Manfaat Teh Hijau Jika Dikonsumsi Setiap Hari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat teh hijau sangatlah banyak, terlebih untuk kesehatan dan kecantikan. Adapun bagi anda yang ingin mengtahui khasiat teh hijau selengkapnya bisa anda simak dalam ulasan singkat berikut.

manfaat teh hijauTeh hijau adalah salah satu dari jenis teh yang paling banyak di konsumsi setelah hitam. Rasa teh hijau sendiri sejatinya tidak jauh berbeda dengan teh hitam yang sering kali kita konsumsi. Namun jika berbicara mengenai harga, teh hijau memiliki harga yang cukup tinggi jika di bandingkan dengan jenis teh lainnya.

Berbagai kandungan di dalam teh hijau

Teh hijau di klaim memiliki kandungan yang cukup lengkap. Salah satu diantaranya adalah polifenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki kafein rendah. Sehingga sangat cocok apabila anda menjadikannya sebagai pengganti kopi untuk menemani hari-hari anda.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa alami yang di kenal dapat menyehatkan tubuh, kulit hingga rambut. Bahkan lebih dari pada itu, teh hijau juga di kenal sebagai penghambat alami pertumbuhan sel kanker.

manfaat teh hijauBanyak penelitian juga yang telah membuktikan bahwasannya mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan psikis karena teh juga memiliki sifat untuk menenangkan.

Dan selain dari pada polifenol teh hijau juga mengandung senyawa alami lainnya seperti flavonoid juga fitokimia yang memiliki sifat antikarsinogenik dan juga antioksidatif. Selain dari itu, dalam 1 cangkir 150 ml teh hijau, dapat membakar 25-30 kalori, yang mana sangat baik bagi anda yang kini tengah menjalani program diet.

Khasiat dan manfaat teh hijau untuk kesehatan jika di konsumsi setiap hari

Berikut adalah kegunaan teh hijau yang mana sama baiknya seperti manfaat daun sirsak. Adapun rincian lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. menurunkan berat badan

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari teh hijau adalah mampu untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut lantaran di dalamnya mengandung antioksidan alami bernama polifenol katekin. Bahkan para ilmuwan telah mengidentifikasi setidaknya terdapat enam jenis katekin yang terdapat di dalam teh hijau salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG), yang mana dapat membatu metabisme dalam tubuh, sehingga berat badabnoun dapat di turunkan.

Meski melakukan program diet dengan menggunakan teh hijau hasilnya di percaya tidak terlalu signifikan, namun jika di barengi dengan olahraga yang teratur dan juga pengaturan pola makan tertentu maka dapat mempercepat program diet yang tengah anda lakukan.

2. Menjaga kesehatan kulit

Sebagaimana telah di ungkapkan sebelumnya bahwasannya teh hijau memiliki kandungan polifenol serta jenis antioksidan lainnya. Sehingga dengan mengonsumsi teh hijau setiap hari dapat menjaga kesehatan kulit anda, terutama untuk menghindarkan kulit dari penuaan ini, munculnya garis halus pada wajah, mengencangkan kulit hingga menghilangkan kusam pada wajah.

3. Mengontrol tekanan gula darah

Di China, manfaat teh hijau sendiri di gunakan sebagai terapi pengobatan alternatif untuk mengatur tekanan gula darah. Hal ini tentunya sangat baik bagi penderita diabetes. Di dalam teh hijau sendiri mengandung jenis antioksidan yang mampu menghambat sekresi enzim (alpha-glucosidase), yang pada akhirnya akan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Sehingga hanya di perlukan sedikit insulin untuk mengelola glukosa dalam darah.

4. Mengurangi reaksi alergi

EGCG ynag di temukan di dalam teh hijau juga menghasilkan histamin dan imunoglubin, yang mana merupakan senyawa yang dapat mengahsilkan respon terhadap alergi. Maka dengan demikian hal tersebut mampu menghentikan reaksi alergi dari alergen tertentu.

5. Mengontrol tekanan darah

Teh hijau di ketahui mengandung kafein, yang mana di ketahui tidak baik jika di konsumsi oleh pnderita hipertensi. Namun karena jumlahnya yang sangat rendah, maka efek positif keseluruhan pada jantung. Hal tersebut tentunya juga dapat membabntu mengelola diabetes, kolesterol hingga tekanan darah tinggi juga dapat ikut terkendalikan.

6. Menyehatkan rambut

Teh hijau di kenal dapat mengahmbat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), yang di kenal dapat menyebabakan kerontokan dan mengahmbat pertyumbuhan rambut. Selain itu, teh hijau juga di ketahui dapat mencegah dan mengatasi permasalah rambut yang umum seperti ketombe, psoriasis hingga mengurangi peradangan karena antisetik. Kandungan vitamin C, polifenol hingga vitamin E yang terkandung dalam teh hijau juga mampu merangsang pertumbuhan rambut hingga meningkatkan kilau rambut. Herbal yang satu ini bisa mencegah hingga menjadi alternatif untuk rambut botak.

7. Menurunkan resiko penyakit alzheimer dan parkison

Pastinya anda tak asing lagi dengan 2 jenis penyakit ini. Keduanya berhubungan dengan kesehatan ajringan saraf pada tubuh kita. Alzheimer sendiri di ketahui di sebabakan oleh adanya penyumbatan lemak kepala, yang mana mengakibatkan penderitanya mengalami kepikunan dan kehilangan kontrol fungsi motoriknya. Sedangkan parkinson adalah penyakit yang menyebabakan penderitanya mengalami penurunana kemampuan motorik. Salah satu ciri-cirinya adalah sering bergemetar saat melakukan suatu aktifitas.

Namun kedua penyakit tersebut nyatanya bisa kita hindari dengan manfaat rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari. Kandungan catechin yang terdapat di dalamnya mampu membangun sistem pertahanan pada neuron terutama pada otak.

8. Mencegah berbagai jenis kanker

Kandungan antioksidan yang di miliki oleh teh hijau di ketahui lebih baik di bandingkan dengan vitamin E. Dan fungsi antioksidan juga inilah yang membantu menyahatkan setiap sel yang terdapat di dalam tubuh kita, sehingga bisa terhindar dari resiko kanker akibat terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandungbahan kimia berbahaya di dalamnya. Adapun beberapa jenis kanker yang setidaknya bisa di cegah adalah kanker payudara, kanker prostat hingga kanker kolorektal.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat teh hijau untuk kesehatan lainnya. Seperti mampu menghilangkan sakit kepala, meningkatkan fungsi dan kinerja otak, mencegah arthritis, pencegahan agregasi platelet, ibu hamil, meringankan gejala asma, mengurangi stres dan depresi, menyehatkan liver, menyembuhkan sakit perut, sebagai tabir surya alami, mencegah osteoporosis hingga menjadi pencegahan dan pengobatan penyakit neurologis.

**Selain di seduh secara tunggal, untuk menambah aroma, rasa dan juga khasiat. teh hijau juga sering kali di kombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti lemon, kayu manis, susu, jahe, jeruk nipis, jasmine dan lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan seputar manfaat teh hijau ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan kesehatan baru bagi anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *