Berbagai Kebaikan Dan Manfaat Sweetener Stevia Untuk Kesehatan

Manfaat sweetener stevia bagi kesehatan ternyata memiliki sisi positif yang cukup tinggi. Adapun untuk mengetetahui khasiat selengkapnya dari herbal yang satu ini, sebaiknya anda mengatahui informasi berikut ini.

manfaat sweetener steviaSebagian dari pada kita mungkin masih belum mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Tanaman yang berasal dari Paraguay dan Brazil ini telah sejak lama dimanfaatkan sebagai pemanis alami pada obat-obatan dan juga teh. Sebutnya salah satunya seperi produk herbal QnC Jelly Gamat. Rasanya yang lebih sedikit manis dan tidak mengandung kalori menjadikan tanaman stevia ini kini mulai dilirik sebagai bahan alami pengganti gula. Sehingga tak sedikit yang memanggil tanaman ini dengan sebutan sweetener stevia atau stevia sweetener.

Tingkat kemanisan gula stevia sendiri adalah sekitar 200-300 (kadang 5500) kali tingkat kemanisan sukrosa (gula tebu). Sementara itu, siklamat pemanis sintesisi yang cukup fenomenal dan sering digunakan ternyata memiliki tingkat kemanisan antara 100-200 kali kemanisan sukorosa. Sehingga dengan kata lain, tingkat kemanisan gula stevia bisa dikatakan lebih unggul apabila dibandingkan dengan siklamat atau aspartam yang masih dipakai sebagai pemanis produk makanan dan minuman.

Adapun alasan mengapa stevia memiliki rasa yang begitu manis lantaran didalamnya terkandung senyawa steviol. Senyawa tersebutlah yang membuat stevia terasa 250-300 kali lebih manis dibandingkan sukrosa didalam gula biasa. Dan tahukah anda? ternyata stevia sendiri tidak tersimpan didalam tubuh apabila dikonsumsi. Kandungan senyawa stevia glycosides akan dipecah menjadi steviol untuk kemudian diserap oleh tubuh dan dibuang dengan cepat dalam bentuk feses dan urine.

Khasiat dan manfaat sweetener stevia bagi kesehatan

Selain mengandung kalori yang rendah, didalam stevia juga mengandung senyawa alami lainnya seperti vitamin A, B dan C, kalsium zat besi, zincnatrium, kalium, protein dan unsur-unsur lainnya. Dan berkat kandungannya tersebut pemanis alami ini dikenal memiliki berbagai kebaikan untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan tingkat glukosa dan melawan diabetes

Suatu penelitian menunjukkan bahwasannya selain tidak mengandung karbohidrat dan kalori, stevia juga diketahui tidak akan mempengaruhi gula darah atau respons insulin. Dan dengan mengonsumsi stevia pula, penderita diabetes diduga mampu mengonsumsi lebioh banyak jenis makanan dan memnuhi rencana makan sehat.

Studi lainpun melaporkan bahwasannya stevia sangat sedikit bahkan tidak memberikan efek apapun terhadap kadar insulin, glukosa darah, hipertensi dan juga berat badan. Kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetespun dilaporkan berkurang saat mengonsumsi stevia.

2. Mengatasi kelebihan berat badan (obesitas)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa stevia tidak mengandung kalori sama sekali. Dan oleh sebab itu, pengganti gula ini dinilai bisa membantu mengurangi asupan energi. Selain dari pada itu, stevia juga tidak bisa diserap dengan baik sehingga membuatnya di buang utuh-utuh dari dalam tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menjujukkan bahwa kelebihan sweetener stevia juga mengandung senyawa stevioside yang berperan dalam pengatur tekanan darah. Dan diketahui pula denga mengonsumsi stevioside dapat membantu mnurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, tanaman stevia juga mampu menormalkan tekanan darah dan mengatur detak jantung.

Meski stevia diketahui lebih sehat dibandingkan dengan pemanis lainnya dan juga tidak mengandung kalori, bukan berarti anda boleh mengonsumsinya tanpa aturan dan juga berlebihan. Hal tersebut lantaran dapat memberikan dampak buruk yang mungkin tidak akan anda sadari sebelumnya. Maka dari itu, penggunaan sweetener stevia ini tetap harus dalam takar yang telah di gunakan.

Adapun bagi bagi anda yang ingin membeli stevia sweetener stevia baik berupa ekstrak maupun varian lainnya di swalayan maupun onlineshop. Adapun untuk harga jual stevia sweetener ini akan berbeda-beda tergantung merek maupun penjual.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait kegunaan dan manfaat sweetener stevia bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasa baru bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *