Fakta Seputar Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan Dan Kesuburan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat kurma muda memang tengah menjadi perbincangan halayak luas pada saat ini. Mengingat buah yang satu ini, di percaya memiliki khasiat luar biasa terutama untuk kesehatan bahkan kesuburan. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat kurma muda untuk kesehatan dan kesuburan itu benar? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

manfaat kurma muda

Selain terkenal akan produksi minyak buminya yang begitu melimpah, negara timur tengah juga sangat terkenal dengan salah satu buah andalannya yakni kurma. Dan ya, buah manis yang satu ini hanya dapat tumbuh didaerah dengan suhu tinggi seperti timur tengah. Meski begitu, peredaran kurma sendiri telah sampai ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Bahkan karena kepopulerannya, kini telah banyak di jumpai beragam olahan dari kurma. Termasuk yang telah dicampur dengan bahan alain yang membuatnya semakin kaya akan manfaat. Kurma sendiri diketahui terdiri dari beberapa jenis. Sebut saja seperti kurma ajwah, deglet noor, amer hajj dan lain. Namun masih ada jenis kurma yang unik, yakni kurma ruthob atau yang sering dikenal dengan istilah kurma muda.

Mungkin biasanya kita sering mengonsumsi kurma dalam keadaan yang sudah matang. Berbeda halnya dengan kurma muda yakni kurma yang belum masak. Namun jangan salah, kurma muda juga kini tengah cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat lantaran diketahui memiliki banyak sekali khasiat. Baik untuk kesehatan, kecantikan terutama untuk kesuburan. Sehingga tak jarang jenis kurma ini menjadi incaran pasangan suami istri yang baru menikah maupun yang sejak lama mendambakan momongan.

Di dalam kurma muda sendiri diketahui banyak mengandung vitamin dan kandungan baik lainnya. Adapun beberapa diantaranya seperti zat besi, kalsium, klorida, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, tidaklah salah jika kurma muda disebut-sebut memiliki berbagai khasiat luar biasa, baik untuk kesehatan bahkan kesuburan wanita.

Fakta seputar manfaat kurma muda yang baik untuk kesehatan dan kesuburan

Pada dasarnya kita sering kali menjumpai kurma muda kuning. Namun selain itu, ada juga kurma muda merah dan kurma muda hijau yang mana semuanya memiliki berbagai manfaat yang sama baiknya. Berikut adalah berbagai fakta terkait khasiat kurma muda yang memang baik dikonsumsi untuk kesehatan dan kesuburan

1. Mendetoks tubuh

Salah satu diantara manfaat kurma muda bagi kesehatan adalah untuk mendetoks tubuh. Sehingga tak sedikit ahli islam menyarankan unruk mengonsumsi kurma muda dan kurma biasa dalam waktu yang bersamaan. Kurma muda sendiri memiliki tektur yang kering dan dingin. Sedangkan kurma biasa memiliki tekstur yang lembab dan hangat. Dan perbedaan sifat kedua kurma tersebut dipercaya mampu mentralkan obat, makanan hingga racun yang masuk ke dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Mungkin tak banyak dari pada penggemar kurma muda mengetahui manfaat yang satu ini. Adapun yang menjadi alasannya dikarenakan didalam kurma muda sendiri terkandung vitamin A serta antioksidan dalam jumlah yang cukup besar. Sehingga kurma ruthob ini dipercaya memiliki keistimewaan untuk maya. Maka dari itu, Anda bisa mengkonsumsi kurma muda secara rutin supaya fungsi mata Anda selalu dalam kondisi prima.

3. Meningkatkan daya ingat

Apabila Anda kita mulai menjadi pelupa meski usia Anda masih muda, Anda sebaiknya mengonsumsi kurma muda secara teratur. Karena kandungan kalium yang terkandung didalamnya sangat tinggi, dimana zat ini sangat di butuhkan oleh otak. Sehingga rutin mengonsumsi kurma muda secara teratur, maka kinerja otak Anda bisa lebih maksimal sekaligus daya ingat Anda menjadi meningkat.

4. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Selain mengonsumsi obat darah tinggi, ternyata mengonsumsi 5 buah kurma muda setiap harinya bisa menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi lho. Hal ini dikarenakan jenis kurma ini mengandung kalium yang sangat tinggi. Zat alami tersebut diketahui dapat menekan natrium (garam) berlebih yang biasanya dimiliki oleh pasien darah tinggi. Selain itu, didalamnya juga terkandung magnesium yang mana mineral ini mampu menjaga pembuluh darah tetap lebar, sehingga darah tetap bisa mengalir tanpa hambatan.

5. Meningkatkan kesuburan atau promil

Selain manfaat buah zuriat, manfaat kurma muda untuk keseburan ini memang telah populer khususnya di kalangan para wanita. sehingga bukan rahasia lagi jika kurma ini bermanfaat untuk membantu wanita yang cepat ingin hamil. Didalam kurma muda sendiri diketahui terkandung zat hormon botosin yang mana berfungsi untuk merangsang gerak peristaltik didalam pembuluh darah dan rahim wanita. Dan hal inilah yang menyebabkan kurma muda mampu meningkatkan kesuburan khususnya pada wanita.

6. Mencegah kanker

Tak hanya menyehatkan mata, kandungan vitamin A yang terdapat didalam kurma muda juga ternyata bisa menjadi tameng untuk diri Anda agar terhindar dari kanker paruu-paru dan kanker rongga mulut. Bahkan sejumlah penelitianpun telah dilakukan. Seperti salah satunya penelitian yang dilakukan oleh dr. Arshad H Rahmani dari Qassim University. Beliau menyataan bahwasannya kurma memiliki ifat anti-kanker yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker.

Selain dari pada itu, buah kurma juga diketahui mengandung senyawa beta D-glucan (zat antioksidan) yang memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercapat perkembangan sel kanker. Dan studi ini telah diterbitkan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine.

7. Mencegah pendarahan di rahim

Tak hanya mampu meningkatkan hormon supaya cepat hamil, manfaat kurma muda yang lainnya ialah mampu mencegah terjadinya pendarahan. Kanduhngan hormon biostin yang terkandung didalamnya juga mampu mencegah terjadinya masalah serius pada rahim seperti halnya pendarahan.

8. Membantu melancarkan proses kelahiran

Mengonsumsi kurma muda selama kehamilan juga diketahui berkhasiat untuk memperlancar proses kelahiran bayi. Kandungan hormon oksitosin didalamnya bermanfaat untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim. Untuk itu, sebaiknya Anda rajin mengonsumsi kurma muda terutama saat kehamilan masuk ke trimester ke tiga ya.

9. Melancarkan prosuksi ASI

Ini merupakan salah satu manfaat kurma muda untuk ibu menyusui. Jika orang Indonesia menggunakan daun katuk untuk melancarkan prosuksi ASI, maka Anda juga bia melakukannya dengan mengonsumsi kurma muda. Hal ini sendiri lantaran kandungan oksitosin yang dapat memperbanyak prosuksi ASI.

10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Tak jarang wanita timur tengah rajin mengonsumsi kurma muda untuk menjaga kecantikan mereka. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung vitamin C yang mampu menjaga keelastisan dan kekencangan kulit, serta mampu menghidrasi kulit dengan baik. Kurma juga dapat berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok lantaran mengandung vitamin B. Sehingga selain mengonsumsi kurma muda kering ataupun kurma muda segar secara langsung, tak sedikit juga yang menggunakan minyak satau sari kurma muda untuk perawatan.

Nah itulah berbagai manfaat kurma muda untuk kesehatan hingga keseburan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat kurma muda yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya seperti mencegah stroke, diabetes, baik untuk penderita kista, menyehatkan sperma pria, melancarkan haid dan masih banyak lagi. Adapun untuk mengetahui cara mengonsumsinya yang tepat silahkan klik: Cara Konsumsi Kurma Muda. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesehatan dapat bermanfaat dan membantu Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *