Manfaat Minyak Bunga Canola Bagi Kesehatan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat minyak bunga canola ternyata memiliki nilai kebaikan tersendiri bagi kesehatan. Sehingga tak heran jika bahan alami yang satu ini telah banyak di gunakan dalam produk kesehatan maupun kecantikan. Adapun untuk mengatahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.

manfaat minyak bunga canola

Sesuai dengan namanya, minyak bunga canola adalah sejenis minyak yang di hasilkan dari olahan bunga canola. Dan minyak ini sendiri masih tergolong ke dalam minyak goreng jenis nabati. Berbeda dengan jenis minyak goreng pada umumnya, minyak canola ini tidak mengandung lemak jenuh, sehingga minyak ini di ketahui memiliki peranan yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Khasiat dan manfaat minyak bunga canola untuk kesehatan

Di dalam minyak bunga canola, di ketahui presentasi kandungan lemak jenuh di dalamnya hanya sekitar 6% saja. Hal tersebut berbeda dengan minyak goreng dari kelapa yang mana kandungan asam lemak jenuhnya mencapai 92%.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa sebagian besar masyarakat di Kanada membudidayakan tanaman bunga ini untuk di olah dan di jadikan sebagai minyak non-kolesterol. Adapun selain itu, masih banyak lagi kandungan minyak bunga canola lainnya, seperti vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat, serta omega 3&6 yangopastinya sangat menyehatkan apabila di konsumsi. Adapun khasiat minyak bunga canola selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan kolaseterol

Seperti yang di jelaskan sebelujnya bahwa jenis minyak ini mengadung kadar kolesterol yang sangat rendah sekali. Hal ini tentunya menguntungkan bagi mereka yang kini tengah menderitamkolsterol tinggi. Kolesterol sendiri di ketahui dapat menyumbat arteri dan menyimpan beban yang berat bagi kardiovaskular. Kolesterol juga telah terbukti sebagai kontributor utama penyebab aterosklerosis yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan juga stroke.

2. Menjaga kesehatan jantung

Minyak canola di ketahui mengandung omega 3 yang sering kali dianggap sebagai kolesterol baik, dan juga omega-6 yang kerap di hubungkan dengan kolesterol jahat. Namun meski demikian kita tetap memerlukan kedusnya asalkan dengan perbandingan yang pas, yaitu 2:1. Selain itu, di dalam minyak bunga canola ini juga terkandung sterol yang mana dapat membantu mengurangi pembentukan dan penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan lain. Hal ini tentu akan semakin memperingan kinerja jantung dan semakin menyehatkannya.

3. Menjaga kesehatan kulit

Seperti pada minyak nabati lainnya, minyak canola juga kaya akan kandungan vitamin E, yang mana merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin ini sendiri merupakan vitamin yang mengandung antiokidan yang sangat efektif untuk melindungi kulit dari keruksakan efek radikal bebas. Maka dengan begiotu, kulit akan tetap luntur dan halus, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi muncuknya noda, mengurangi noda dan bekas jerawat, menghilangkan keriput hingga membaut nampak lebih muda.

4. Melindungi membran sel/ selaput lendir

Vitamin E juga di kenal dengan antioksidan yang larut lemak. Hal tersebut berarti dapat melindungi integritas membran sel di seluruh tubuh. Selaput lndiri sendiri nyatanya sanat penting untuk melindungi tubuh kita dari zat asing yag juga merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh kita.

5. Meningkatkan fungsi otak

Seiring dengan bertambahnya usia, pada umumnya sering kali di sertai dengan penurunan fungsi kognitif yang di manifestasikan dalam kondisi seperti penyakit alzheimer dan juga demensia. Namun, jika sejak dini kita mulai memanfaatkan antiokisan yang terdapat di dalam minyak bunga canola, maka keruksakan pada otak akibat radikal bebas bisa di cegah. Sehingga dapat mematikan koneksi saraf yang dapat menyebablan kondisi bahaya.

6. Mencegah diabetes

Selain baik untuk kesehata jantung, lemak jenuh tunggal yang terdapat di dalam minyak bunga canola ini di ketahui dapat menjaga kadar glukosa di dalam tubuh tetap normal. Kondisi tersebut tebntunya kemungkinanan terkena diabetes semakin kecil, akibat kadar glukosa yang tetap seimbang.

7. Melawan kanker

Selain manfaat daun sirsak, minyak bunga canola juga di kenal mampu menghambat pertumbuhan kanker di tubuh. Antioksidan berupa vitamin E yang terdapat di dalam minyak bunga canola ini di ketahui sangat efektf dalam melawan kanker. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan sel-sel-sel sehat bisa bermutasi menjadi sel kanker. Sehingga asupan tinggi seperti asupan tinggi vitamin E yang terdapat dalam minyak ini mampu mengurangi kemungkinan terkena kanker, bahkan mampu memperlambat perkembngan kanker yang telah muncul.

Nah, itulah berbagai khasit dan manfaat minyak bunga canola bagi kesehatan. Semoga apa yang elah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *