Manfaat Jeruk Bergamot Untuk Kesehatan

Manfaat jeruk bergamot atau jeruk bergamia mungkin masih kurang populer di telinga masyarakat, jika di bandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Hal tersebut lantaran jenis jeruk ini jarang di temukan. Meski begitu, di dalamnya terdapat kandungan yang melimbaph ruah untuk kesehatan.

manfaat jeruk bergamot

Jeruk Bergamot (bergamot orange atau citrus bergamia) adalah salah satu jenis buah jeruk yang berasal dari Asia Selatan. Namun, setelah di ketahui bahwa buah yang satu memiliki manfaat luar biasa untuk tujuan pengobatan dan kegunaan lainnya, buah ini kini banyak di budidayakan dan tumbuh secara komersial di beberapa negara besar, terutama Italia.

Buah bergamot sendiri berwarna oranye kekuningan. Jusnya sangat asam dan pahit. Sehingga sangat sulit untuk meminumnya secara langsung dalam jumlah cukup banyak. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mendapatkannya dari suplemen ekstrak.

Di beberapa negara, buah bergamot sendiri sudah banyak di jadikan sebagai obat alami beberapa penyakit. Seperti salah satunya di Calabria, bergamot di gunakan sebagai obat herbal malaria juga di gunakan dalam aroma terapi. Selain dari pada itu, bergamot juga di gunakan sebagai antidepresan, yang dapat menenangkan dan menyegarkan sistem saraf. Hal tersebut juga sangat berguna sebagai antiseptik hingga dapat di gunakan sebagai penolak serangga.

Bahkan tak hanya itu, jeruk bergamot juga bisa kita temui pada produk lainnya seperti sabun, deodoran, pasta gigi dan krim. Essen bergamot juga banyak di jadikan sebagai penyedap makanan seperti pada es krim, teh, permen dan juga minuman,

Kandungan dan manfaat jeruk bergamot bagi kesehatan

Terdapat berbagai kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam jeruk bergamot. Beberapa di antaranya seperti senyawa asetat, vitamin C, linalyl dan alkohol linalool. Tak ketinggalan di dalamnya juga terdapat antiseptik yang mana selain di gunakan untuk pembasmi bakteri, juga di gunakan oleh industri farmasi untuk disinfekstan operasi, penyakit mata dan kulit.

manfaat jeruk bergamotBahkan beberapa studi pun menunjukkan bahwasannya kandungan yang terdapat dalam jeruk bergamot ini mampu menurunkan kadae kolesterol total pada partisipan serta tingkat lipoprotein low-density (LDL), yang mana hal tersebut merupakan pemicu utama penyakit jantung. Hal tersebut juga meningkatkan kadar High-density lipoprotein (HDL) yang bagus dan juga memiliki manfaat perlindungan.

Hal tersebut lantaran kandungan pilifenol yang terdapat dalam jeruk bergamot memiliki jumlah yang cukuop besar. Dan Brutelidin dan Metilidin adalah 2 senyawa yang secaralangsung menghambat biosintesis kolesterol. Tingkat trigliserida juga di turunkan pada peserta penelitian ini.

Adapun selain dari pada itu, berikut adalah khasiat jeruk bergamot selengkapnya, terutama yang telah di olah bentuk minyak essensial bergamot diantaranya:

  • Membantu proses pencernaan
  • Mengobati infeksi saluran kemih
  • Mengatasi kolik
  • Penghilang bau mulut
  • Mengobati jerawat
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti bisul, eksim dan masalah kulit lainnya.

Meski tak sepopuler manfaat buah blueberry, namun berbagai manfaat dari jeruk bergamot cukup mengejutkan bukan? Adapun bagi anda yang kini tengah mencari suplemen ekstrak jeruk bergamot untuk kesehatan mata, kami memliki rekomendasi produk alaminya disini yaitu dengan walatra sehat mata. Informasi selengkapnya terkait produk bisa langsung >> Klik Disi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait kndungan gizi dan manfaat jeruk bergamot bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah wawasan anda seputar dunia herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *