Manfaat Teripang Emas (Gamat)

Manfaat teripang emas atau gamat setelah di teliti oleh banyak ahli ternyata mengandung banyak sekali kandungan bermanfaat yang tentu sangat baik bagi kesehatan. Sehingga tak heran jika teripang emas juga kini telah di manfaatkan sebagai bahan baku terbaik produk kesehatan seperti Walatra Gamat Emas Kapsul.

Lalu, apa saja khasiat teripang emas? Temukan penjelasan selengkapnya mengenai manfaat gamat emas bagi kesehatan hanya di sini.

Apa itu teripang emas?

manfaat teripang emasTeripang emas memiliki nama ilmiah “golden stichoupus variegatus hermani” adalah salah satu spesies hewan laut yang memiliki bentuk seperti timun. Sehingga tak jarang biota laut yang bergerak lambat ini juga sering kali di sebut dengan timun laut oleh beberapa orang.

Hewan laut yang pada umumnya hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran dan juga di lingkungan terumbu ini telah teridentifikasi memiliki 1250 lebih spesies teripang yang berbeda dan tersebar luas di seluruh lautan bumi.

Adapun di tempat asalnya sendiri, teripang memegang peranan penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai struktur pakan (tropic levels). Yakni teripang berperan sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan juga pemakan suspensi (suspensi feeder).

Namun selain dari pada itu, teripang juga di ketahui sangat baik untuk kesehatan. Dan dari sekian banyak spesies teripang tersebut, hanya Golden sticoupus hermani atau gamat emas satu-satunya yang di ketahui memiliki kandungan terlengkap yang baik untuk kesehatan.

Kandungan senyawa aktif yang di miliki oleh teripang emas (Gamat)

Teripang emas merupakan satu-satunya jenis teripang yang termasuk ke dalam kategori unggulan jioka di bandingkan dengan spesies lainnya seperti teripang putih (Holothuria scabra), teripang kuo (Microthele Nobelis), Teripang pandan (Theenota Ananas) serta teripang dongnga (Stichopu Ssp).

Hal tersebut lantaran teripang emas di ketahui memiliki kandungan aktif untuk kesehatan tubuh. Berbagai kandungan aktif tersbut diantaranya adalah:

  • Asam lemak essensial
  • Asam amino
  • Asam docohexanat (DHA)
  • Antiseptik alamiah
  • Chondroitin
  • Philinopside A dan E
  • Gampeptide
  • Galucasaminoglycans (GAGs)
  • Glucosamine
  • Glikosida keratin
  • Lektin
  • Saponin
  • Kolagen
  • Protein
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain di kategorikan menjadi teripang unggulan, teripang atau gamat emas juga termasuk ke dalam spesies teripang istimewa. Mengapa? hal tersebut lantara kandungan gamapeptide yang di milikinya. Di mana kandungan ini tak di miliki oleh teripang lainnya.

Adapun khasiat dari gamapeptide sendiri adalah mampu menstabilkan emosi, Mengurangi rasa sakit, mencegah inflamasi, mengaktifkan sel pertumbuhan dan sel-sel, 3x mempercpat penyembuhan luka, meningkatkan kecantikan kulit san masih banyak lagi yang lainnya.

Khasiat dan manfaat teripang emas (gamat) menurut para ahli

1. Mempercepat penyembuhan luka

Tahukah anda? ternyata teripang mampu membuat luka hilang dengan begitu cepat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwasannya mengonsumsi ekstrak teripang atau gamat emas mampu mempercepat penyembuhan luka.

Faktanya hal tersebut sesuai dengan penelitian yang di lakukan oleh Marine Drug, yang menunjukkan bahwasannya kandungan asam arachnodic yang terkandung dalam teripang adalah salah satu senyawa yang bertanggung jawab untuk mempercapat penyembuhan luka.

2. Mencegah pembekuan darah

Manfaat lainnya yang terkandung dalam teripang emas ini adalah dapat mencegah pembekuan darah. Hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian yang di lakukan oleh ilmuwan Brazil mengenai teripang yang di publikasikan di Journal of Biological Chemistry. Penelitian tersebut menunjukkan bahwasannya teripang mengandung aktivitas atikoagulan yang berasal dari Chondroitin sulfat yang mana akan mencegah pembekuan darah.

Pembekuan darah sendiri jika tidak segera di obati maka dapat menimbulkan masalah yang berbahaya bagi kesehatan seperti embioli paru hingga berakibat sangat fatal. Makadengan mengonsumsi teripang adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari pembekuan darah.

3. Mencegah dan mengatasi arthritis

Beberapa peneltian lainnya juga banyak yang berpendapat bahwasannya teripang dapat menyembuhkan penyakhit yang berhubungan dengan arthritis atau nyeri sendi. Hal tersebut lantaran kandungan chondroitin sulfat yang terkandung di dalamnya, Kandungan ini sendiri adalah salah satu komponen penting yang terdapat dalam tulang rawan.

Sebuah study yang di lakukan oleh H. Benedikt, D. C membuktikan bahwasannya anda sangat di sarankan untuk mengonsumsi teripang untuk mengurangi nyeri sendi dan juga arthritis.

4. Mencegah dan mengatasi kanker

Sebuah studi yang di lakukan oleh ilmuwan China yang di publikasikan dalam “Cancer, Biology and Therapy” membuktikan bahwasannya teripang mengandung senyawa yang di sebut dengan philipnoside E, yang mana kandungan ini sangat bermanfaat untuk menghambat terbentuknya pembuiluh darah yang mengankut nutrisi ke tumor.

Maka dari itu, aktivitas ini akan mencegah pertumbuhan tumor di tubuh anda. Selain dari pada itu, teripang juga mengandung senyawa yang di sebut dengan triterpen glikosida. Senyawa ini juga sangat bermanfaat untuk menekan pertumbuhan aktivitas tumor.

5. Senyawa anti-mikroba

Teripang atau gamat emas juga di ketahui sangat manjur untuk menghambat aktivitas bakteri karena zat anti-mikroba yang di sebut dengan steroidal sapogennins. Terdapat penelitian yang di lakukan oleh peneliti bernawa Jawahar. Beliauu menemukan beberapa jenis bakteri seperti Escerrichia coli Aeromonas hydrophilia, Pseudomonas dan lainnya sangat sensitif terjhadap hewan laut gamat emas. Penelitian tersebut membuktikan bahwasannya sapogenin steroid sangat ampuh untuk membunuh aktivitas bakteri.

6. Aktivitas anti-inflamasi yang kuat

Teripang juga terkenal akibat aktivitas antiinflamasinya yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang mana dapat di sebabkan oleh berbagai jenis penyakit peradangan seperti arthritis. Hal tersebut di buktikan oleh peneliti asal Malaysia yang melakukan percobaan pada tikus. Mereka menemukan bahwasannya suplemen timun laut dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tikus jantan maupun betina.

Senyawa glucosamine, mucopolysaccharides dan chondroitin adalah sederet kandungan yang terdfapat di dalam teripang yang penting dan bertanggung jawab untuk menghambat peradangan. Dengan demikian berbagai jenis yang di akibatkan oleh peradanganpun dapat teratasi.

7. Sifat antioksidan

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa teripang mengandung jumlah antioksidan tinggi. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Zeng, seorang ilmuwan dari China menyebutkan bahwasannya teripang mengandung senyawa Gelatin Hyrosylates. Senyawa ini terbukti secara ampuh untuk melawan radikal anion superoksida dalam kadar yang signifikan.

8.menyembuhkan penyakit stroke dan jantung iskemik

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Second Medical University, China mengungkap bahwasannya teripan memiliki senyawa fitokimia berupa anti penggumpalan dan pembekuan darah. Hal tersebut di karenakan adanya senyawa Glucasaminglycans (GAGs).

Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, Glucasamoglycans (GAGs) mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya sendiri yaitu dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin sendiri adalah enzim pengurai protein plasma darah yang dapat menurunkan kekentalan darah.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat teripang emas (gamat) yang baik untuk kesehatan menurut para ahli lainnya, yakni sebagai obat asam, sesak napas, hipertensi atau darah tinggi, hipotensi, meredakan gangguan sakit lambung (asam lambung, GERD, maag akut dan kronis), baik untuk perawatan ibu pasca melahirkan atau operasi caesar, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, meningkatkan kesehatan kulit, menghilangkan jerawat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *