Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat Ginkgo Biloba tengah ramai di perbincangkan oleh para ahli karena berbagai kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya di ketahui sangat baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja khasiat yang terdapat di dalamnya? Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan

Pastinya anda cukup familier mendengar kata ‘ginkgo biloba’. Bagaimana tidak? Nama herbal yang satu ini sering kali di promosikan sebagai salah satu bahan herbal yang memiiki khasiat penting untuk pemmbentukan energi dan juga kesehatan. Bahkan, herba yang satu ini telah banyak beredar dalam bentuk suplemen kesehatan dengan harga yang bervariasi. Lalu, apa itu tanaman ginkgo biloba?

Ginkgo biloba sendiri adalah salah satu tanaman perdu yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak ribuan tahun lalu, bahan alami yang satu ini, terutama bagian daunnya sering kali di gunakan dalam berbagai alternatif pengobatan, terutama yang berhubungan dengan daya ingat yang di sebabkan oleh faktor usia seperti Alzheimer atau demensia (pikun).

Meski informasi seputar Gingko biloba masih sangat terbatas, Sehingga perihal manfaatnya masih mengalami pro-kontra atau sering di sebut-sebut mitos atau fakta. Akan tetapi, khasiatnya yang dapat mengatasi permasalahan ingatan di ketahui karena sebenarnya kinerja utama ginkgo biloba adalah mampu memperlancar sirkulasi darah.

Khasiat dan manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan

Di balik pro dan kontra terkait masalah khasiat dari ginko biloba, beberapa ahli justru berhasil melakukan penelitian yang mana hasilnya di ketahui bahwa tanaman yang konon termasuk tanaman paling kuno di dunia ini, mengandung sederet manfaat vitamin, mineral, antioksidan penting seperti flavonoid, fenolik, terpenoid dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk KesehatanDan dari berbagai kandungan senyawa tersebutlah, manfaat dari ginkgo biloba ini hadir, sebagai mana yang akan kami coba paparkan berikut ini.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Menurut the American Journal of Medicine, dalam jurnal Ginkgo Biloba Extract for the treatment of inntermittent claudication: a meta-analysis of randomized trials tahun 2000 menjelaskan bagaimana ginkgo biloba bekerja sangat efektif dalam mengurangi dan meredakan keluhan sirkulasi darah yang buruk pada penyakit claudication.

Adapun kemampuan ginkgo biloba yang mampu melancarkan aliran darah yaitu dengan cara memperbaiki kondisi pembuluh darah, melebarkan pembuluh darah juga merangsang aliran darah hingga ke ujung sel-sel tubuh.

2. Mengurangi nyeri sendi

Dalam salah satu Jurnal Ginkgo biloba extract EGb 761 has anti-inflamantory properties and ameliorates colitis in mice by driving effector T cell apoptosis yang di terbitkan oleh Carcinogenesis Integrative Cancer Research mengungkap bahwasannya di dalam Ginkgo biloba terbukti mengandung senyawa analgesik.

Sifat analgesik tersebut membuat ginkgo biiloba kerap menjadi pilihan herbal tradisional dalam mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, arthritis dan rematik. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat di dalam ginkgo-biloba juga terbukti mampu mmengatasi sejumlah keluhan peradangan dan inflamasi di dalam tubuh.

3. Memperbaiki fungsi otak

Dalam laman sebuah jurnal berhasil di ungkap bahwasannya ginkgo biloba akan memberikan stimulan positif untuk ingatan, daya pikir, konsentrasi dan mengatasi efek lelah dan penat pada otak. Demikian pula berdarakan jurnal yang bertajuk The memory enhancing effects of a Ginkgo Biloba/panax ginseng combination in healthy middle-aged voluntrees yang di terbitkan pada tahun 2000.

4. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Seperti yang di sampaikan sebelumnya, bahwa tanaman herbal yang satu ini memiliki sifat yang efektif untuk mendorong sirkulasi darah untuk mengahntarkan darah menuju ke otak juga di artikan kemampuannya tersebut dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak. Dan di saat yang bersamaan, sirkulasi darah yang lancar akan menjadi stimulan neurotransmiter untuk bekerja lebih baik dan membantu meredakan masalah migrain juga sakit kepala.

5. Menjaga kesehatan mata

Dalam Cochrane Library, anda bisa menemukan suatu riset yang bertajuk Ginkgo biloba extract for age-related macular degeneration pada tahun 1999, yang menjelaskan bahwasannya ekstrak dari ginkgo biloba secara efektif mampu membantu menstimulasi sistem jaringan saraf pada mata, menjaga kesehatan jaringan pada mata dengan memperbaiki setiap keruksakan sel yang terjadi. Di situ pula di jelaskan bagaimana mereka yang mengonsumsi ginkgo biloba secara teratur, akan mendapatkan penglihatan yang sehat dan lebih panjang dari yang lainnya.

Maka dari itu, kini tak sedikit perusahaan atau pabrik yang bergerak di bidang kesehatan memanfaatkan herbal ginkgo biloba ini, agar masyarakat bisa merasakan manfaat dari ginkgo biloba secara praktis khususnya untuk menjaga kesehatan indera penglihatan mereka, yang mana salah satunya bisa anda temui pada produk walatra sehat mata.

6. Sebagai anti-kanker

Menurut laman Organictfact, terdapat setidaknya 5 jenis antioksidan yang terdapat di dalam ginkgo biloba, diantaranya seperti quercetin, terpenoid, flavonoid, klorofil dan juga polifenol. Kandungan antioksidan tersebut bekerja secara efektif melawan oksidasi sel dan juga menjaga kemurnian DNA. Kandungan antioksidan ini juga di ketahui dapat mengatasi dan menetralkan sejumlah oksidan di dalam tubuh yang memiliki kemampuan merusak

Selain dari pada itu, kemampuan manfaat gingo biloba sjuga berperan sebagai anti kanker yang secara lengkap di ulasa dalam Journal of Fundamental and Clinical Pharmachology tahun 2003, yang berjudul Ginkgo biloba extracts and cancer a research area in its infancy.

7. Sebagai anti penuaan dini

Dalam sebuah riset yang di kembangkan oleh pakar dermatologi herbal asal Jepang, Tuji Naito di temukan manfaat ginkgo biloba terhadap kesehatan kulit, termasuk mengatasi penuaan dini. Kandungan antibiotik dan antiinflamasi yang terdapat di dalam ginkgo biloba menjadikan herbal alternatif ini di percaya efektif dalam mengatasi keluhan jerawat dan dan jamur pada kulit.

Selain itu, ginkgo biloba juga memiliki kemampuan untuk menstimulasi sirkulasi datrah, yang mana dapat membuat aliran darah menuju sel tepi termasuk kulit akan menjadi lebih optimal. Sehingga kulit yang ternutrisi dan mendapat asupan oksigen yang memadai akan menghasilkan kulit yang lebih sehat dan bebas keriput.

8. Memperbaiki keruksakan sistem pembuluh darah

Dari informasi yang di temukan dalam sebuah jurnal yang bertajuk Ginkgo Biloba extract-induced relaxation of rat aorta is associated with increase in endothelial intracellular calcium level yang terbit pada tahun 2001 menyatakan bahwasannya ginkgo biloba memili kemamampuan untuk mengatasi masalah darah tinggi.

Selain itu, fungsi ginkgo biloba juga dapat mengatasi keluhan seputar sirkulasi darah lainnya sepertyi pendarahan, tekanan darah dan keruksakan dinding pembuluh darah. Kandungan terpenoidnya bekerja meregenerasi sel pembuluh darah dan mengembalikan elastisitas pembuluh darah yang rusak akibat endapan plak kolesterol.

9. Mengobati tinnutus

Tinnutus atau masalah terjadinya dengungan di dalam telinga juga nyatanya busa di redakan dengan pemanfaatan ekstak herba ini. Hal tersebut telah di buktikan oleh beberapa analisa yang telah di buktikan sebelumnya dari tanaman obat herbal ini.

10. Manfaat lainnya untuk kesehatan

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kegunaan tumbuhan ginkgo biloba untuk kesehatan di antaranya dapat membantu penyembuhan penyakit stroke, mengatasi masalah libido, mengurangi gejala asma, mengobati penyumbatan arteri, mengobati wasir, mengurangi gejala autisme, mengobati fibromyalgia, memperbaiki motorik dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, manfaat dari ginkgo biloba juga dapat di rasakan pada berbagai aspek lainnya seperti untuk kulit, rambut dan wajah.

Efek samping yang mungkin timbul dari tanaman ginkgo biloba

Meski seluruh bagian dari tanaman ini dapat di manfaatkan untuk kebutuhan herbal, namun anda sebaiknya tidak memanfaatkan buah, getah (buah) dan bijinya yang mentah atau melalui proses pemanggangan karena di percaya dapat menimbulkan efek samping berupa gatal, alergi kulit, keracunan, kejang hingga kematian.

Herbal ginkgo biloba juga ada baiknya tidak di konsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, wanita yang ingin memiliki keturuanan, orang yang setelah menjalani operasi hingga penderita diabetes, terkecuali ia selalu mengontrol kadar gula darah selama mengonsumsi herba ini.

Adapun cara yang lebih aman untuk merasakan manfaat tanaman ginkgo biloba adalah memanfaatkan bagian daunnya yang sudah di ekstrak atau telah tersedia dalam bentuk suplemen ginkgo biloba. Namun tentu harus dengan dosis pemakaian yang dianjurkan. Karena dalam dosis yang tinggi, ekstrak ginkgo biloba juga dapat meningkatkan resiko munculnya berbagai jenis efek samping.

Nah, itulah informasi yang dapat kami suguhkan pada kesempatan kali ini manfaat daun ginkgo biloba untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *