Manfaat Daun Pegagan Atau Antanan Untuk Kesehatan Tubuh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat daun pegagan atau antanan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat era sekarang. Padahal, herba yang satu ini sendiri telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak dahulu hingga saat ini di berbagai negara. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, daun pegagan juga di percaya mampu melancarkan sirkulasi darah hingga meningkatkan fungsi dan kinerja otak.

Manfaat Daun Pegagan Atau Antanan Untuk Kesehatan Tubuh

Daun pegagan yang memiliki nama ilmiah Centella Asiatica adalah sejenis tanaman liar yang berasal dari keluarga rumput. Anda bisa dengan mudah menemukan rumput liar ini di sawah, tepi jalan, dan juga pekarangan rumah. Tanaman yang memiliki bentuk daun lebar ini diperkirakan berasal dari wilayah Asia dan daerah tropis. Di Indonesia sendiri, tanaman ini memiliki banyak nama panggilan, beberapa diantaranya adalah daun kaki kuda dan juga daun antanan.

Adapun bagi anda yang belum mengetahui tanaman pegagan seperti apa, anda bisa menyimak karakteristik atau ciri-ciri tanaman pegagan berikut ini:

  • Pegagan termasuk ke dalam tanaman terna yang hidup sepanjang tahun.
  • Tanaman ini memiliki bunga dengan warna merah dan putih.
  • Pegagan juga memiliki buah yang kecil menggantung serta mempunyai bentuk yang pipih atau lonjong dengan aroma yang wangi dan rasanya pahit.
  • Pegagan termasuk tanaman yang tidak berbatang, namun memiliki rimpang dengan ukuran pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang rimpang berkisar anntara 10-80 cm.
  • Akar pegagan keluar dari bonggol serta banyak percababngannya dan biasanya dari percangan tersebut berbetuk individu atau tumbuhan baru.
  • Pegagan memiliki daun tunggal, bertangkai berkisar sekitar 5 sampai 15 cm, berbentuk menyerupai ginjal, bergerigi dan tersusun dalam roset yang terdiri dari 2-10 helai daun yang terkadang juga ada rambutnya.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa memperhatikan gambar tanaman pegagan dibawah ini.

manfaat daun pegagan

Meski tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman liar, namun tak sedikit pihak yang telah memanfaatkan tanaman ini, terutama bagian daunnya sebagai bahan alami untuk kesehatan maupun pengobatan. Bahkan sebagian orang telah menggunakannya sebagai bahan masakan dengan cara yang sama, sebagaimana yang akan anda lakukan pada peterseli atau selada air.

Kandungan dan gizi daun pegagan bagi kesehatan

Sejak dahulu, tidak sedikit orang yang memanfaatkan daun pegagan untuk membantu pengobatan berbagai penyakit. Seperti halnya penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, pengobatan gangguan saraf dan lainnya. Pegagan juga nyatanya telah di gunakan sebagai obat dalam tradisi Ayurvedic India, juga dalam pengobatan di Afrika dan China.

Hal tersebut lantaran daun ini dikenal kaya akan kandungan antioksidan dan beberapa jenis kandungan lainnya seperti:

– Beta Carotene 6.58 mg
– Fosfor 30 mg
– Kalsium 170 mg
– Niacin 1,2 mg
– Potassium 414 mg
– Tiamin 0,15 mg
– Riboflavin 0,14 mg
– Asiaticoside 40%
– Asam askorbat 2.14 mg
– Asam Asiatic 29-30%
– Asam Madecassic 29-30%
– Madecassode 1-2%
– Triternoid
– Brahmic acid
– Meso-inositol
– Dan masih banyak lagi yang lainnya

Khasiat dan manfaat daun pegagan atau antanan untuk kesehatan

manfaat daun pegagan

Nah, setelah anda mengetahui berbagai kandungan nutrisi dan senyawa alami lainnya yang terdapat didalam daun pegagan, kini giliran anda kembali untuk mengetahui berbagai khasiat dan manfaat yang terdapat didalamnya. Namun, agar anda tidak salah dalam memahami berbagai khasiat daun pegagan tersebut, berikut akan akan kami informasikan rincian penjelasan mengenai kegunaan daun ini bagi kesehatan anda.

1. Menjadi pengobatan tradisional atau kontemporer

Di beberapa negara khususnya China, India dan Indonesia, daun pegagan telah dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit atau kondisi medis selama berabad-abad yang lalu, termasuk di gunakan untuk penyembuhan luka, psoriasis serta untuk peningkataktan fungsi kognitif.

Bahkan tak sedikit orang yang telah memanfaatkan herba ini sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit sifilis, ulkus lambung, klelahan mental, epilepsi, asma, hepatitis dan juga diare. Menurut The University of Maryland Medical Center menyatakan, bahwasannyua pegagan pada saat ini paling sering di gunakan untuk mengobati varises, insufiensivena kronis dan juga psoriasis. Akan tetapi, studi moderen menunjukkan bahwa ramuan tersebut juga mungkin membutuhkan aplikasi atau perpaduan obat tambahan.

2. Membantu mengurangi kecemasan

Peneliti asal India telah melakukan uji coba klinis dalam skala kecil untuk mengetahui ada tidaknya efek pada pegagan untuk membantu gejala kecemasan yang terkait, seperti depresi. Mereka juga mengumpulkan sekitar 33 subjek tes, yang diberi dua kapsul 500 mg ekstrak pegagan setiap hari selama 60 hari. Dan berdasarkan pengamatan dan tanggapan, para peneliti menemukan bahwa pegagan melengkapi gejala secara signifikan untuk mengurangi kecemasan.

Selain dari pada itu, dalam edisi 2010 “The Nepal Medical Collage Journal” tim peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwasannya pegagan mungkin akan berguna dalam pengobatan gangguan kecemasan umum atau GAD.

3. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Dalam agenda review pada studi klinis dan praklinis terhadap sifat farmakologi dalam pegagan. Tim dari peneliti India mencatat bahwasannya beberapa hewan dari penelitian menunjukkan obat herbal ini sangat efektif dalam penyembuhan luka.

Mereka sendiri mengutip sebuah studi, yang mana berbagai formulasi kirim, gel dan salep dari ekstrak pegagan dan air yang diterapkan untuk membuka luka pada tikus laboraturium. Dan setelah 24 hari pengobatan, peneliti menemukan bahwasannya ekstrak pegagan yang diaplikasikan selama 3 hari telah merangsang proliferasi sel dan juga sintesis kolagen pada luka hewan tersebut. Adapun tinjauan mengenai sifat obat herbal ini, diterbitkan dalam “Indian Journal of Pharmaceutical Sciences” September-Oktober 2010.

4. Sebagai antioksidan yang kuat

Peneliti di Brasil telah mengevaluasi ekstrak air pegagan dalam tingkat aktivitas antioksidan dan sitotoksik. Mereka juga melihat dari isi ekstrak dari kedua fenolat dan flavpnoid, senyawa nabati dengan sifat obat yang signifikan. Adapun pelaporan temuan tersebut terdapat dalam edisi “International Journal of Molecular Sciences” 2009.

Selain dari pada itu, tim peneliti juga melaporkan bahwa ekstrak pegagan menunjukkan sifat antioksidan yang kuat selama pengujian. Para peneliti juga mencatat bahwa ekstrak pegagan memamerkan kemampuan membunuh sel saat diuji pada baris sel glioma kanker payudara.

5. Melancarkan peradaran darah

khasiat daun pegagan untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh juga cukup efektif. Peredaran darah yang lancar sendiri akan mencegah terjadinya berbagai penyakit penyumbatan pembulih darah, sehingga tubuh anda menjadi lebih sehat.

6. Mengobati demam

Manfaat daun pegagan juga ternyata sangat baik untuk mengobati demam pada tubuh. Caranya cukup dengan mengambil beberapa helai daun ini kemudian gunakan untuk kompres pada dahi. Kandungan alami yang terdapat didalamnya secara efektif akan menurunkan panas maupun demam anak anda.

7. Meningkatkan daya ingat

Jika anda kini sering lupa atau bahkan telah mengalami kepikunan, sebaiknya segera atasi diantaranya dengan alternatif daun pegagan ini. Penyakit yang umumnya sering kali diderita oleh orang yang berusia lanjut ini juga tak jarang mereka yang masih berusia muda. Nah dengan memanfaatkan daun ini maka daya ingat anda akan semakin kuat dan akurat.

8. Membantu mengatasi alergi

Bagi anda yangn sering menderita alergi karena suatu hal bisa meredakannya dengan manfaat daun pegagan. Kemampuannya dalam mengatasi alergi telah terbukti dengan berbagai kandungan senyawa yang terdapat didalamnya.

9. Mencegah penyakit salah urat

Penyakit seperti salah urat juga bisa diatasi dengan daun pegaganSelain itu, daun ini juga berguna untuk meredakan penyakit salah urat dan menyehatkan jaringan urat anda. Gunakan daun ini secara rutin hingga keluhan anda hilang.

10. Melancarkan kencing

Khasiat dari daun pegagan juga sangat baik bagi anda yang tengah kesulitan dalam buang air kecil. Adapun buang air kecil yang sulit umumnya disebabakan oleh adanya bakteri yang menghambat saluran pembuangan di dalam tubuh. Untuk itu, anda bisa mengatasi bakteri tersebut dengan menggunakan daun ini.

11. Meningkatkan IQ atau kecerdasan otak

Penelitian yang dilakukan oleh B. Sathya R. Uthaya Gangam dari Govt, Sidda Medical Collage, Palayamkottai, India. Mereka menguji khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. Dan hasilnya, serbuk pegagan terbukti dapat meningkatkan intelegensia. 15 anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan terhadap selama 1 bulan. Dan hasilnya IQ anak meningkat sampai 4.6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga bisa lebih berkonsentrasi.

Selain dari pada itu, manfaat daun pegagan untuk anak ini juga bisa merubah anak yang memiliki prilaku pasif, pemalu dan juga gelisah berubah menjadi periang, komunikatif dan juga kooperatif. Dan itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan.

Senyawa golongan triterpenoid tersebut mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi serta kewaspadaan, Cara kerjanyapun dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi ke sel otak. Selain dari pada itu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

12. Baik untuk kesuburan

Di dalam pegagan diketahui terdapat mengandung zat madecassosside yang mampu merangsang produksi kolagen didalam tubuh dan membantu sel telur untuk meregenerasi. Selain dari pada itu, karoten yang terkandung didalamnya juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kekuatan sperma dan juga sel telur anda dan pasangan dari efek radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi daun pegagan sebagian lalapan segar atau asinan pada menu harian anda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat dari pegagan yang baik bagi kesehatan pria dan wanita yang diantaranya seperti sebagai antiinflamasi, pengusir bakteri, menjaga kesehatan rambut, mengatasi wasir, flek paru, jerawat di kulit wajah, obat tbc, asam urat, amandel, darah tinggi, diabetes, kolesterol, jantung, epilepsi hingga mencegah kanker.

Namun ada baiknya penggunaan daun pegagan sebagai obat dalam atau untuk di konsumsi tidak di berikan pada ibu hamil dan menyusui, orang yang menderita penyakit hati dan juga orang yang akan melakukan operasi. Namun untuk pemakaian luar masih seperti untuk kulit masih bisa dilakukan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun pegagan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Dan apabila anda ingin merasakan khasiat daun pegagan bagi kesehatan anda secara praktis dan telah melalui tahapan proses dengan prosedur canggih kami memiliki rekomendasi terbaiknya yakni, Klik ⇒ Walatra Brain Nutrition Kapsul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *