Manfaat Kolagen (Collagen) Untuk Tubuh dan Kesehatan Menyeluruh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat kolagen bagi kecantikan dan perawatan nyatanya tak dapat dielakan lagi. Sehingga beberapa tahun bekalangan ini, kolagen menjadi laku keras sebagai komponen pendukung dalam berbagai produk perawatan tubuh, seperti halnya sampo dan juga pelembab kulit. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan sebagian besar orang belum mengetahui yang sebenarnya, apa itu kolagen? dan apa saja manfaat kolagen sehingga keberadaannya pada saat ini begitu populer?

manfaat kolagen

Kolagen adalah sejenis protein berserat dan tak larut. Di dalam tubuh manusia sendiri, jenis protein ini jumlahnya cukup berlimpah hingga 30% dari total keseluruhan semua protein. Hal tersebut tak lain dikarenakan fungsi kolagen sendiri menjadi fondasi utama dari pada tulang, kulit, urat, ligamen dan sendi untuk memberikannya struktur serta kekuatan. Selain itu, kolagen juga nyatanya di temukan diberbagai organ tubuh lainnya, termasuk pembuluh darah, kornea mata dan juga gigi.

Jika diibaratkan, kolagen sendiri menjadi sebuah lem yang mana dapat merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan yang kuat. Bahkan kata kolagen sendiri pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani, yakni “Kolla” yang berarti lem atau perekat. Sehingga disini, kolagen juga memiliki peranan penting dalam proses pembentukan sendi dan memaksimalkan kinerja sendi itu sendiri.

Selain dalam tubuh, kolagen juga nyatanya bisa kita temukan dalam berbagai jenis heawan, aneka sayuran dan buahan-buahan dan berbagai jenis makanan lainnya. Adapun beberapa makanan yang dipercaya mengandung kolagen diantaranya seperti stoberi, wortel, alpukat, paprika merah, tomat, bawang bombay, kentang, delima, anggur dan kacang-kacangan.

Manfaat kolagen (Collagen) Untuk tubuh dan kesehatan secara menyeluruh

Sejatinya, kolagen sendiri merupakan zat yang mudah dipecah oleh tubuh. Meski belum banyak penelitian yang tersedia terkait suplemen kolagen, namun beberapa diantaranya menujukkan bahwa manfaat kolagen mungkin termasuk:

1. Mengurangi keriput dan garis halus di kulit

Seiring dengan bertambahnya usia yang menyebabkan terjadinya penipisan kolagen alami tubuh, garis halus dan juga keriput dapat timbul di berbagai tempat dimana kulit sering kali bergerak. Misalnya saja, pada persendian, dahi, bibir dan juga mata. Penggunaan krim antiaging juga sunblock serta suplemen kolagen dipercaya mampu membantu mengurangi salah satu gejala penuaan dini tersebut. Termasuk juga dapat mempercepat proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.

Bahkan selain dari pada itu, kini telah hadir suntikan kolagen di dokter kulit yang mana digunakan sebagai filler untuk memperbaiki kontur kulit wajah yang kendur dan juga berkeriput akibat penuaan. Suntikan kolagen tersebut juga dipercaya mampu menghapus bekas luka dangkal (termasuk bekas jerawat).

2. Meningkatkan kesehatan rambut

Membuat rambut menjadi semakin sehat juga menjadi salah satu dari sekian khasiat kolagen yang tidak boleh di lewatkan. Kolagen sendiri menjadi komponen pertama dalam pertumbuhan rambut. Kolagen juga berfungsi untuk melawan radikal bebas yang mampu mempengaruhi tekstur, pertumbuhan dan juga ketebalan rambut.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Suplemen yang berbahan kolagen juga mampu memperkuat struktur pembuluh darah dan juga meningkatkan elastisitasnya. Maka dengan begitu, manfaat kolagen ini mampu membentengi pembuluh darah serta mampu membantu meningkatkan aliran darah dari dan menuju jantung. Dan semakin lancar peredarah darah Anda, maka semakin banyak pula oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit sehingga penampilan kulit Anda menjadi nampak sehat, muda dan juga bercahaya.

4. Mempercepat penyembuhan luka dan cidera

Kolagen sangat di perlukan sekali dalam memperbaiki juga membangun kembali jaringan ikat, una mendukung perkembangan otot, kulit dan persendian yang kuat. Selain itu, kolagen juga mampu memperkuat struktur tulang, urat, tulang rawan dan juga ligamen, Maka dengan begitu, mengonsumsi suplemen kolagen mampu mendorong masa otot untuk meregenerasi dan juga membantu Anda menjadi lebih cepat pulih dari cedera khususnya akibat olahraga.

5. Meringankan sakit rematik

Rematik merupakan peradangan yang terjadi pada persendian yang umumnya menyebabkan setiap pergerakan anggota gerak tubuh menjadi terasa sangat sakit dan juga terbatas. Sehingga fungsi dari kolagen ini mampu meningkatkan kelancaran mobilitas sendi dan juga mengurangi sakitnya.

6. Mengurangi selulit

Selili umumnya terjadi pada saat jaringan lemak mendesak ke atas menembus serta hingga ke lapisan teratas kulit. Dan hasilnya, penampilan kulit yang tampak bergelombang dan juga tidak merata. Suplemen kolagen juga dapat membantu mengurangi selulit langsung dari dalam tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk mempromosikan percepatan proses perbaikan dan regenerasi dari serat dalam kulit yang rusak.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat kolagen baik untuk tubuh maupun kesehatan lainnya. Diantaranya menyehatkan kuku, meningkatkan kesuburan, program kehamilan, mengencangkan payudara, melancarkan pencernaan, mengontrol nafsu makan, mendukung nutrisi pada otak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tahukah Anda?

 

Tak cukup dengan apa yang telah disampaikan diatas, kolagen juga terkenal memiliki sejumlah manfaat yang istimewa untuk kecantikan dan kulit wajah. Tak heran jika kini banyak sekali produk kecantikan khususnya berbahan kolagen ikan atau kolagen sapi bermunculan. Seperti sabun kolagen, suplemen kolagen, kolagen cair atau bubuk dan lainnya. Adapun berbagai manfaat kolagen untuk kecantikan tersebut diantaranya:

 

√ Dapat membantu memudarkan flek hitam di wajah.
√ Membantu menjadikan kulit tubuh dan wajah menjadi lebih cerah.
√ Mampu meratakan warna kulit yang tidak merata.
√ Membasmi berbagai bakteri penyebab jerawat.
√ Membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat di wajah.
√ Memutihkan warna kulit bagian tubuh yang cenderung memiliki warna kulit yang lebih gelap seperti lutut dan siku.
√ Menyamarkan garis wajah terlebih pada area mata dan bibir yang umumnya muncul akibat gejala penuaan.
√ Mendetoksifikasi kandungan berbahaya dalam kulit.
√ Meredakan kulit yang mudah terbakar dan meradang akibat efek samping penggunaan cream berbahaya.
√ Menutrisi kulit dengan baik sehingga membuatnya terlihat lebih kencang dan kenyal.
√ Dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya nampak merona dan segar.
√ Menyamarkan bopeng hingga menghilangkannya secara perlahan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat colagen untuk tubuh dan kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahuan baru Anda di dunia kesehatan dan kecantikan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *