Manfaat Durian Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat durian secara tak terduga ternyata memiliki khasiat yang beragam, baik untuk pria maupun wanita. Mulai dari kesehatan, kecantikan, kesuburan, untuk anak kecil bahkan ibu hamil dan menyusui. Hal tersebut tentu berkat berbagai kandungan senyawa baik yang terdapat didalamnya. Ingin mengetahui apa saja kandungan dan manfaat buah durian selengkapnya? Untuk itu, simak ulasan singkat yang akan disampaikan oleh admin walatra berikut ini ya.

manfaat durian

Siapa yang tak kenal dengan buah yang memiliki julukan ‘King of Fruit’ atau durian. Buah berbentuk bulat, memiliki kulit tebal dan berduri ini tentunya tidak asing lagi untuk dikenali. Ditambah lagi dengan aromanya yang tajam dan cukup khas, menjadikan buah yang tersebar luas di Asia tenggara ini cukup banyak diminati oleh pecintanya. Biasanya buah ini dikonsumsi secara langsung. Dan alangkan lebih nikmat lagi jika buah ini diolah menjadi sop durian hingga durian bakar.

Dan ada kabar gembira bagi Anda pecinta durian. Karena tak hanya lezat untuk disantap, buah ini juga ternyata secara diam-diam mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Dan tak hanya itu, didalamnya juga terkandung beragam vitamin, mineral dan senyawa alami bermanfaat lainnya. Diantaranya seperti vitamin A (44 IU), vitamin C (19,7 mg), magnesium 30 (mg), fosfor (39 mg), berbagai jenis mineral lainnya. Nah berbagai kandungan alami inilah yang menyuguhkan manfaat durian untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Khasiat dan manfaat durian untuk kesehatan, kesuburan hingga kecantikan

Meski durian memiliki banyak varian, sebut saja seperti durian montong, durian merah, dan lainnya namun sejatinya kandungan dan khasiatnya sama. Berikut adalah berbagai manfaat durian untuk tubuh secara menyeluruh, yang mana ada baiknya perlu kita ketahui.

1. Mencegah kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa didalam buah ini terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Zat ini sendiri dikenal mampu melindungi tubuh Anda dari berbagai ancaman radikal bebas, yang mampu menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Dan disinilah peran antioksidan dalam mengahmbat radikal bebas pada berbagai organ tubuh. Adapun berbagai kandungan antioksidan dalam buah durian didapat dari kandungan vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E serta fitronutrien yang berguna dalam memberantas sel-sel kanker.

2. Melancarkan pencernaan

Selain mampu menangkal radikal bebas, khasiat durian lainnyapun diketahui bagus untuk pencernaan Anda. Manfaat tersebut dari 3.8 gr serat, yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang terkandung didalamnya. Selain itu, kandungan serat yang terkandung dalam durian juga dipercaya baik untuk menurunkan kadar kolesterol, melancarkan peredaran darah dan baik untuk menyehatkan jantung.

3. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Mungkin Anda sempat mendengar bahwasannya mengonsumsi durian dapat menyebabkan keguguran pada bayi. Namun hingga kini belum terbukti adanya penelitian terkait hal itu. Bahkan sebaliknya, manfaat durian untuk ibu hamil justru sangat melimpah seperti pada buah lainnya. Kandungan berbagai jenis vitamin, mineral dan asam folat dipercaya mampu memberikan kebaikan bagi sang ibu maupun janin. Hanya saja sebaiknya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Setidaknya, didalam durian diketahui terkandung 436 mg kalium yang dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Selain itu, kandungan kalium yang terkandung dalam durian juga mampu memberikan beragam kebaikan untuk tubuh lainnya seperti menjaga kesehatan otot, tulang hingga kardiovaskular.

5. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Kandungan potasium yang terdapat didalam durian diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang termasuk persendian seperti lutut, ruas jari dan lainnya. Selain dari pada itu, durian juga di sebut-sebut sebagai sumber magnesium, kalium, mangan dan tembaga yang mana semua jenis mineral tersebut juga memiliki peranan penting untuk membangun dan mempertahankan daya tahan tulang.

6. Mengatasi anemia

Didalam buah durian juga terkandung asam folat yang tinggi, yang mana kandungan alami ini memiliki peranan penting dalam produksi sel darah merah. Selain dari pada itu, didalamnya juga terkandung zat besi dan juga tembaga, yang mana kedua juga merupakan komponen penting dalam sel darah merah. Apabila prosuksi sel darah merah telah normal kembali, maka berbgai gejala anemia seperti gangguan pencernaan, kecemasan, kelelahan akan berkurang secara bertahap.

7. Membantu mengatasi insomnia

Jika Anda penderita insomnia, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa potong durian sebelum tidur. Mengapa? karena buah ini ternyat dapat membantu mengatasi insomnia. Senyawa kimia organik triptofan yang terkandung didalamnya dipercaya mampu memperngaruhi kepulasan tidur. Triptofan ini akan dialirkan menuju otak kemudian diubah menjadi serotonin (hormon yang memberikan rileks serta kebahagiaan). Kemudian hormon ini akan melepaskan melatonin ke dalam aliran darah sehingga membuat tubuh Anda menjadi merasa lelah, mengantuk dan akhirnya tertidur.

8. Mengatasi disfungsi seksual

Manfaat durian yang satu ini ternyata telah dibuktikan dengan sejumlah penelitian. Dan dari berbagai hasil penelitian tersebut didapati bahwa durian dapat menjadi afrosidiak alami. Dimana fungsinya mampu meningkatkan stamina atau vitalitas dan libido seksual, mengurangi kemandulan pada pria dan wanita hingga meningkatkan pergerakan sperma. Maka tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa manfaat durian untuk kesuburan sangatlah tinggi.

9. Mencegah penuaan dini

Didalam dunia pengobatan tradisional, durian juga sering dimanfaatkan untuk melawan penuaan dini berkat kandungan antioksidan dan berbagai jenis vitamin didalamnya. Sehingga Anda akan terhindar dari muncuklnya keriput, rambut rontok, gigi keropos, arthritis, kanker, penyakit jantung dan tanda-tanda lainnya yang diakibatkan penuaan dini.

10. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Selain baik untuk kesehatan, kandungan vitamin C yang terdapat didalam durian juga diketahui mampu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin E yang tedapat ddialamnya juga mampu menghaluskan kulit yang kasar. Dan masih banyak lagi manfaat durian untuk kecantikan diantaranya mampu meregenerasi kulit, menghilangkan noda hitam di wajah hingga mencegah dan menghilangkan jerawat.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat durian lainnya yang tak kalah luar biasa. Diantaranya mamp meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, darah tinggi, malaria, mengobati luka. Bahkan durian juga di percaya mampu mengonati beberapa penyakit kulit dan juga mampu mengurangi pembengkakan. Hanya saja, hal ini masih memerlukan penelitian yang lebih dalam, lantaran belum memiliki bukti ilmiah yang cukup.

Catatan!

  • Buah durian dapat menyebabkan perut terasa kembung, muntah bahkan diare apabila di konsumsi secara berlebihan.
  • Jika Anda kini tengah menderita diabetes, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah ini. Karena terdapat efek samping durian untuk penderita diabetes. Diantaranya dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Hal ini juga berlaku untuk penderita kolesterol tinggi.
  • Kandungan kalori yang cukup tinggi didalam buah durian juga menjadi alasan bagi Anda yang kini tengah menjalani pola makan khusus untuk menurunkan berat badan atau diet untuk tidak mengonsumsi buah ini.
  • Meski memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral, bagi ibu hamil dan menyusui ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait khasiat dan manfaat durian untuk kesehatan hingga kecantikan. semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan dapat menambah baru kita semua. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *