Khasiat Dan Manfaat Spirulina Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat spirulina mungkin memang masih cukup asing di telinga masyarakat awam. Meski begitu, bahan alami yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa khususnya bagi kesehatan. Lalu sebenarnya apa itu spirulina? dan apa saja manfaatnya? ketahui informasi selengkapnya dalam ulasan singkat berikut.

manfaat spirulina

Apakah anda pernah mendengar ataupun mengetahui spirulina hpai, spirulina tiens, maupun spirulina arthospira? ya, berbagai jenis suplemen tersebut adalah sedikit diantara produk kesehatan, yang menggunakan spirulina sebagai komposisi utamanya.

Bagi anda yg ingin mendapatkan produk spirulina asli, yang sudah sudah dalam sediaan kapsul, berlegalitas halal, BPOM RI dan juga berteknologi nano, silahkan klik:
↓↓↓
Gratis Ongkos Kirim Keseluruh Indonesia!! (**Syarat & Ketentuan berlaku)

Sedikit mengenal tentang spirulina

Spirulina adalah jenis cyanobacteria atau bacteri yang mengandung klorofil dan juga dapat menjadi sebagai orgasme yang bisa melakukan proses fotosintesis guna membuat makanannya sendiri. Spirulina juga bisa diartikan sebagai gangang renik (mikro alga) alami bersel tunggal dan memiliki warna hijau kebiruan.

Adapun warna hijau kebiruan ini pada dasarnya disebabkan oleh adanya pigmen khusus yang disebut dengan phycocyanin. Dan pigmen inilah yang diduga menjadikan spirulina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain dari pada itu, karakteristik spirulina juga diketahui berbentuk spiral dan memiliki pH sekitar 8,5-11.

Tanaman ganggang ini bisa tumbuh di semua ekosistem seluruh wilayah dunia, termasuk di Meksiko, Afrika, Hawai dan berbagai belahan dunia lainnnya. Meski telah ada sejak lama dan hidup pada semua ekosistem ( daratan dan perairan), potensi untuk dijadikan suplemen yang memiliki manfaat baik belum lama terungkap.

Kandungan nutrisi dan gizi spirulina

Spirulina yang dipanen secara benar dari kolam maupun genangan air yang tidak terkontaminasi, diketahui mampu menjadi salah satu sumber nutrisi paling manjur yang pernah ada. Sehingga disamping chlorella, spirulina kini menjadi salah satu tanaman yang banyak di teliti.

Hal tersebut lantaran spirulina sendiri kaya akan kandungan nutrisi makro dan mikro berkhasiat, dan lebih lengkap dibandingkan pada jenis makanan lainnya. Seperti tiga kandungan utama dalam spirulina, yakni zeaxhantin, beta-karoten dan phycocyanin. Selain itu, spirulina juga banyak mengandung sumber nutrisi lainnya. Diantaranya:

  • Protein
  • Sumber antioksida
  • Air
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin: Vitamin B (B1, B3, B12), Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E,
  • Mineral: kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, fosfor, selenium, zinc dan mangan
  • Asam folat dan asam pantotenat
  • Gamma Linoleic Acid (asam lemak yang biasa ditemukan dalam ASI.

Dan karena memiliki banyak nutrisi penting, tak sedikit yang menganggapnya spirulina sebagai “makanan super” atau makanan yang semua nutrisinya hampir dibutuhkan tubuh. Dan tak tanggung-tanggung, hingga saat ini terdapat sekitar 1.200 artikel ilmiah yang telah mengevalusasi manfaat kesehatannya. Sehingga makanan super ini telah terbukti mampu memulihkan dan merevitalisasi kesehatan anda secara alami.

Khasiat dan manfaat spirulina yang luar biasa untuk kesehatan

manfaat spirulina

Berikut adalah berbagai khasiat pirulina untuk kesehatan yang telah melalui berbagai uji klinis, yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

1. Antioksidan yang kuat

Manfaat dari spirulina yang satu ini mampu melindungintubuh dari radikal bebas dan memiliki fek antiperadangan bagi DNA dan sel tubuh yangh mengalami keruksakan oksidatif. Ganggang biru alami ini juga mampu mengurangi gejala peradangan yang; terjadi pada saluran udara di hidung atau rhinitis.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Menurut sebuah studi yang memberikan 1 gr spirulina perhari p[ada sekelompok orang berkolesterol tinggi, spirulina telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat sekaligus menaikan kolesterol baik didalam darah.

Selain itu, spirulina mamu penjaga agar kolesterol LDL didalam darah tidak teroksidasi sehingga mampu menurunkan resiko terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan, penurunana kolesterool dan LDL ini tidak terjadi pada pnderita dengan obesitas.

3. Menurunkan tekanan darah

Dengan mengonsumsi spirulina sebanyak 4,5 gr perhari juga telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah akibat meningkatnya produksi nitrit oksida yang membuat pembuluh darah melebar dan lebih rileks.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah penelitian telah menunjukkan, bahwasannya spirulina mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya pembengkakan infeksi virus. Nutrisi yang terdapat dalam spirulina berupa phycocyanin adalah antioksidan kuat yang mampu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Dan penting untuk anda ketahui, bahwasannya sel darah putih sendiri memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh lantaran mampu menghasikan antibody yang dapat melindungi tubuh anda dari serangan bakteri.

5. Meningkatkan fungsi dan kesehatan otak

Sebuah studi telah menunjuka bahwasannya spirulina benar-benar dapat meningkatkan kemapuan kognitif dan kesehatan mental. Tanaman ganggang hijau ini juga telah terbukti dalam mencegah hilangnya memori dengan mengurangi keruksakan oksidatif. Selain itu, dengan mengonsumsi spirulina setiap hari juga dipercaya mampu melindungi otak dari penyakit degeneratif. Seperti halnya alzheimer dan juga parkinson.

6. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian terkait spirulina pada hewan juga telah dilakukan di University of Maryland Medical Center. Dan hasilnya mengejutkan. Spirulina di ketahui mampu meningkatkan produksi antibodi, potein penangkal infeksi, dan sel lain yang mampu meningkatan kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

Bahkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan April lalu, para imuwan Republik Ceko menunjukkan, bahwa selain kemampuannya untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, spirulina juga kaya akan senyawa tetrapirrolika yang terkait erat dengan molekul bilurubin, antioksidan kuat dan agen anti-proliferatif.

Dan pada saat diuji pada sel pankreas manusia, para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan sel yang tidak diobati, terapi eksperimental secara signifikan mengurangi proliferasi sel kanker pankreaas manusia secara in vitro dengan cara bergantung pada dosis. Dan ininya, ini membuktikan bahwa mengonumsi spirulina tampaknya memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan pengobatan kanker alami.

7. Mengurangi resiko stroke

Dalam beberapa studi lainnya, para peneliti juga menemukan bahwasannya suplementasi spirulina mampu menurunkan permukaan aorta intimal sebesar 33% menjadi 48%. Dan hal ini menunjukkan bahwa tanaman ini mampu mencegah aterosklerosis dan stroke.

Dan yang perlu anda ingat, bahwasnnya percobaan klinis ini masih dilakukan sebatas pada hewan. Namun hasil yang paling disoroti dari penelitian tersebut adalah bahwa dengan mengonsumsi spirulina secara teratuur, mampu mengembalikan keruksakan yang sebenarnya dilakukan akibat pola hidup yang buruk.

8. Meningkatkan energi

Apabila anda melihat komposisi kimia spirulina, maka tak heran jika orang yang rutin menngonsumsinya yang memiliki banyak energi. Dr. Mehmet Oz merkomendasikan untuk memasukan 1 sendok teh bubuk spirulina dengan 12 ons jus. jeruk nipis dan membekukan campuran tersebut dalam nampan es. Menurutnya, perpaduan keduanya mapu meningkatkan energi, dengan membuka gula dari sel tubuh kita.

9. Mengurangi gejala sinusitis

Manfaat dari Spirulina bagi tubuh huga dikenal mampu mengurangi peradangan termasuk dalam masalah sinus. Bahkan dibandingkan plasebo, spirulina dianggap lebih efektif dalam mengurangi gatal, pmbengkakan hidung, hidung tersumbat dan bersin.

10. Mencegah anemia

Dalam suatau penelitian yang dilakukan pada 40 orang lanjut usia, yang seblumnya atau saat ini tengah mengalami anemia. Dan hasilnya membuktikan bahwasannya hasil suplementasi spirulina mampu meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah. Akan tetapi, penelitian yang lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung penemuan ini.

11. Meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS)

Meurut beberapa ahli, spirulina juga memiliki manfaat dan mangurangi gejala PMS. Adapun gejala yang dimaksud diantaranya seperti kelelahan, kram, kembung dan khususnya perubahan suasana hati.

12. Menjaga kesehatan tulang

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya didalam spirulina juga terkandung kadar kalsium yang cukup tinggi. Bahkanan beberapa mengklaim bahwa spirulina mampu digunakan sebagai pengganti susu atau produk susu lainnya.

13. Meningkatkan pencernaan dan fungsi usus

Spirulina juga diketahui mampu menekan bakteri jahat seperti e-coli dan candida ragi serta merangsang flora yang bermanfaat seperti lactobacillus dan bifidobacteria. Flora sehat ini adalah dasar dari kesehatan yang baik dan mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan dan dapat membantu melindungi terhadap infeksi. Spirulina juga mampu membantu asimilasi dan eliminasi serta menghilangkan sembelit.

14. Menambah berat badan

Kandungan protein didalam spirulina yang dianggap lebih baik dari pada protein hewani seperti pada daging dan susu. Dan hal tersebut beberapa peneliti menganggap bahwa spirulina mampu membantu anda dalam menambah dan menjaga berat badan ideal. Selain kandungan lainnya pun bertugas untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam makanan.

15. Detoksifikasi tubuh

Kandungan fitonutrien termasuk klorofil, phycocyanin dan polisakarida yang terdapat didalam spirulina dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kegunaan spirulina sebagai obat herbal untuk kesehatan diantaranya untuk liver, mengurangi gejala alergi, mengurangi efek kemoterapi, mencegah rambut rontok, ibu hamil dan menyusui, sakit maag atau asam lambung, rahim, kesuburan dan miom.

Bhkan selain untuk kesehatan, spirulina juga dikenal sangat baik untuk meningkatkan kecantikan kulit. Tak jarang esktra spirulina juga sering di gunakan sebagai masker wajah alami, terutama untuk menghilangkan jerawat.

Waspadai efek samping spirulina!

Pastikan spirulina yang anda gunakan terbebas dari kontaminasi. Menurut webMD, spirulina yang telah terkontaminasi dapat menyebabkan beberapa efek samping. Seperti sakit perut, mual, muntah, haus, denyut jantung yang cepat bahkan dapat menyebabkan kematian.

Beberapa sumber juga menyebutkan, bahwa ibu hamil dan anak sebaiknya tidak mengonsumsi gangang spirulina ini. Maka dari itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan para ahli maupun dokter untuk mengetahui informasi selanjutnya.

Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan terhadap berbagai efek samping tersebut, ada baiknya anda tidak menggunakan spirulina dengan mengolahnya sendiri. Melainkan menggunakan produk kesehatan spirulina baik berupa kapsul maupun ekstrakm karena pastinya telah menggunakan bahan baku dan cara pengolahan yang tepat. Jangan lupa untuk memlih yang BPOM untuk lebih mematikan keamanannya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat walatra spirulina yang luar biasa bagi kesehatan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda didunia herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *