Berbagai Manfaat Minyak Ikan Hiu Yang Tak Terduga Untuk Kesehatan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat minyak ikan hiu ternyata memiliki khasiat sangat istimewa untuk kesehatan tubuh. Bahkan tak hanya itu, minyak ini juga diketahui mampu membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh anak, ibu hamil, ibu menyusui. Lalu, apa saja kandungan dan kegunaan minyak ikan hiu bagi kesehatan?

manfaat minyak ikan hiu

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya ikan hiu merupakan salah satu hewan buas yang hidup di lautan dalam. Namun meski begitu, hewan buas yang memiliki nama latin selachimorpha ini diketahui dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat, lantaran kandungan senyawa alami didalamnya yang melimpah bagi kesehatan tubuh.

Adapun produk kesehatan yang terkenal di hasilkan dari ikan ini adalah minyaknya. Sehingga saat ini, tak sedikit dari pada suplemen kesehatan berbentuk kapsul maupun lainnya yang menjadikan manfaat minyak hati ikan hiu ini sebagai komposisi utama suplemen kesehatan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan baik itu kronis maupun non-kronis.

Meski semua bagian tubuh ikan hiu bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, namun bagian tubuh hiu yang sering kali diekstrak menjadi minyak terbaik adalah bagian hatinya. Karena selain mengandung vitamin A dan nutrisi lainnya, didalamnya juga terkandung senyawa alami squalene yang berfungsi untuk memperlambat perkembangan tumor serta baik untuk kesehatan lainnya.

Berbagai kandungan senyawa alami dalam minyak ikan hiu

Di dalam minyak hati ikan hiu sendiri diketahui terkandung berbagai nutrisi dan senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun dua diantaranya adalah squalene dan squalamine.

Squalene sendiri merupakan senyawa organik yang terdapat didalam tubuh manusia, hewan maupun tumbuhan, yang diproduksi oleh organ hati dan dialirakan secara menyeluruh oleh darah. Fungsinya sangat baik untuk kulit dan juga kesehatan. Dan sumber squalene yang utama adalah minyak dari organ hati ikan hiu.

Sedangkan squalamine sendiri merupakan jenis antibiotik baru yang di temukan dalam hati ikan hiu. Senyawa ini juga dipercaya mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit. Adapun selain squalene dan squalamine, berikut adalah kandungan lengkap yang terdapat didalam minyak hiu:

  • Omega 3
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin B1

Khasiat dan manfaat minyak ikan hiu bagi kesehatan

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dan senyawa alami yang terkandung didalam minyak hati ikan hati ikan hiu, sekarang giliran anda untuk mengetahui berbagai khasiat dan manfaat yang bisa anda rasakan dan manfaatkan dari minyak ikan hiu ini.

1. Membantu mengatasi penyakit hati

Kandungan vitamin A, D, C dan E yang terkandung didalam minyak ikan hiu diketahui mampu memberikan nutrisi terbaik yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan kesehatan hati. Sehingga kesehatan organ hati tetap terjaga, bahkan mampu mengatasi berbagai permasalahan pada hati. Seperti halnya masalah racun yang terakumulasi dalam hati hingga bragam jenis penyakit hati lainnya.

2. Mengatasi penyakit diabetes

Dengan mengonsumsi minyak ikan hiu secara teratur juga dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah yang anda miliki. Sehingga hal tersebut dapat membantu anda dalam mengatasi hingga mengurangi resiko terkena diabetes.

3. Membantu mengatasi kelelahan

Gejala kelelahan umumnya sering kali diakibatkan oleh kinerja otot didalam tubuh yang terlalu keras. Sehingga meski sering kali dianggap sepele, masalah ini bisa saja berujung pada masalah kesehatan lainnya seperti penyakit tipes dan sebagainya. Sehingga masalah kelelahan tersebut sebaiknya segera diatasi, salah satunya dengan minyak ikan hiu, yang diyakini mampu memberikan efek penenang dan mengurangi kelelahan pada tubuh.

4. Mengatasi penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu diantara masalah kesehatan dengan angka kematian tertinggi didunia. Bankan penyakit ini sendiri merupakan salah satu penyakit kronis cukup sulit untuk disembuhkan. Namun dengan mengonsumsi khasiat minyak ikan hiu secara teratur maka bisa membantu anda dalam mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan atau daya tahan tubuh yang optimal berfungsi untuk memberikan perlindungan tubuh dari ancaman virus maupun radikal bebas yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Andapun untuk memiliki daya tahan tubuh yang optimal tersebut anda bisa mendapatkannya dengan rasjin mengonsumsi minyak ikan hiu yang diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mapuh melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

6. Sebagai antikanker yang kuat

Setelah jantung, kanker merupakan penyakit dengan angkat kematian tertinggi kedua didunia. Adapun dengan melakukan gaya hidup sehat sejak dini adalah cara terampuh untuk menghindari penyakit ini. Adapun salah satunya yaitu dengan mengonsumsi minyak ikan hiu secara rutin. Karena didalamnya sendiri terkandung sifat antikanker yang bekerja lebih efektif dlam mencegah penyakit kanker.

7. Membantu mengatasi nyeri sendi

Nyeri sendi umumnya bisa dialami akibat kurangnya daya tahan tulang persendian akibat faktor umur. Selain itu, masalah kesehatan sendi ini juga tak jarang disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam tubuh. Anda juga bisa mengatasinya dengan minyak ikan hiu selama 1-2 minggu agar efeknya terasa.

8. Mengatasi asma

Asma juga merupakan salah satu jenis penyakit yang termasduk ke dalam penyakit kronis dan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Akan tetapi anda tak perlu khawatir, apabila pengobatan medis tidak berefek, maka anda bisa mencoba menggunakan pengobatan secara tradisional seperti halnya menggunakan minyak ikan hiu, yang telah terbukti ampuh mengatasi penyakit kronis seperti asma.

9. Mengatasi infeksi luka

Apabila anda mengalami luka, maka sebaiknya segera atasi sebelum terinfeksi dan bertambah semakin parah. Namun, apabila terlanjut mengatasi infeksi, maka gunakanlah minyak ikan hiu untuk mengatasi infeksi luka tersebut. Cukup oleskan pada luka dan rasakan khasiatnya. Hal ini lantaran sifat antiinflamasi yang terdapat didalamnya mampu meregenerasi sel-sel kulit lebih cepat dan mengatasi rasa sakit.

10. Menjaga kesehatan kulit

Menurut salah satu penelitian menyebutkan, bahwa fungsi squalene yang terdapat di dalam minyak ikan hiu ini dapat memberikan nutrisi alami, khususnya untuk kecantikan kulit wajah. Seperti mampu menghalau efek negatif dari radiasi sinar UV. Selain itu, juga dapat membantu melembabkan kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, hingga mencegjh terjadinya kanker kulit dan juga mutasi genetika akibat serangan radikal bebas.

Selain dari pada itu, masih banyak kegunaan minyak hati ikan hiu bagi kesehatan. Khususnya lantaran kandungan omega-3 yang terdapat didalamnya. Seperti:

  • Memiliki sifat antipembekuan darah (trombolitik)
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Membantu meringankan gangguan moodm seperti depresi
  • Membantu menurunkan agresi
  • Membantu pasien dengan gangguan attention deficit atau hyperactivity disorder (ADHD), disleksia dan dyspraxia
  • Membantu meningkatkan memori dan keterampilan dalam belajar pada anak
  • Mengurangi resiko penyakit alzheimer
  • Pencegahan alergi pada anak
  • Nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan menyusui

Nah, itulah ulasan singkat seputar khasiat dan manfaat minyak ikan hiu bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan bagi anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *