Manfaat Daun Sirih Untuk Kewanitaan Serta Cara Pengolahannya

Manfaat daun sirih telah sejak lama di manfaatkan sebagai obat tradisional. Mulai untuk kesehatan, pengobatan penyakit hingga kecantikan. Bahkan selain dari pada itu, daun sirih juga di ketahui memiliki manfaat yang luar biasa untuk kewanitaan juga lho. Lalu, apa saja khasiat daun sirih untuk kewanitaan? Ubtuk mengetahui informasi selengkapnya, bamari kita bahas bersama dalam ulasan singkat berikut.

manfaat daun sirihDaun sirih yang memiliki nama latin piper betle adalah tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat ataupun bersandar pada batang pohon lainnya. Pada umumnya, tanman ini merambat hingga ketinggian 15 meter. Batangnya berwarna coklat kehijauan, bentuknya bulat, beruas dan sebagai sarana keluarnya akar.

Sedangkan daunnya berbentuk jantung dan tunggal. Pada permukaan daun ujungnya lancip, tumbuh berseling-seling, memiliki tangkai, dengan panjang daun kira-kira 5-8 cm dan lebar 2-5 cm. Pada saat diremas daunnya akan mengeluarkan bau yang khas. Sedangkan bunganya seperti bulir, mejemuk dan di sertai 2 daun pelindung kurang lebih 1 mm yang bentuknya panjang dan juga bulat.

Sejatinya, daun sirih sendiri terbagi ke dalam 3 jenis, diantaranya adalah daun sirih hijau, daun sirih merah dan juga daun sirih hitam. Ketiganya memiliki manfaat dan juga khasiat yang sama baiknya. Untuk kesehatan daun sirih sendiri di ketahui mampu menghilangkan bau mulut, memgobati mimisan, mengobati sariawan, mengobati batuk, menyehatkan gigi, sinusitis hingga alternatif pengobatan kanker dan tumor.

Dan seperti janji kami di awal, pada kesempatan kali ini, kami secara khusus akan memaparkan panjang lebar seputar khasiat daun sirih hijau untuk mengatasi masalah kewanitaan. Karena di dalamnya sendiri di ketahui mengandung beberapa kandungan senyawa yang dapat mendukuing kesehatan wanita. Di antaranya minyak atsiri yang terdiri dari betlephenol, eugenol dan chavicol.

Khasiat dan manfaat daun sirih untuk kewanitaan dan cara pengolahannya

manfaat daun sirihBerikut adalah rincian lengkap seputar berbagai kegunaan daun sirih yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kewanitaan.

1. Mengatasi gatal pada miss V

Tak sedikit dari pada wanita yang kerap mengalami gatal pada daerah kewanitaan yang umumnya di sebabakan oleh bakteri, jamur yang muncul akibat kurangnya menjaga kebersihan pada area tersebut. Seperti jarang mengganti celana dalam hingga cara cebok yang salah.

Namun tak perlu bingung lagi untuk mengatasinya, anda bisa mengatasinya dengan daun sirih. Di dalamnya sendiri mengandung minyak atsiri yang bersifat sebagai antiseptik dan juga antijamur dan antioksidan yang di ketahui mampu mengatasi kuman, bakteri dan juga jamur penyebab rasa gatal pada bagian miss V anda.

2. Menghilang bau kurang sedap pada vagina

Masalah bau tak sedap pada miss V tentunya sangat mengganggu, terlebih bagi wanita yang sudah menikah. Tentunya masalah ini menurunkan tingkat kperceyaan diri anda terlebih pada saat akan melakukan aktivitas seksual bersama suami. Sebagai alternatifnya, anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengatasinya.

Cara pengolahannya: rebus sekitar 10 lembar daun sirih yang sudah menguning dengan menggunakan 2 gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Angkat dan diamkan hingga hangat Minum air rebusan daun sirih ini untuk memberantas bau tak sedap pada miss V anda.

3. Mengatasi keputihan abnormal

Manfaat daun sirih hijau lainnya adalah mampu mengatasi keputihan abnormal. Berbeda dengan keputihan normal pada umumnya, keputihan abnormal yang memiliki ciri-ciri berwarna dan berlebih ini tidak sehat. Dan kondisi tersebut sendiri di ketahui sebagai salah satu pemicu munculnya bau tak sedap di vagina.

Cara pengolahannya: Anda bisa persiapkan terlebih dahulu 10 helasi daun sirih, 1 ruas bangle, 1 ruas kunyit, 1 jari kulit batang krangean dan 2 liter air. Setelah bangle dan kunyit di kupas dan di potong-potong, cuci semua bahan kemudian rebus dengan menggunakan 2 liter air hingga mendidih. Setelah air rebusan tersebut menjadi dingin, saring dan gunakan airnya tersebut saat mandi pagi sore maupun pagi dengan cara mengoleskannya ke sekitar organ kewanitaan untuk mengusir keputihan tersebut.

4. Melancarkan haid yang tidak teratur

Jika anda kini tengah mengalami siklus haid yang tidak teratur, maka daun sirih hijau ini bisa menjadi alternatifnya. Bahan alami ini sendiri di yakini mampu melancarkan haid sebagai mana biasanya.

Cara pengolahannya: Anda cukup rebus beberapa lembar daun sirih yang telah di bersihkan dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan daun sirih tersebut secara teratur.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat daun sirih untuk kewanitaan. Adapun bagi anda yang tengah mencari khasiat daun sirih yang lebih praktis untuk mengatasi masalah kewanitaannya, anda bisa mencoba produk herbal terbaru, yakni walatra bersih wanita yang di olah dengan nano teknologi. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *