Khasiat Dan Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Menyeluruh

Manfaat susu kambing untuk kesehatan tak perlu di ragukan lagi. Seperti halnya pada susu sapi, susu kambing juga memiliki kandungan nutrisi yang begitu lengkap, sehingga sangat baik di konsumsi terutama oleh anak dan ibu hamil. Lalu sebenarnya, apa saja khasiat susu kambing bagi kesehatan? Mari kita gali informasi selengkapnya dalam ulasan singkat berikut ini.

manfaat susu kambing

Pernahkah anda mendengar susu kambing etawa, gomars dan skygoat yang tengah di promosikan di radio maupun media cetak lainnya? Ya, ketiganya sendiri merupakan beberapa diantara merek susu kambing yang kini tengah fenomenal dan banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tapi anda harus tahu, berbeda dengan beberapa susu kambing tersebut, kini telah hadir susu kambing walatra etaku dengan komposisi 100% susu kambing tanpa tambahan krimer berlegalitas BPOM halal MUI dan sudah nano teknologi, klik → Walatra Etaku.

Seperti halnya pada pada susu sapi, susu kambing pun kini banyak di kemas dalam banyak varian. Sepeti susu kambing cair, full cream hingga bubuk. Kepopuleran susu kambing ini sendiri semakin mencuat, saat banyak ahli yang menyatakan bahwa selain menyehatkan, susu kambing murni juga di ketahui dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Hal tersebut tentunya tak luput dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan gizi dan nutrisi susu kambing

Selain menjadi sumber kalisum, susu kambing asli nan segar juga sarat akan berbagai nutrisi lainnya yang menyehatkan. Beberapa diantaranya adalah seperti antioksidan dan juga asam lemak baik. Dan tak cukup sampai disitu, susu kambing juga di ketahui memiliki nutrisi yang hampir sama dengan yang terdapat dalam Air Susu Ibu (ASI).

Adapun sebagai perbandingannya, berikut adalah tabel yang menjelaskan nutrisi yang terdapat di dalam susu sapi, susu kambing dan juga ASI yang di ambil dari sumber hasil penelitian vateriner Bogor.

Kandungan nutrisi Susu Sapi Susu Kambing ASI
Protein 3,3 gram 3,6 gram 1,1 gram
Lemak 3,3 gram 4,2 gram 4,4 gram
Karbohidrat 4,7 gram 4,5 gram 6,9 gram
Kalori 61 cal 69 cal 70 cal
Fosfor 93 gram 111 gram 14 gram
Kalsium 19 gram 134 gram 32 gram
Magnesium 13 gram 14 gram 3 gram
Besi 0,05 gram 0,05 gram 0,03 gram
Natrium 49 gram 50 gram 17 gram
Kalium 152 gram 204 gram 51 gram
Vitamin A 126 IU 185 IU 241 IU
Thiamin 0,04 mg 0,05 mg 0,014 mg
Riboflavin (Vitamin B2) 0,16 mg 0,14 mg 0,04 mg
Niacin 0,08 mg 0,28 mg 0,18 mg
Vitamin B6 0,04 mg 0,05 mg 0,01 mg

Selain dari dari pada itu, masih banyak kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat di dalam susu kambing. Beberapa diantaranya seperti Zincun (Zn), mineral alkaline, Flourin + Betakasein, A2-betakasein + Asam Amino Essensial, cynokobalamin, Enzim Xhantine Oxydase + Niasin dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga selain dari pada susu sapi dan juga susu kedelai, susu kambing juga bisa menjadi alternatif susu menyehatkan lainnya.

Khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh menyeluruh

Seperti pada pernyataan kami sebelumnya, selain menyehatkan susu kambung juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan untuk menambah nilai manfaatnya, tak sedikit orang yang mengkombinasikan susu kambing dengan bahan alami lainnya untuk di konsumsi seperti madu dan kurma. Adapun jika di lihat dari berbagai nutrisi yang di miliki manfaat yang di miliki oleh susu kambing adalah sebagai berikut.

1. Mempercepat pembentukan tulang

Layaknya pada susu sapi, susu kambing juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang. Sehingga susu ini juga sangat baik apabila di konsumsi oleh anak-anak yang sedang mengalami masa emas pertumbuhan.

2. Mencegah penyakit saraf

Selain dari pada kalsium, di dalam susu kambing juga terdapat kandungan zinc dan juga magnesium yang mana keduanya adalah jenis antioksidan yang di ketahui sangat baik dalam mencegah penyakit saraf.

3. Mengobati anemia

Mengonsumsi susu kambing secara rutin juga di ketahui dapat memperbaiki kondisi anemia dan juga defesiensi zat besi. Hal tersebut lantaran susu ini dapat meningkatkan zat besi oleh tubuh serta merangsang pembaharuan hemoglobin. Dan berbeda halnya dengan susu sapi, susu kambing sendiri mampu meminimalkan interaksi antara kalsium dan zat besi di dalam tubuh. Karena interaksi kedua zat mineral tersebut memiliki efek samping menghambat.

4. Membersihkan usus besar

Susu kambing juga di perkaya akan oligosaccharides atau senyawa alami yang mengandung gula sederhana. Dengan komposisi yang sama dengan ASI, senyawa oligosaccharides dari susu kambing juga berperan sebagai probiotik di tubuh ita. Sehingga senyawa tersebut mampu membersihkan usus besar dari organisme bakteri dan jamur penyakit yang di hasilkan dari pada sisa makanan.

5. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kandungan asam lemak essensial seperti linoleat dan arakidonat yang di miliki oleh susu kambing di ketahui lebih tinggi dari pada yang di miliki oleh susu sapi. Asam lemak ini sendiri merupakan sumber energi yang cepat di bakar dan di simpan oleh tubuh sebagai lemak. Sehingga tak heran jika susu kambing ini dapat menurunkan kadar kolsterol tinggi dan juga menjaga kadar trigliserida tetap normal. Dan inilah yang membuat susu kambing sangat tepat untuk di jadikan pilihan sehat untuk mencegah penyakit jantung.

6. Memperbaiki sistem pencernaan

Seperti halnya yang telah di sebutkan sebelumnya, susu kambing memiliki manfaat yang istimewa untuk kesehatan pencernaan anda. Susu ini di ketahui mengandung proporsi laktosa yang cenderung lebih sedikit rendah di bandingkan pada susu sapi, sehingga lebih mudah di serap. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang di bentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah untuk di cerna.

7. Tidak menimbulkan alergi

Susu kambing juga di ketahui memiliki resiko alergi yang lebih sedikit di banding susu sapi. Hal tersebut di karenakan susu kambing mengandung senyawa kasein alpha 1, yang merupakan salah satu penyebab alergi.

8. Membantu mencegah mengatasi osteoporosis

Manfaat susu kambing untuk osteoporosis juga perlu untuk di perhitungkan. Karena selain mengonsumsi susu sapi, kadar asupan kalsium juga bisa di tingkatkan dengan mengonsumsi susu kambing secara rutin. Bahkan di dalamnya pun terdapat senyawa asam amino triptofan, yng mana jika di kombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat proses pertumbuhan, memadatkan tulang, mencegah osteoporosis dan pengapuran tulang bagi lansia.

9. Membantu mengobati penyakit tuberculosis (TBC) dan asma

Mengonsumi susu kambing secara rutin nyatanya juga baik bagi anda yang kini menderita penyakit pernafasan seperti asma, TBC, bronkitis dan infeksi paru-paru. Hal tersebut lantran di dalamnya mengandung flourin dan betasein yang baik dalam menuntaskan berbagai permasalahan pernapasan tersebut.

10. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Manfaat susu kambing bagi ibu hamil sangatlah baik sebagai gizi tambahan untuk membantu proses tumbuh kembangnya janin di dalam rahim serta membantu perkembangan otaknya. Selain itu, juga bermanfaat untuk menjaga stamina dan mencegah lemas dan kurang bertenaga pada ibu hamil.

11. Meningkatkan produk Asi

Ini merupakan khusus manfaat susus kambing untuk ibu menyusui. Minum 2x sehari susu kambing di ketahui mampu membantu meningkatkan kadar produksi dan kualitas ASI. Namun sebaiknya produk susu kambing maupun susu sapi tidak di berikan secara langsung kepada bayi maupun anak berusia 1 tahun ke bawah, karena pemberian selain ASI bisa meningkatkan resiko iritasi usus dan anemia.

12. Meningkatkan kecantikan kulit

Selain untuk kesehatan, manfaat susu kambing untuk kulit terutama wajah juga telah banyak di gunakan. Seperti halnya pemanfaatan susu kambing sebagai masker wajah dan juga lulur. Bahkan cara tersebut di ketahui dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga terbebas dari permasalahan kulit seperti jerawat. Dan maka dari itu, kini telah banyak beredar susu kambing khusus kecantikan, seperti susu kambing kefir.

Selain dari pada apa-apa yang telah di sampaikan diatas, ternyata masih banyak lagi kegunaan susu kambing untuk kesehatan seperti meningkatkan kesuburan, alternatif pengobatan asam urat, baik untuk penderita diabetes, hepatitis, liver, hipertensi atau darah tinggi, jantung koroner, dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan sejumlah manfaat susu kambing yang ada, bukan berarti anda luput untuk memperhatikan beberapa rambu tertentu. Pastikan terdapat label ‘Bebas Bovine Growth Hormon (BHG) dan Antibiotik’ saat anda hendak membeli susu kambing.

Kabar gembira!! Susu kambing walatra etaku yang di olah dengan teknologi nano kini telah hadir di Indonesia!

Walatra etaku adalah terobobosan produk kesehatan terbaru yang di produksi oleh CV. Jogja Natural Herbal. Terbuat dari susu kambing etawa murni yang di padu padankan dengan bahan alami lainnya seperti ekstrak pegagan, ekstrak kedelai dan juga albumin ikan gabus, yang diolah secara canggih dengan menggunakan teknologi nano.

Sehingga berbeda dengan produk susu kambing lainnya, walatra etaku memiliki kandungan serta khasiat yang lebih unggul baik hanya sekedar untuk menunjang kesehatan, maupun menjadi alternatif pendamping penyembuhan beragam jenis penyakit. Adapun informasi selengkapnya seputar walatra etaku silahkan klik gambar di bawah ini:

Khasiat Dan Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Menyeluruh

Sekian informasi yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menjadi rekomendasi tepat sebelum anda menggunakan produk susu kambing ya! Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *