Khasiat Dan Manfaat Minyak Zaitun Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Manfaat minyak zaitun ternyata tak hanya baik untuk kecantikan dan kulit, melainkan juga memiliki nilai positif untuk kesehatan bahkan pengobatan. Ingin mengetahui informasi selengkapnya? simak ulasan singkat berikut ini.

Khasiat Dan Manfaat Minyak Zaitun Yang Luar Biasa Bagi KesehatanMinyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Bahkan ada salah satu iklan kesehatan yang mempromosikan minyak zaitun seperti berikut “Ingin lebih sehat? ganti minyak goreng anda sekarang juga dengan minyak zaitun!”.

Dan ternyata anggapan tersebut tidak salah. Jika dilihat dari segi medis, memang terdapat banyak kemungkinan bahwa minyak zaitun baik untuk kesehatan bahkan mampu mencegah beberapa jenis penyakit tertentu.

Di dalam 100 gram minyak zaitun sendiri diketahui terdapat lemak sebesar 100 gram. Meski kandungan lemak didalamnya dapat dibilang cukup tinggi, namun minyak zaitun sendiri nyatanya tetap sehat karena hanya 14% dari jumlah total lemak tersebut berjenis lemak jenuh. Dan adapun sisanya adalah lemak tak jenuh yang dianggap dapat menyehatkan tubuh. Selain dari pada itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3 dan omega-6.

Berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya di kelompokakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Minyak zaitun extra virgin: adalah jenis minyak zaitun ayang langsung diesktrak dari buah zaitun. Proses ekstrak hanya melalui perasan pertama buah zaitun. Adapun kadar keasaman pada jenis minyak zaitun ini adalah 1%.
  • Minyak zaitun virgin: adalah jenis minyak zaitun yang di dapat dari perasan pertama buah zaitun yang memiliki kadar keasaman 3%.
  • Minyak zaitun vino: adalah jenis minyak zaitun yang didapat dari campuran extra virgin dan virgin.
  • Minyak zaitun pure: adalah minyak zaitun yang di peroleh dari kombinasi minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin.
  • Minyak zaitun light adalah jenis minyak zaitun yang telah melalui proses saring yang hasilnya akan mempengaruhi warna dari minyak zaitun itu sendiri.

Semua jenis minyak zaitun terkecuali extra virgin bisa dipakai untuk menumis atau memanggang. Namun alangkah baiknya, jika minyak zaitun digunakan langsung pada makanan seperti mencipratkannya pada sayuran selayaknya membuat salad.

Khasiat dan manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Dari berbagai kandungannya yang diketahui sangat baik untuk kesehatan, berikut adalah berbagai khasiat minyak zaitun yang perlu anda ketahui.

1. Menurunkan kolesterol tinggi

Banyak masyarakat yang mempercayai bahwasannya dengan mengonsumsi minyak ini mampu menurunkan kolesterol tinggi yang tengah mereka miliki. Hal tersebut lantaran minyak ini mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun akan tetap mempertahankan kolesterol baik (HDL) yang terdapat didalam tubuh anda. Jika anda kini ingin menurunkan kadar kolesterol dengan minyak zaitun, anda bisa mengonsuminya 2 sendok makan setiap hari. Anda juga bisa mencamnpurkannya dengan salad.

2. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung

Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur juga di yakini dapat menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung. Dan tak cukup sampai disitu, mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun juga setiap hari dipercaya mampu menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak zaitun jenis extra virgin juga dipercayai mampu menurunkan tekanan darah pada orang yang kini tengah mengalami tekanan darah tinggi.

4. Meredakan konstipasi

Manfaat dari minyak zaitun selanjutnya adalah dapat merekan konstipasi atau masalah susah buang air besar yang tengah anda alami. Adapun untuk itu, anda bisa mengonsumsi 30 ml minyak zaitun setiap harinya

5. Mencegah kanker payudara

Bagi anda khususnya para wanita yang ingin terhindar dari kanker payudara, anda bisa mengonasumsi minyak zaitun. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun juga diketahui memiliki khasiat dalam menurunkan resiko terkena kanker payudara.

7. Sebagai antiinflamasi

Di dalam minyak zaitun diketahui terkandung antioksidan jenis polifenol, yang dapat membantu sel-sel dari ancaman keruksakan. Nah, senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat antiinflamasi. Para ilmuwan pun telah banyak melakukan penlitian ada efek polifenol ini. Termasuk didalamnya memoliki efek baik terhadap tulang dan juga kesehatan pencernaan. Adapun pada penelitian linnya menunjukkan bahwasannya minyak zaitun ini memiliki potensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori

8. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan berupa zat linolic acid yang terdapat didalam minyak zaitun juga dapat membantu anda menjaga kadar air diwajah agar kulit tidak keriput dan timbul penuaan dini.

Adapun selain daripada itu, masih banyak lagi manfaat dari minyak zaitun bagi kesehatan diantaranya adalah untuk membantu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit seperti diabetes, migrain, kanker ovarium, psoriasis, infeksi jamur, eksim, osteoartritis, reumatoid arthritis dan kurap.

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, kegunaan minyak zaitun asli juga juga baik untuk rambut, kecantikan, kulit, bulu mata, alis, wajah, bibir, jerawat, bokong, miss V, bayi dan ibu hamil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait khasiat dan manfaat luar biasa minyak zaitun untuk kesehatan dan pengobatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *