Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah Menurut Ahli

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat madu untuk kesehatan tentunya tidak perlu di ragukan lagi. Namun, bagi anda yang belum mengetahui dan memahami benar akan khasiat dari si cairan manis ajaib ini, ada baiknya anda menyimak uraian lengkap dengan penjelasan para ahli berikut.

manfaat madu

Siapa yang tak kenal dengan dengan si cairan manis yang satu ini? ya, madu (Mel depuratum) adalah bahan alami terbaik yang di hasilkan oleh alam. Madu yang memiliki warna coklat keemasan ini merupakan kumpulan nektar tanaman yang telah bercampur dengan saliva atau air liur lebah, yang kemudian di simpan di dalam sarangnya.

Menurut penelitian dari berbagai ahli, madu sendiri terdiri dari 3 komponene senyawa utama, seperti glukosa, fruktosa dan juga air. Adapun selain dari pada itu, madu juga mengandung berbagai senyawa nutrisi yang di antaranya seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk didalamnya niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, potassium dan juga zinc.

Karena berbagai kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya itulah, cairan manis ini juga sering kali di juluki dengan sebutan “cairan ajaib” yang mana di ketahui memiliki berbagai macam khasiat yang terkenal untuk kesehatan dan pengobatan berbagai jenis penyakit.

Khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan secara menyeluruh menurut para ahli

manfaat madu

Terdapat banyak sekali khasiat dari madu yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwasannya madu memiliki pengaruh kuat terhadap sistem kekebalan tubuh manusia. Berdasarkan penelitian Abuharfeil et al., pada tahun 1999 berpendapat bahwasannya madu dapat merangsang pembentukan sel-sel imun natural killer, sel limfosit B dan T yang mana berfungsi untuk menangkal berbagai serangan penyakit.

Selain dari pada itu, menurut penelitian lainnya yang di lakukan pada tahun 2004 oleh Al-Waili and haq berhasil membuktikan bahwasannya madu dapat merangsang antibodi yang di perlukan dalam proses penyembuhan dalam tubuh. Maka dari itu, dengan mengonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mempercepat masa penyembuhan.

2. Meredakan batuk

Menurut sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicone yang mana setidaknya melibatkan 139 anak, menemukan bahwasannya madu sangat efektif dalam mengatasi batuk. Senyawa Dekstrometorfan (DM) yang terdapat di dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari, terlebih pada anak-anak dan juga meningkatkan kualitas tidur mereka.

Adapun menurut studi lain yang pernah di publikasikan di Pediatrics yang di dalakukan pada 270 anak berusia 1-5 tahun yang mengalami batuk di malam hari karena pilek, di ketahui anak-anak yang minum 2 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk di bandingkan dengan anak-anak yang tidak meminum madu.

3. Meningkatkan daya ingat

Dari hasil sebuah penelitian yang di lansir dari Reuters, 102 wanita usia menopause di wajibkan mengonsumsi 20 gram madu setiap hari. Dan setelah empat bulan berselang, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata di ketahui daya ingat jangka pendeknya meningkat.

4. Mencegah diabetes

Bagi anda yang ingin terhindar atau tengah menderita diabetes ada baiknya anda mengganti gula dengan madu. Madu sendiri di ketahui mengandung senyawa gula alami yang lebih aman di konsumsi jika dibandingkan dengan gula pasir atau sukrosa.

Hal tersebut di sebabkan oleh indeks glikemik yang di miliki oleh madu jauh lebih rendah di bandingkan dengan jenis gula lainnya seperti sukrosa, Seperti halnya yang pernah di sebutkan dalam penelitian Shambaught et al., pada tahun 1990, Indeks Glikemik (IG) adalah skala yang menyatakan kecepatan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga dengan kata lain, mengganti gula dengan madu dapat menurunkan resiko penyakit diabetes dan mengendalikan kadar gula dalam darah.

5. Menyembuhkan luka

Manfaat madu lainnya yang tak kalah luar biasa adalah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut di karenakan di dalamnya mengandung antiseptik berupa enzim glukosa okside yang mana mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terluka. Selain itu, di dalamnya juga terdapat antioksidan yang mamapu menangkal infeksi bakteri staphylococcus aureus yang dapat memperparah luka.

Menurut Dr. Dixon dalam majalah Dis Lancet Infect pada bulan Februari 2003, menegaskan bahwa adanya kekuatan besar yang terdapat di dalam madu untuk mengalahkan bakteri, yang mana bakteri tersebut tidak mampu bertahan hidup dalam madu. Maka di anjurkan untuk menggunakan madu dalam mengobati berbagai jenis luka terutama luka bakar.

6. Membantu meningkatkan stamina

Pada zaman dahulu, para atlet Yunani sering kali mengonsumsi madu dan telur sebelum mereka bertanding di olimpiade untuk meningkatkan stamina dan juga level energi.

Hal tersebut lantas di buktikan di kemudian hari oleh seorang ilmuwan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 39 orang atlit. Atlit yang di beri asupan protein dan madu di laporkan memiliki tingkat energi dan juga stamina yang lebih baik di bandingkan dengan mereka yang hanya memperoleh asupan protein. Maka dari itu, bagi anda yang ingin memiliki stamina optimum setiap hari jangan lupa untuk menyempatkan diri mengonsumsi 1 sendok madu di pagi hari ya!

7. Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya mampu meningkatkan stamina, manfaat madu lainnya juga ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Hal tersebut lantaran di dalam madu sendiri terkandung senyawa aktif antioksidan yang memiliki peranan penting dalam menurunkan kadar kolesterol.

Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwasannya mengkonsumi madu secara rutin dalam 2 minggu berturut-turut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 8%.

8. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia yang mana dapat di alami oleh siapa saja. Bahkan berdasarkan data World Health Organization (WHO) angka pengidap penyakit jantung meningkat setiap tahunnya.

Bagi anda yan ingin terhaindar dari penyakit mematikan ini, anda cukup dengan mengonsumsi madu setiap hari. Antioksidan yang terdapat di dalam madu sendiri dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel jantung serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Jika kolesterol jahat terakumulasi dalam dinding pembuluh arteri, maka dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Madu juga di ketahui mengandung potassium dan zinc yang ikut berperan dalam mengatur detak jantung dan juga tekanan darah normal.

9. Mencegah keruksakan hati

Pola hidup yang tidak sehat seperti halnya sering mengonsumsi alkohol berlebih dapat menimbulkan efek negatif dan juga merusak organ hati dalam jangka waktu yang lama. Namun, dengan mengonsumsi madu dapat membantu proses detoksifikasi alkohol atau senyawa etanhol dalam darah.

Hal tersebut seseuai dengan sebuah penelitian yang menyebutkan mengkonsumsi madu setelah minum alkohol dapat mempercepat proses eliminasi ethanol dan menghilangkan efek negatif alkohol dalam tubuh.

10. Mencegah tumor dan kanker

Tak banyak yang mengetahui bahwasannya manfaat madu juga sangat baik dalam mencegah timbulnya tumor dan kanker dalam tubuh. Madu sendiri mengandung senyawa antimutagenic yang mampu mencegah zat-zat berbahaya masuk ke dalam jaringan dan menyebabkan mutasi sel.

Penelitian juga menyebutkan bahwasannya senyawa antitumor yang terdapat di dalam madu dapat memicu apoptosis pada sel tubuh yang rusak serta mencegah proses metastasisi sel kanker. Apoptosis sendiri adalah merupakan mekanisme bunuh diri yang di lakukan oleh sel yang termutasi agar sel tersebut tidak berkembang menjadi penyakit kanker. Sementara metastasis adalah proses penyebaran sel kanker dari suatu organ ke organ lainnya melalui peredaran darah.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat madu lainnya, baik itu untuk kesehatan, kecantikan, wajah, ibu hamil, ibu menyusui, rambut dan lainnya. Beberapa diantaranya seperti:

  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengatasi sariawan akibat radiasi
  • Mengatasi masalah kekurangan gizi
  • Mengatasi alergi
  • Meringankan asma
  • Mencegah penyakit alzheimer
  • Meningkatkan kesuburan
  • Meningkatkan berat badan
  • Mencegah dan menghilangkan jerawat
  • Menghitamkan dan membuat rambut menjadi lebih kuat
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Menghilangkan jerawat
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Madu sendiri baik di konsumsi atau di manfaatkan secara tunggal maupun di padu padankan dengan menggunakan beberapa bahan alami lainnya seperti jeruk nipis, telur, jahe, lemon, teh, kopi hingga air hangat.

Namun meski manfaat madu telah kita ketahui sangat melimpah ruah, anda harus tetap memastikan beberapa hal agar manfaat yang terdapat di dalamnya tetap optimal. Seperti memastikan madu yang anda konsumsi merupakan madu murni dan aman, terlebih jika ingin memberikannya pada bayi maupun balita. Selain itu, padtikan madu tersimpan dalam wadah maupun botol yang tertutup rapat di tempat yang memiliki suhu normal. Ada baiknya hindari menyimpan madu di dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *