Manfaat Minyak Essen Natural (Essential Oil) Untuk Kesehatan

Manfaat minyak essen natural ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang kesehatan. Meski begitu, hal ini nyatanya belum cukup banyak diketahui oleh masyarakat. Lalu sebenarbnya, apa saja kegunaan essential oil bagi kesehatan? Selengkapnya ketahui dalam uulasan singkat berikut.

manfaat minyak essen natural

Essen natural adalah sejenis minyak nabati alami yang diambil dari saripati tanaman. Minyak ini juga bisa diartikan sebagai cairan yang mudah menguap dan disuling dari bagian tanaman meliputi biji, bunga, buah, batang, kulit kayu, akar dan daun. Mungkin di butuhkan ratusan bunga dan daun untujk menghasilkan 1 minyak essensial.

Disamping menjadi minyak aromatik, minyak alami ini sendiri tak jarang dimanfaatkan sebagai ramuan alami hingga menjadi salah satu komposisi tambahan dalam produk herbal, sebut saja seperti QnC Jelly Gamat. Hal tersebut minyak essen natural ini dipercaya mampu menjadi alternatif perawatan berbagai masalah kesehatan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya.

Bahkan secara tradisional jenis minyak nabati ini telah digunakan sebagai anti-epilepsi, anti-histeris, anti-rematik, antiseptik, antispasmodik, mengatasi berbagai masalah pencernaan, espektoran, insektisida, obat penenang, stimulan dan vermifuge.

Khasiat dan manfaat minyak essen natural (essential oil) untuk kesehatan

Tak hanya memiliki aroma wangi, namun minyak ini ternyata benar-benar terbukti mampu menjadi alternatif untuk penobatan berbagai jenis penyakit. Adapun khasiat minyak essen natural selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai antioksidan yang kuat

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari minyak ini adalah antioksidan yang kuat. Sehingga minyak essen natural ini bisa membantu mengeluarkan berbagai racun yang ada didalam tubuh (detoksifikasi).

2. Membantu menurunkan kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi sendiri merupakan kondisi dimana kadar kolesterol didalam tubuh melambung tinggi. Jika dibiarkan, kondisi dapat berbagaya bagi kesehatan karena menyebabkan komplikasi seperti penyakit tekana darah tinggi, stroke dan lainnya. Dan minyak essen natural ini mamopu menurunkan kadar kolesterol serta mencegah berbagai jenis komplikasi.

3. Perawatan masalah tulang dan gigi

Minyak ini juga mengandung bahan yang bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan khususnya tulang, sendi dan gigi. Bahkan proses penyembuhan patah tulang juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang satu ini.

4. Memperbaiki plasma darah

Kandungan protein alami cukup tinggi yang terdapat dalam minyak ini juga dapat membantu memperbaiki keadaan plasma darah, meningkatkan kekuatan jaringan otot, hingga membantu pembentukan atau pembuatan plasma darah.

5. Meningkatkan stamina

Minyak essen juga di percaya mampu memperbaiki atau memperbaharui keadaan tenaga anda. Essen natural juga kaya akan karbohidrat, sehingga bisa mencukupi pasokan gizi dalam tubuh dengan laju yang cukup relaktif.

6. Mengatasi asam urat

Penyakit seperti asam urat juga biasa diatasi dengan minyak ini. Adapun manfaatnya memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah asam urat, lantaran tidak mengandung efek bahaya bagi tubuh.

Selain dari pada itu, minyak essensial juga umumnya digunakan untuk mengatasi rematik dan arthritis, melindunmgi terhadap septic, bertindak sebagai obat pencahar menghilangkan gas, mengusir dahak dan radang selaput lendir hidung, mengusir cacing, serangga dan kutu hingga menghangatkan tubuh. Bahkan, selain untuk terapi penyembuhan, minyak nabati ini juga sejak ribuan tahun lalu juga sering digunakan dalam upacara keagamaan.

Nah, itulah ulasan singkat terkait manfaat essen natural bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *