Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat tomat ternyata tak hanya sekedar pelengkap masakan maupun makan. Jauh dari itu, tomat juga memiliki kebaikan tersendiri untuk tubuh. Khususnya untuk kesehatan prostat, ibu hamil, kulit wajah, jantung, gusi, ginjal, mata, bibir, diabetes, diet hingga mencegah kanker.

manfaat tomatSiapa yang tak kenal dengan buah tomat? tampilannya yang khas dengan warna merahnya yang menyala, menjadikan buah ini tidak sulit untuk dikenali oleh siapa saja. Selain di makan secara langsung, buah tomat juga umumnya di konsumsi dalam bentuk jus ataupun sering kali di tambahkan sebagai pelengkap makanan maupun dalam aneka masakan.

Tomat adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa yang cukup asam dan diketahui memiliki nilai gizi dan kandungan yang baik untuk melengkapi nutrisi tubuh. Adapun salah satu kandungan yang terkenal terdapat didalam tomat adalah jenis antioksidan kuat yang bernama lycopne. Lycopene sendiri merupakan zat yang memberikan warna merah pada tomat.

Adapun hasil study pada University of Montreal menunjukkan, bahwa diet yang kaya akan tomat dapat membantu mengurangi resiko kanker prankeas. Para peneliti juga menemukan bahwa kandungan likopen (kandungan utama pada tomat) tak jarang dikaitkan dengan penurunan 31%resiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tertinggi dan terendah zat tersebut. Adapun lycopene ini lebih banyak terdapat pada tomat yang sudah masak.

Adapun selain dari pada itu, masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang terdapat didalam tomat.

Kandungan nutrisi dan gizi tomat

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam satu porsi tomat mentah (satu cangkir atau 150 gr) diketahui meliputi vitamin C, A, K folat dan juga kalium. Selain itu, didalam tomat juga terkandung sodium, lemak jenuh, kolesterol serta kalori yang rendah. Tomat juga menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan juga tembaga.

manfaat tomatDidalamnya juga terkandung empat jenis karotenoid utama yakni alpha, betakarote, lutein dan juga lycopeneKarotenoid ini sendiri bisa bermanfaat secara individu, namun juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok. Dan secara khusus, tomat sendiri diketahui mengandung senyawa lycopene yang mengagumkan, yang mana senyawa tersebut diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua jenis karotenoid.

Tabel kandungan Gizi Tomat (Per 100 g Penyajian)
NILAI GIZI

Penyajian 100 g (Gram)
Kalori: 200 Kalori Dari Lemak: 6
% Kebutuhan harian
Total Lemak 1g 1%
  • Lemak Jenuh
0 1%
  • Lemak Trans
Kolesterol 0 0%
Sodium 2 mg 0%
Total Karbohidrat 51 mg 17%
  • Serat
6 g 23%
  • Gula
28 g
Protein 2 g 0%
Vitamin A 3% Vitamin C 33%
Kalsium 1% Zat besi 3%

Dengan berbagai kandungan gizi dan nutrisi tomat yang melimpah, lantas apa manfaat tomat bagi kesehatan? Ketahui berbagai khasiat tomat untuk kesehatan dalam ulasan singkat berikut ini.

Khasiat dan manfaat tomat untuk kesehatan secara menyeluruh

Di balik kesederhanaannya, ternyata buah tomat memiliki keistimewaan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Adapun rincian berbagai manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Aternatif untuk mengurangi gejala kanker

Dalam studi ditemukan perpaduan tomat yang dikombinasikan dengan brokoli diketahui bersinergi dalam membantu mengurangi gejala kanker. Dan dalam penelitian tersebut juga juga memberikan hasil bahwa tumor prostat tumbuh lebih lamban pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli, dibandingkan dengan tikus yang diberi makan likopen sebagai suplemen atau hanya makan brokoli atau tomat saja.

Hal tersebut juga merujuk pada hasil study University of Montreal, yang menunjukkan bahwasannya diet yang kaya akan tomat akan membantu mengurangi resiko kanker pankreas. Para penelitia juga menemukan bahwasannya kandungan likopen yang merupakan kandungan utama pada tomat dikaitkan dengan penurunan 31% resiko kanker pankreas pada laki-laki dengan supan tertinggi dan terendah zat tersebut. Kandungan ini lebih banyak terdapat pada tomat-tomat yang telah di masak.

2. Menjaga dan meningkatkan kemamapuan mata

Selain lycopene, didalamnya juga terkandung jenis antioksidan lain yang tak kalah baiknya yakni betakaroten. Kandungan tersebut sendiri merupakan zat alami yang bertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh. Adapun vitamin A sendiri yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan juga dapat membantu mencegah rabun senja.

Adapun penelitian terbaru menunjukkan, bahwasannya mengonsumsi tomat juga dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula, yang mana merupakan sebuah kondisi mata yang cukup serius, yang mana hingga saat ini pengobatan untuk kesembuhannya belum di temukan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

kandungan lycopene yang terdapat didalam buat tomat juga diketahui dapat memperkuat sel imun serta menjadi antioksidan alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah berbagai serangan radikal bebas.

4. Memperbanyak produksi ASI

Layaknya daun katuk, manfaat tomat bagi ibu menyusi ini juga diketahui sangat baik dalam meningkatkan produksi ASI. Selain itu, tomat juga bisa menjadi alternatif lain untuk meningkatkan konsentrasi lycopene pada ASI. Dalam hal ini, tomat yang telah masak bisa memberikan hasil terbaik. Bahkan para penelitipun menemukan bahwasannya produk tomat seperti saus tomat mampu memberikan peningkatkan likopen dalam ASI terlebih jika berasal dari tomat segar.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potassium yang juga terdapat didalam tomat diketahui dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Dan lebih dari itu, kandungan lainnya seperti kalium, serat, vitamin C dan juga kolin dalam sebuah tomat juga sangat penting untuk jantung. Dan jenis asupan kalium yang juga dikombinaskan dengan diet rendah natrium juga dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit kardiovaskular.

6. Mencegah penyakit hipertensi

Salah satu langkah yang tepat untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengurangi asupan sodium. Akan tetapi, meningkatkan asupan potassium juga sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

7. Mengurangi rasa sakit akibat arthritis

Apabila anda kini mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggi, coba manfaatkan tomat untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut. Hal tersebut lantaran kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat antiinflamasi yang mampu mengatasi peradangan. Hal ini juga termasuk ke dalam peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa tajut (antiinflamasi).

8. Baik untuk diet

Manfaat tomat untuk diet juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut lantaran tomat sendiri diketahui mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambah resiko penambahan atau lemak didalamnya.

Namun jika anda akan melakukan program menurunkan berat badan dengan tomat, sebaiknya juga dampingi dengan olahraga yang cukup. Selain dijadikan sebagai jus, anda bisa memasukan tomat ke dalam menu makanan cemilan anda sehari-hari seperti salad, casserole, sandwich serta makanan lainnya.

9. Sangat baik untuk kehamilan

Mengonsumsi tomat pada masa kehamilan ternyata sangat baik untuk ibu hamil. Hal tersebut lantaran tomat diketahui akan membantu penyempurnaan pembentikan gen DNA pada janin. Manfaat tomat pada ibu hamil tersebut tidak luput dari pada kandungan zinc atau seng didalam tomat.

10. Meningkatkan kesuburan

Khasiat tomat lainnya juga di percaya baik untuk membantu meningkatkan kesuburan reproduksi pria maupun wanita. Hal tersebut dikarenakan tomat sendiri akan membantu spermatogenesis.

11. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin D yang melimpah didalam tomat juga diketahui menjadikan tulang anda menjadi lebih sehat. Selain dari pada itu, kandungan vitamin D tersebut diketahui dapat memperbarui sistem jaringannya seingga tulang akan tumbuh secara sempurna.

12. Mencegah terjadinya penyakit stroke

Manfaat lainnya dari tomat untuk kesehatan adalah dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Hal tersebut lantaran vitamin K yang terdapat didalam tomat mencegah terjadinya pembekuan darah, sehingga aliran darah selalu lancar.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat tomat untuk kesehatan diataranya untuk mengatasi varises, mempercepat penyembuhan luka, lambung, gula atau diabetes dan juga berbagai gangguan prostat. Dan tak cukup untuk kesehatan, manfaat tomat untuk kecantikan juga dikenal sangat baik untuk sebagai tabir surya alami, mengatasi kulit berminyak, mencegah dan mengatasi masalah jerawat dan komedo dan juga mengatasi krontokan rambut.

Dan untuk memakasimalkan khasiat didalamnya, selain di makan secara langsung, anda juga bisa mengolahnya dengan bahan alami lainnya seperti menggunakan jeruk nipis, wortel, kurma, lemon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat tomat untuk kesehatan secara menyeluruh. Bagi anda yang kini ingin merasakan khasiat lycopene dari tomat asli secara praktis, kami memiliki rekomendasinya yang terbaik yakni dengan Walatra Lycopene Softgel. Semoga beranfaat dan salams sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *