Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan Wajah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat daun kelor nyatanya kini tengah menjadi pergunjingan hangat di kalangan ahli kesehatan dunia. Bagimana tidak, dengan bentuknya yang bisa dikakatakan sangat kecil, daun kelor ternyata memiliki segudang rahasia dan keistimewaan tersendiri bagi tubuh. Beragam Kandungan nutrisi dan senyawa alami yang dimilikinya, menjadi alasan kuat daun kelor sering dimanfaatkan khususnya bagi kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja kandungan dan manfaat daun kelor selengkapnya? Simak ulasan selengkapnya hanya disini.

manfaat daun kelor

Daun kelor (moringa oleifera) adalah sebutan untuk daun berwarna hijau berbentuk oval dengan ukuran kecil yang berasal dari tumbuhan jenis moringaceae. Tumbuhan ini pada umumnya memiliki ketinggian batang sekitar 7 hingga 11 meter. Bunganya berwarna putih kekuningan yang tak jarang mengeluarkan bau semerbak. Sedangkan buahnya berbentuk segitiga memanjang yang mana biasa disebut dengan kelentang.

Menurut cerita, tanaman kelor diketahui berasal dari Sub-Himlaya dan telah lama menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurdeva. Di masyarakat sendiri daun kelor sejak dulu telah dijadikan sebagai sayuran untuk dikonsumsi, lantaran meyakini bahwa sayuran ini bagus untuk kesehatan. Namun diluar itu, ada juga beberapa masyarakat yang menganggap bahwa daun kelor memiliki keterkaitan dengan dunia mistis.

Di kalangan para ilmiah sendiri, daun ini juga kerap disebut sebagai ‘Miracle Tree’ atau pohon ajaib. Hal tersebut tak lain lantaran menurut banyak penelitian, daun kelor memiliki manfaat dan khasiat yang begitu luar biasa khususnya untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk penelitian terkait khasiat daun kelor tersebut, sejatinya telah dilakukan sejak tahun 1980 yang di mulai dari bagian daunnya. Kemudian setelah itu, disusul dengan bagian tumbuhan kelor lainnya. Meliputi kulit batang, buah serta bijianya.

Kandungan nutrisi dan senyawa alami daun kelor

Organisasi kesehatan Dunia atau WHO tak luput menyarankan agar bayi dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan mengonsumsi daun ini. Hal tersebut dikarenakan didalam daun kelor sendiri terkandung berbagai zat yang bermanfaat. Diantaranya:

  • Vitamin C yang besarnya 7x lipat lebih tinggi dibanding jeruk
  • Vitamnin A yang besarnya 4x lipat lebih tinggi dibanding wortel
  • Potassium yang besarnya 3x lebih tinggi dibanding pisang
  • Kalsium yang besarnya 4x lipat lebih tinggi dibanding susu
  • Protein yang besarnya 2x lipat lebih tinggi dibanding susu

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kandungan daun kelor lainnya yang diketahui memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah berbagai asam amino essensial, vitamin lainnya dan berbagai senyawa antioksidan yang tentu khasiatnya telah diakui oleh para ilmuwan.

Khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan hingga kecantikan

manfaat daun kelor

Berikut adalah berbagai fungsi dan manfaat dari daun kelor secara menyeluruh, mulai dari kesehatan hingga kecantikan, yang mana semua akan kami bahas secara lengkap hanya disini.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

√ Meningkatkan kekebalan tubuh

Khasiat dari daun kelor ini hadir berkat kandungan vitamin A, vitamin C dan zat besi yang dikandungannya. Dimana semua kandungan tersebut bersinergi untuk meningkatkkan produksi sel darah putih dan sel darah merah, sehingga secara langsung mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan yang kuat, maka tubuh bisa menangkal berbagai jenis infeksi virus maupun bakteri pembawa penyakit.

√ Menjaga kesehatan mata

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa daun kelor disebut-sebut memiliki predikat sebagai sumber vitamin A. Hal tersebut karena kandungan vitamin A yang dimiliki daun kelor lebih tinggi dibandingkan yang terdapat dalam wortel. Vitamin A sendiri diketahui menjadi salah satu nutrisi untuk menunjang kesehatan mata. Sehingga jika Anda ingin mendapatkan manfaat daun kelor untuk mata ini, sebaiknya Anda konsumsi daun kelor setiap hari ya.

√ Meningkatkan kesuburan pada wanita

Ini merupakan salah satu manfaat daun kelor untuk rahim. Ya, kandungan antioksidan, zat besi dan asam folat dipercaya mampu meningkatkan kesehatan reproduksi wanita terutama bagi Anda yang kini ingin cepat hamil. Namun bagi pria yang juga ingin meningkatakan kesuburan, Anda juga bisa mengonsumsi daun juga bunga kelor secara teratur dan tiak berlebihan. Selain kesuburan, daun kelor juga dipercata mampu memperlancar haid, mengatasi miom dan meningkatkan kesehatan rahim lainnya.

√ Mengatasi penyakit diabetes

Menurut sebuah studi ilmiah, manfaat daun kelor untuk diabetes juga layak diperhitungkan. Lantaran obat herbal diabetes ini terbukti dapat membantu menurunkan gula darah. Penelitian lebih lanjut juga telah mengkonfirmasi, bahwasannya kandungan protein nabati yang tinggi didalam daun kelor dapat mengurangi resiko terjadinya diabetes tipe 2. Para Ahli juga menyebutkan bahwa mengganti 5 gr protein hewani dalam daging dengan protein nabati mampu mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 18%. Sedangkan dalam 1 cangkir sari kelor diketahui setara dengan jumlah protein di dalam 100 gr daging.

√ Mencegah kanker

Daun kelor disebut-sebut sebagai sumber antioksidan, yang mana salah satu khasiatnya dapat membantu Anda mencegah kanker. Alasannya lantaran tingginya kandungan antioksidan yang dimilikinya melebihi anggur merah dan bawang putih yang populer akan kandungan antioksidannya. Kandungan antioksidan dalam daun kelor juga diketahui dapat membantu mempercepat regenerasi sel serta mencegah keruksakan sel di dalam tubuh, sehingga mampu menghambat poliferasi sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat daun kelor untuk kanker ini, untuk itu jangan lupa untuk makan sayuran ini setiap hari tentunya dengan jumlah yangsesuai dan tidak berlebihan.

√ Mencegah resiko janin cacat dalam kandungan

Kandungan flavonoid, polifenol dan asam askorbat yang terkandung dalam daun kelor, diketahui mampu mencegah terjadinya keruksakan DNA dan degradasi DNA yang menyebabkan janin cacat dalam kandungan. Selain itu, masih terdapat beberapa manfaat daun kelor untuk ibu hamil lainnya. Seperti membantu mencukupi nutrisi yang di butuhkan tubuh selama kehamilan, mencegah berbagai penyakit dan infeksi, menambah energi pada ibu hamil dan masih banyak lagi yang lainnya.

√ Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui juga sangat baik, salah satunya yakni dapat meningkatkan dan mempersubur produksi ASI. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap di dalam daun kelor menjadi alasannya. Selain itu, kandungan zat besi yang terdapat didalamnya juga mampu mencegah Anemia. Untuk itu, jika Anda merasakan khasiat dari daun kelor yang satu ini, maka jangan segan untuk memasukan sayuran sehat ini dalam menu makanan Anda.

√ Mengobati asam urat

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, didalam daun kelor juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan nyatanya baik untuk kesehatan tulang, sendi dan gigi. Selain itu, daun kelor juga mampu mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya akibat penumpukan asam urat di sendi. Selain manfaat daun kelor untuk asam urat, daun ini juga nyatanya baik untuk mengatasi pegal linu dan keluhan tulang atau sendi lainnya.

Adapun selain apa yang telah di sampaikan diatas, masih banyak lagi kegunaan daun kelor untuk kesehatan. Diantaranya mampu menyehatkan jantung dan liver, mengobati epilepesi, meningkatkan kesehatan pencernaan hingga menurunkan asam lambung tinggi. Khasiat daun kelor juga cukup efektif untuk mengatasi alergi, mengobati cacingan, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah

√ Menjaga kesehatan kulit

Apabila Anda rajin mengonsumsi daun kelor, maka vitamin C dan antioksidan yang terdapat didalamnya mampu menyehatkan kulit Anda. Sehingga kulit Anda mulus dan terhindar dari jerawat.

√ Menghilangkan flek hitam di wajah

Di beberapa negara, ekstrak daun kelor telah di gunkan menjadi salah satu dari bahan baku pembuatan kosmetik dan pelembab alami. Alasannya, karena lebih dari 30 zat antioksidan dan kandungan lainnya yang terdapat dalam daun kelor baik untuk kesehatan kulit. Beberapa diantaranya seperti tembaga, besi, seng, silika, mangan dan magnesium. Kandungan tersebut juga sekaligus mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit wajah dari flek hitam.

√ Memperlambat efek penuaan

Menurut sebuah studi, suplementasi antara daun kelor dan bayam mampu meningkatkan senyawa antioksidan didalam tubuh. Dimana hal tersebut memiliki peranan penting dalam memperlambat efek penuaan.

Selain untuk kecantikan daun wajah daun kelor juga mengandung nutrisi yang diketahui mampu menguatkan hingga melebatkan rambut. Sehingga rambut menjadi lebih sehat, kuat dan mengkilap. Bahkan menurut penelitian seorang ahli, daun kelor juga memiliki manfaat dalam mengatasi masalah pencernaan. Sehingga dampaknya dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Daun ini diketahui mengandung senyawa polyphenol dan antioksidan yang tinggi. Sehingga akhirnya racun didalam tubuh terdetoksifikasi hingga memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.

Bagaimana cara mengolah daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan?

Adapun untuk cara menggunakan atau meramu daun kelor agar kita mendapatkan khasiatnya yang maksimal, Kita bisa memanfaatkan daun kelor seger maupun daun kelor kering secara langsung. Baik itu sebagai teh daun kelor, lalapan yang di rebus atau pelengkap menu makanan yang disajikan. Anda untuk kecantikan, Anda bisa mengolahnya sebagai masker wajah, yang bisa dicampur dengan madu, minyak zaitun dan lainnya.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat daun kelor. Dan ingat, meski daun kelor ini tergolong alami, namun tetap saja Anda harus menggunakannya secara bijak dan tidak berlebihan untuk menghindari efek samping daun kelor yang kemungkinan bisa saja muncul. Dan apabila Anda masih ragu, terutama khasiatnya bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultaskan terlebih dahulu dengan dokter. Salam sehat dan berkah untuk kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *