Manfaat Kunyit Putih Untuk Wasir Dan Kesehatan Menyeluruh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat kunyit putih atau temu putih bagi kesehatan tentunya bukan rahasia umum lagi. Bahkan rimpang alami ini  dipercaya mampu mencegah hingga mengatasi kanker dengan sederet kandungan yang terdapat didalamnya. Selain itu, tahukah anda? kunyit putih juga dipercaya mampu mengatasi penyakit wasir atau ambeien juga lho. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya simak ulasan singkat berikut.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Wasir Dan Kesehatan Menyeluruh

Kunyit putih (curcuma mangga) adalah tanaman rempah dan juga obat tradisional yang telah dikenal oleh banyak orang lantaran beragam khasiat yang dikandungnya. Sehingga tak heran jika tanaman ini sendiri kini cukup banyak dibudidayakan terutama di Indonesia.

Meski kunyit putih tidak bisa digunakan sebagai bumbu masak, layaknya seperti manfaat kunyit pada umumnya, namun di luar itu, kunyit putih juga memiliki kegunaan yang beragam mulai dari kecantikan, kesehatan hingga pengobatan penyakit kronis seperti wasir.

Kandungan dalam kunyit putih

Menurut sejumlah penelitian yang telah banyak dilakukan, tak heran jika tanaman ini diketahui memiliki manfaat yang melimpah bagi kesehatan. Hal tersebut diakarenakan kunyit atau temu putih sendiri mengandung berbagai senyawa aktif lami seperti berikut.

  • Zat curcumin, zat ini sendiri diknal sebagai zat yang dapat mengatasi inflaamasi atau peradangan
  • RIP (Ribozom Inacting Protein), zat ni sendiri memiliki kegunaan dalam mencegah, merontokan, memblokir dan juga menonaktifkan sel kanker tanpa merusaka sel sehat disekitarnya.
  • Zat antilipid peroksida, yakni kandungan senyawa alami yang dapat membantu pengobatan darah tinggo, asam urat, diabetes dan juga jantung koroner.
  • Flvonoid, sapoinin. yang bermanfaat untuk menigkatkan daya tahan tubuh (immunomodulator).

Selain dari pada itu, kunyit putih juga memiliki sifat sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antikanker dan hepatoprotektor.

Khasiat dan manfaat kunyit putih untuk wasir

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, bahwasannya kunyit putih ini mengandung senyawa antiinflamasi yang mana dikenal cukup efektif dalam mengatasi wasir atau ambeien. Kandungan tersebut juga mengundang banyak perhatian medis, karena kemampuannya yang cepat dalam menghilangkan peradangan akibat wasir.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Wasir Dan Kesehatan MenyeluruhAdapun Wasir atau dalam istilah medisnyandikenal dengan nama hemoroid ini merupakan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Adapun pembuluh darah yang terkena wasir berada didalam atau disekitar bokong, yakni didalam rektum anus.

Pada wasir atau ambeien yang bersifat ringan biasanya tidak menimbulkan gejala. Adapun jika menimbulkan gejala wasir timbul, kondisi yang sering terjadi berupa pembengkakan, rasa nyeri dan kemerahan disekitar anus, terdapat lendir atau pendarahan setelah BAB, benjolan yang tergabntung di luar anus dan njuga gatal-gatal disekitar anus.

Adapun untuk memanfaatkan kunyit putih dalam pengobatan ambeien, ada 4 cara paling jitu untuk menggunakannya diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kunyit putih dengan minyak zaitun

Ramuan alami untuk wasir yang pertama bisa anda buat dengan cukup mudah. Anda cukup memanaskan 1 sendok makan minyak zaitun dan parutan kunyit putih diatas wajan. Kemudian anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian ambeien yang membengkak. Ulangi ini sebanyak 3 kali sehari agar peradangan bisa cepat hilang dengan cepat.

Adapun untuk mencegah wasir keluar saat BAB, anda bisa menggunakan ramuan ini 5 menit sebelum masuk WC. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa hal ini dapat mempermudah anda buang air besar dan tidak sembelit.

2. kunyit putih dengan lidah buaya

Anda bisa mencampurkan kunyit putih yang dicampur dengan gel lidah buaya yang telah anda keluarkan dari batangnya. Setelah itu, anda bisa mencampurkan sebanyak 1/2 sdt kunyit dan 1 sdm gel lidah buaya, yang kemudian di aduk rata. Gunakan ramuan ini dengan cara mengoleskannya pada dubur sebelum tidur. Hal ini bisa diserap oleh kulit dan menyembuhkan peradangan wasir.

3. Kunyit putih dengan minyak samin

Untuk caranya, anda bisa mencampurkan parutan kunyit putih dengan minyak tanpa kemudian harus dipanaskan. Setelah itu, anda cukup mengoleskannya pada bagian anus terutama setelah Buang air besar. Setelah 2-3 jam, anda kemudian bisa langsung membersihkannya dan dianjurkan mengulanginya hingga wasir anda hilang.

4. Kunyit putih dan daun ungu

Perpaduan dari kedua bahan alami ini telah terbukti memang memiliki khasiat khusus untuk masalah wasir. Sehingga tanpa harus ribet membuat ramuannya. Kini telah hadir produk kesehatan wasir alami yang mampu menuntaskan ambeien secara ampuh tanpa efek samping yakni dengan Walatra sehat wasir.

Ingin mengetahui secara detail produk kesehatan yang satu ini? Buruan cek disini : Walatra Sehat wasir

Adapun selain efektif untuk pengobatan wasir, khasiat kunyit putih juga baik untuk kesehatan lainnya. seperti:

  • Mengobati keputihan pada wanita
  • Mengatasi penyakit miom dan kista
  • Meningkatkan kesuburan
  • Baik pengobatan asam urat
  • Mengatasi penyakit asam lambung atau maag
  • Membantu mengatasi penyakit batu empedu
  • Menjadi alternatif pengobatan untuk penyakit gagal ginjal
  • Membantu mengatasi penyakit gondok
  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Membantu mengatasi sesak napas
  • Membantu mengatasi nyeri haid
  • Membantu meningkatlan nafsu makan
  • Membantu menjaga kesehatan liver
  • Membantu menjaga kecantikan kulit wajah
  • Membantu menghilangkan jerawat

Bahkan yang lebih luara biasanya lagi, kunyit putih juga memiliki khasiat untuk mencegah bahkan mengatasi berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, serviks dan lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat kunyit putih untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *