalam kopi, kafein juga ditemukan pada teh.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi pantangan makanan bagi penderita asam lambung. Diantaranya seperti makanan pedas, makanan cepat saji, nanas nangka dan masih banyak lagi lainnya. Jika penyakit asam lambung Anda kambung, sebaiknya segela mengonsumsi obat asam lambung tinggi untuk meminimalisir gejala. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *