Luar Biasa! Ini Manfaat Jus Tomat Jika Dikonsumsi Setiap Hari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat jus tomat tak hanya berfungsi sebagai penghilang haus terutama saat udara panas di siang hari. Melainkan juga diketahui mengandung sederet khasiat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk kulit wajah, diet dan ibu hamil. Selain itu, khasiatnya akan lebih maksimal jika di kombinasikan dengan jenis buah maupun sayuran lainnya seperti wortel.

manfaat jus tomat

Tomat adalah satu jenis buah yang diketahui memiliki kalori rendah, yakni hanya 10 kilokalori perbuah. Sehingga anda tidak perlu was-was saat anda ingin menikmati kesegaran dan manfaat tomat setiap hari.

Selain menjadi buah atau sayur yang dapat di makan secara langsung, tomat juga umumnya sering kali di gunakan sebagai campuran dalam masakan dan makanan. Namun, dari sekian banyak olahan dari tomat, salah satu diantara olahan tomat yang populer dan banyak di sukai banyak orang adalah jus tomat.

Namun jangan sepelekan jus yang satu ini ya! Karena didalamnya diketahui mengandung kebaikan tersendiri bagi kesehatan, terlebih jika jus ini di konsumsi setiap pagi sebelum sarapan. Hal tersebut lantaran di dalamnya terkandung suatu zat yang bernama likopen.

Likopen sendiri merupakan suatu zat sejenis antioksidan yang sangat kuat dan diduga sangat berguna untuk memerangi kanker. Berdasarkan banyak penelitian yang di lakukan, likopen ini sangat baik untuk pria. Sehingga mereka yang mengonsumsi tomat atau olahan tomat diperkirakan memiliki resiko kanker yang lebih rendah.

Manfaat jus tomat untuk kesehatan dan kecantikan anda

Pada dasarnya, semua orang bisa mengambil manfaat dari jus tomat. Hal tersebut mengingat semua orang membutuhkan antioksidan setiap harinya. Dan berikut adalah berbagai khasiat jus tomat yang bisa anda dapatkan bila diminum setiap hari.

1. Baik untuk penderita diabetes

Tomat termasuk kedalam jenis sayuran yang mengandung karbohidrat rendah. Didalam setengah cangkir tomat masak atau 1 cangkir tomat mentah terdapat sekitar 5-10 gram karbohidrat didalamnya.

2. Menurunkan kolesterol

Jus tomat juga diketahui dapat menurunkan kolesterol hingga sebanyak 10%. Syaratnya, anda cukup dengan mengonsumsi 25 miligram likopen perhari. Hanya saja, lantaran studi ini masih terbilang baru, maka hasilnyapun masih memerlukan penelitian yang lebih dalam.

3. Meminimalisasi resiko kanker prostat

Dengan mengonsumsi 10 porsi tomat diduga dapat memangkas resiko terkena kanker prostat hingga 18 persen. Hal tersebut diperkirakan karena likopen adalah antioksidan yang melindungi sel dari keruksakan. Apabila anda ingin mengonsumsi jus tomat dengan anjuran ini, anda perlu mengimbanginya dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur dan berhenti merokok.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jus tomat untuk hipertensi juga dikenal sangat baik. Akan tetapi manfaat ini bisa dirasakan setelah mengonsumsi tomat secara teratur setidaknya selama 8 minggu. Meski hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, akan tetapi bagi anda yang kini tengah mengidap hipertensi tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi tomat secara teratur. Akan tetapi jangan gantikan obat anti-hipertensi anda dengan tomat.

5. Mengurangi resiko terjadinya stroke

Sebuah studi yang di lakukan di Finlandia menyebutkan, bahwasannya mengonsumsi banyak likopen dari tomat sangat terkait dengan penurunan resiko stroke hingga 65%.

6. Menurunkan resiko serangan jantung

Meski hal ini hanya baru terbukti pada tikus, namun untuk studi yang melibatkan manusia, kandungan likopen yang terdapat didalam tomat dipercaya dapat meningkatkan harapan hidup pada penderita gagal jantung. Akan tetapi, seperti pada penyakit lainnya, diperlukan juga bukti ilmiah yang lebih kuat mengenai hal ini.

7. Baik untuk ibu hamil dan janin

Kandungan vitamin C serta kalium yang terkandung di dalam tomat juga diketahui sangat baik untuk ibu hamil. Sebab hal tersebut juga sama saja dengan menyalurkan nutrisi penting bayi dalam kandungan.

8. Mencegah sembelit

Manfaat jus tomat dan bayam tak hanya dapat menyehatkan organ hati, melainkan juga cukup efektif dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

9. Memberikan energi tambahan

Senyawa kalium yang terdapat di dalam jus tomat juga dipercaya mampu mengatasi masalah letih dan lesu. Setelah berolahraga, minum jus tomat pun sangat dianjurkan apabila anda ingin mendapatkan energi secara instan.

10. Melancarkan pencernaan

Sebelum memulai makan, ada baiknya jika jus tomat dijadikan sebagai makanan pembuka. Fungsinya adalah untuk membantu melancarkan proses pencernaan ditubuh anda.

11. Mengobati sariawan dan peradangan

Apabila anda mengalami sariawan dan peradangan pada organ tubuh anda, anda bisa mengurangi gejala dan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan tersebut dengan menggunakan jus tomat. Di dalam tomat sendiri terkandung juga sifat anti-bakteri dan juga anti-peradangan yang alami untuk mengatasi berbagai masalah peradangan.

12. Baik untuk menurunkan berat badan

Kandungan serat dan juga kalori yang cukup tinggi didalamnya jus tomat dapat membantu menyukseskan program diet anda jika dikonsumsi secara teratur. Manfaat jus tomat untuk diet ini diketahui dapat mengurangi asupan makanan berat anda dengan memberikan efek yang menyenangkan.

13. Menjaga kesehatan mata

Tomat juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi didalamnya. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan mata anda dan dapat mencegah terjadinya gangguan indera penglihatan anda. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat mencampurkan manfaat jus tomat dan wortel.

14. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang cukup melimpah di dalam jus tomat diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Sehingga kulit anda termasuk wajah menjadi lebih sehat, halus, dan juga terlihat nampak lebih cerah tanpa harus menggunakan krim pemutih lagi.

Selain dari pada itu, manfaat minum jus tomat setiap hari juga sangat baik untuk menjaga dan mengatasi berbagai permasalahan kesehatan lainnya seperti halnya baik untuk ibu menyusui, dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, baik untuk kesuburan, mengatasi asam lambung tinggi, baik utuk rahim wanita, rambut, promil, ambeien hingga mencegah bau bdan.

Dan untuk memaksimalkan hasilnya, pada beberapa kondisi tertentu jus tomat juga bisa di kombinasikan dengan salah satu bahan alami lainnya seperti wortel, jeruk nipis, mentimun/timun, bawang putih, susu, apel, anggur, alpukat, nanas, madu, kacang panjang, pepaya, seledri, semangka, pisang, brokoli dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat jus tomat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *