Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan nyatanya sangatlah luar biasa. Salah satu diantaranya dipercaya mampu membantu mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya yang pada umumnya sulit untuk di obati. Tak jarang, kulit manggis juga di jadikan sebagai bahan herbal untuk terapi pengobatan kanker.

manfaat kulit manggis

Tak hanya buahnya yang lezat untuk di makan, ternyata bagian kulit manggispun kini telah banyak di manfaatkan. Bahkan mungkin hampir semua orang telah mengetahui betapa fenomenalnya khasiat kulit manggis dari berbagai media sosial online maupun offline.

Dan patut untuk anda ketahui, bahwasannya di dalam kulit manggis sendiri terkenal akan kandungan senyawanya yang bernama xhanton. Senyawa tersebut di kenal memiliki kebaikan tersendiri untuk kesehatan seperti mencegah diabetes, kanker hingga melawan radikal bebas yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Selain itu, di dalamnya juga terkandung sejumlah kandungan lainnya seperti antioksidan dan antimikroba.

Kandungan dan nilaigizi yang terdapat di dalam kulit manggis

Mangosteen (Gracinia mangostana), fresh, Nutrition value per 100 g
(Source: USDA National Nutrient data base)

Principle Nutrient value Percentage of RDA
Energi 63 kcal 3%
Carbohydrates 15.6 g 12%
Protein 0.50 g 1%
Total fat 0,4 g 2%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary fiber 5.10 g 13%
 Vitamins
Folates 31 µg 8%
Niacin 0. 286 mg 2%
Pantothenic Acid 0.032 mg < 1%
Pyridoxine 0.041 mg 3%
Riboflavin 0.054 mg 4%
Thiamin 0.054 mg  4.50 %
Vitamin A
35 IU 1%
Vitamin C
7.2 mg 12%
 Electrolytes
Sodium 7 mg 0.50%
Potassium 48 mg  1%
 Mineral
Calsium 5.49 mg 0.5%
Copper 0.069 mg 7%
Iron 0.17 mg 2%
Magnesium 13.9 mg 3.50%
Manganese 0.10 mg 4%
Phosphorus 9.21 mg 1%
Zinc  0.12 mg 1%
 Pyto-Nutrients
 Carotene – α 1 µg  —
 Carotene – ß 16 µg  —
 Cryptoxhantin – ß  9 µg  —

Pada gambar di atas, anda bisa melihat kandungan manggis dalam sajian 100 gram (Sumber: USDA National Nutrient data base)

Kulit manggis sendiri di ketahui mengandung lebih dari 40 senyawa kimia alami bernama xhantones. Beberapa diantaranya terdapat alpha mangostin, gamma-mangostin dan juga garcinone E.

Xhantones sendiri di sebut-sebut sebagai antioksidan paling efektif yang pernah di temukan pada saat ini. Adapun selain dari pada itu, di ketahui juga berbagai senyawa bermanfaat lainnya seperti catechin, poluisakarida, kuinon, stilbene dan polifenol.

Bahkan tak cukup sampai disitu, di dalamnya juga kaya akan serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B kompleks (tiamin,niacin, asam folat) serta potassium yang tinggi.

Sehingga tak heran, dengan berbagai kandungan yang di milikinya herbal yang satu ini memiliki begitu banyak khasiat bahkan kini banyak produk kesehatan yang menggunakan herba yang satu ini sebagai salah satu komposisi pembuatannya.

Khasiat dan manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan pengobatan

Dan berikut adalah berbagai khasiat kulit manggis yang mana baik untuk kesehatan anda dan sangat sayang jika anda lewatkan.

1. Mencegah hingga mengobati kanker

Luar biasa! memang itulah hasil berbagai penelitian yang telah di lakukan terhadap kulit manggis, dan ternyata kulit manggis mampu mencegah pertumbuhan sel kanker hingga mengahancurkannya untuk menghindarkan penderitanya dari stadium kanker lanjutan. Kandungan senyawa xhantones yang terdapat di dalam kulit manggis di antara memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis yang mana merupakan ‘senjata masal’ terhadap penyakit kanker yang efektif untuk melakukan pencegahannya.

2. Mencegah penyakit jantung

Baik kanker maupun penyakit jantung adalah 2 penyakit yang tergolong paling mematikan di dunia. Namun dengan kulit manggis, kedua masalah ini bisa di atasi.

3. Mengatasi diare

Kulit manggis juga sangat ampuh untuk mengatasi diare. Hal tersebut lantaran di dalamnya terkandung senyawa yang sangat baik untuk fungsi pencernaan tubuh dan menghilangkan bakteri penyebab diare.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang aktif dalam kulit manggis di kenal sangat ampuh untuk meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit dan membuang radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

5. Mengobati diabetes

Penyakit diabetes yang parah dan tidak mendapatkan sama sekali merupakan cikal bakal penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Dan kulit manggis inilah adalah salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi diabetes dengan cara mengurangi dan membawa kadar gula darah melalui air seni.

6. Mengatasi gangguan haid

Jika anda ingin mengatasi gangguan haid seperti halnya nyeri yang tak tertahankan, telat datang bulan dalam jangka waktu cukup lama dan tidak teratur atau hanya sedikit, anda sebaiknya mencoba olahan kulit manggis untuk mengatasi berbagai permasalahan haid tersebut.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat dari kulit manggis untuk kesehatan hingga pengobatan penyakit, seperti:

  • Mencegah penyakit gusi
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengatasi penyakit TBC
  • Membantu mencegah disentri
  • Mengatasi efek samping ketidak toleranan laktosa
  • Membantu mencegah penyakit inflamasi kronik
  • Mencegah gejala dan keluhan lupus
  • Mengurangi penyakit lemah otot yang parah
  • Meringankan asma
  • Mengatasi alergi makanan
  • Membantu mencegah gagal ginjal
  • Meningkatkan stamina tubuh
  • Menurunkan kolesterol
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan selain untuk kesehatan, kulit manggis juga di ketahui sangat baik untuk meningkatkan kecantikan kulit di antaranya mampu meremajakan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Cara pengolahan kulit manggis untuk hasil yang sempurna

Pemanfaatan kulit manggis untuk kesehatan, bisa di lakukan secara tunggal maupun di kombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti dengan manfaat daun sirsak yang juga khasiatnya terkenal sangat baik untuk kesehatan. Dan yang perlu anda perhatikan disini, cara pengolahannya yang baikpun perlu di ketahui. untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anda perlu melakukan pengekstrakan pada kulit manggis secara sempurna dan benar.

Apabila anda kini tidak ingin repot, rahasia kesehatan kulit manggis kini telah tersedia dalam kemasan produk herbal dengan standar nano teknologi walatra berry jus. Dapatkan produknya yang asli hanya disini!

Sekin informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Semoga apa yng telah kmi sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *