Manfaat Daun Ungu Untuk Wasir Lengkap Dengan Cara Mengolahnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat daun ungu untuk wasir mungkin masih cukup asing didengar oleh sebagian masyarakat. Namun, bagi sebagian masyarakat lainnya yang telah membuktikan keefektikannya tentu ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Lalu, benarkah daun ungu mampu mengaobati penyakit ambeien? Informasi selengkapnya ketahui hanya disini

manfaat daun ungu

Daun ungu atau daun wungu (Graptophyllum pictum) adalah tanaman tradisional yang diduga berasal dari papua nugini dan kemudian menyebar luas di Indonesia. Di beberapa daerah daun ini dikenal dengan sebutan nama yang berbeda-beda seperti demung, tulak, wungu, daun temen-temen, handeuleum, karotong kadi-kadi, kobi-kobi dan daun putri.

Daun ungu ini sendiri telah dikenal sejak lama sebagai salah satu jenis tanaman tradisional yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami ambeien. Bahkan tak sedikit dari pada produk kesehatan yang khusus di formulaikan untuk penyakit ambeien atau wasir menggunakan daun ungu ini sebagai salah satu komposisinya. Sebut saja seperti Walatra Sehat Wasir.

Khasiat dan manfaat daun ungu untuk wasir

Khasiat daun ungu untuk ambeien sendiri didapat dari sejumlah kandungan senyawa alami yang terkandung ddialamnya seperti senyawa steroid, alkaloid, tanin, glikosida, saponin, tanin, klorofil, kalsium oksalat, asam fomik dan lemak.

Selain itu sejumlah penelitianpun mendukung akan hal ini. Seperti halanya penelitian yang dilakukan oleh Prof dr H Sardjono Oerip Santosa dari Farmakologi FKUI. Beliau menjelaskan bahwasannya didalam daun ungu terdapat kandungan anti-hemorrhoi. Kandungan senyawa alami ini diketahui memiliki khasiat nyata dalam peroses pengobatan penyakit ambeien atau wasir secara alami.

Bahkan tak cukup sampai disana, para peneliti dari beberapa universitas kenamaan di Indonesia juga sepakat dengan Prof. Sardjono, bahwasannya memang daun ungu ini berkhasiat sebagai obat. Tidak hanya meredakan ambeien, akan tetapi juga sebagai pereda nyeri (nalgesik/antiinflamsi) dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri (streptococcus) serta jamur.

Penelitian lain akan manfaat luar biasa daun ungu untuk wasir juga dilakukan oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidjo, Apt, guru besar farmasi Universitas Indonesia, beliau menjelaskan daun ungu memiliki khasiat untuk mengobati penyakit wasir lantaran didalamnya mengandung pektin.

Pektin sendiri diketahui dapat mengembangkan saluran cerna sehingga dapat memudahkan defekasi (proses pengeluaran zat sisa/pengosongan usus dan mengeluarkan feses atau proses saat buang ) serta tidak menimbulkan luka atau peradangan.

Cara pengolahan daun ungu untuk mengobati wasir

Untuk mengobati ambeien, anda bisa memanfaatkan daun ungu dengan pengolahan sebagai berikut:

Cara pengolahan pertama:

  • Siapkan berapa lembar daun ungu segar kemudian cuci hingga bersih.
  • Kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas iar hingga hanya tersisa setengahnya.
  • Setelah itu, angkat dan saring.
  • Minum ramuan ini secara rutin hingga sembuh.

Cara pengolahan kedua:

  • Siapkan siapkan daun ungu, 5 gr kunyit, pegagan dan temu putih.
  • Setelah itu, rebus semua bahan terkecuali daun ungu dengan menggunakan air 600-800 ml.
  • Setelah mendidih, kemudian baru masukan daun ungu dan kecilkan apinya.
  • Rebusan tersebut diminum 2 kali sehari untuk ambeien kategori berat

Selain dari pada mengonsumsi ramuan tersebut, ada baiknya juga jika diimbangi dengan dengan menjaga pola makan. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak. Ghasilnya sendiri bisa terlihat dalam kurun waktu 2-3 minggu, Namun untuk revitalisasi membutuhkan waktu 3-4 bukan dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat daun ungu untuk wasir lengkap dengan cara pengolahannya. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi kesehatan anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *