Manfaat Cuka Apel Yang Istimewa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat cuka apel telah sejak lama disebut-sebut mampu memberikan efek positif bagi tubuh. Baik itu untuk kesehatan hingga kecantikan. Bahkan sejak zaman Yunani Kuno, cuka apel merupakan salah satu dari bahan pengobatan yang sering kali dipakai oleh ahli kesehatan di masa lalu. Lalu, apa saja khasiat cuka apel yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan dan kecantikan? ketahui selengkapnya dengan menyimak ulasan singkat berikut ini.

manfaat cuka apel

Cuka apel merupakan sejenis minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Dan setelah cairan sari apel didapat, maka ke dalamnya akan dimasukan bakteri dan juga ragi, untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain itu, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol tersebut. Dan dalam proses fermentasi ke dua, alkohol akan diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter).

Dan cuka apel yang di peroleh dari hasil proses fermentasi panjang ini juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, kaketik, antioksudan, antibakteri dan lainnya. Dan karena berbagai kandungan yang dimilikinya tersebut, kini cuka apel mulai kembali dimanfaatkan oleh masyarakat. Baik untuk menjaga kesehatan, perawatan kecantikan hingga bisa pengobatan berbagai penyakit.

Khasiat dan manfaat cuka apel untuk kesehatan hingga kecantikan

Pada dasarnya, terdapat beberapa manfaat cuka apel yang sangat diincar oleh masyarakat. Dan berikut beberapa diantaranya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu diantara manfaat cuka apel yang cukup terkenal adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan dengan mengonsumsi cuka apel secara teratur diyakini mampu menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Dan menurunkan kadar lipis dendiri mampu mencegah penyakit jantung.

Sebuah studi 2014 yang dilakukan pada tikus betina, mampu menemukan cuka apel yang serupa, yakni mampu menemukan manfaat cuka apel yang serupa, yakni mampu menurunkan lemak darah. Dan studi 2017 menyatakan bahwasannya tikus jantan yang diberikan cuka apel memiliki kesehatan jantung dan pembuluh darah yang lebih baik. Dan meski tikus mengonsumsi makanan tinggi lemak, maka cuka apel mampu mengurangi resiko obesitas yang berkaitan dengan kesehatan jantung yang buruk.

2. Mengatasi diare

Didalam cuka apel diketahui terdapat senyawa pektin, yang mana mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Dengan keberadaan bakteri baik di usus ini, diketahui sangat baik bagi pencernaan lantaran mampu melancarkan saluran cerna dengan mencegah terjadinya peradangan diorgan cerna Anda.

Dan dikutip dari sumber terpercaya, terdapat penelitian yang membuktikan bahwasannya cuka apel juga memiliki sifat antibiotik alami yang mampu menghancurkan bakteri E. coli dan juga Sammonella. Dan bakteri tersebut sendiri merupakan penyebab utama diare dan juga keracunan makanan. Sehingga karena itulah, beberapa ahli menyimpulkan bahwa bahan herbal ini mampu mengatasi diare dan infeksi bakteri.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Menurut Carol Johnston, sifat cuka apel diketahui membatasi penyerapan karbohidrat. Sehingga sebagian karbohidrat dan pati yang tidak tercerna akan menjadi makanan untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan Anda. Sehingga berbagai gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung sembelit dan gangguan pencernaan bisa diatasi dengan herbal ini.

Namun Anda disarankan mengonsumsi cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan. Biasanya jenis cuka apel ini berwarna coklat keruh dsn apabila didiamkan akan terbentuk ampas di dalam botol.

4. Mengatur kadar gula darah

Manfaat cuka apel yang satu ini juga cukup terkenal di kalangan para ahli kesehatan. Salah satu diantaranya dikemukakan oleh sebuah jurnal diabetes care, yang menyatakan bahwasannya cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Sehingga pada saat Anda mengonsumsi cuka apel sebelum makan, maka herbal ini akan bekerja untuk dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah.

Seorang ahli yang diketahui bernama Carol Johnston, Ph. D dari Arizona State University juga telah mempelajari cuka apel selama 10 tahun. Dan menurutnya, cuka apel memiliki efek antiglikemik. Sehingga cuka apel mampu menghambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah tidak akan meningkat secara drastis, khususnya setelah makan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Menurut salah seorang ahli gizi bernama Debbie Davis, RD menyatakan bahwasannya cuka apel mungkin berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Bahkan sebuah penelitian yang mempelajari efek panjang cuka apel untuk kesehatan juga menemukan bahwa mengonsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, meski memang dalam jumlah yang sedikit.

Dan pada saat penelitian manfaat cuka apel tersebut, para peserta diminta untuk mengonsumsi 2 sendok makan cuka sebelum makan besar setiap harinya selama 4 minggu. Dan rupanya, berat badan yang turun berkisar 1-2 kg. Meski begitu, banyak ahli yang berpendapat, bahwa cara menurunkan berat badan yang baik dan benar tetap harus diringi dengan menjaga pola makan dabn juga diringi dengan olahraga secara teratur.

6. Mengurangi bintik-bintik hitam

Didalam cuka apel diketahui terkandung salah satu unsur bernama Alpha Hydroxy Acid atau AHA. Banyak tenaga ahli yang menyebutkan bahwasannya kandungan ini dapat membantu menghilangkan kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang sehat sehingga kulit cantik terawat bukan hanya sebatas mimpi. Dan selain itu, kandungan didalamnyapun mampu menyamarkan noda hitam bekas jerawat hingga secara perlahan menghilang

7. Mengatasi jerawat

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui, bahwa manfaat cuka apel untuk jerawat juga cukup efektif. Kandungan asam malat yang terkandung didalam cuka apel bertugas sebagai antibakteri dan anjamur. Bahkan penggunaan cuka apel secara teratur pada wajah juga dapat menghindarkan Anda dari bercamnpurnya kotoran, minyak dan bakteri penyebab jerawat. Sehingga tak heran apabila bahan alami yang satu bisa cukup diandalkan untuk menghilangkan jerawat.

8. Mengecilkan pori-pori

Tak hanya mampu menghilangkan bintik penuaan, kandungan Alpha Hydoxy Acid (AHA) yang terkandung dalam cuka sari apel juga diketahui cukup efektif untuk di jadikan sebagai cara mengecilkan pori-pori. Sehingga menjadikan kulit wajah Anda halus saat disentuh. Kandungan AHA juga mampu memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajah Anda menjadi cerah.

9. Menyeimbangkan pH kulit wajah

Jika Anda sering merasakan kulit wajah anda terlalu berminya, terlalu kering atau kurang kencang dan elastis, maka kemungkinabn dikarenakan pH kulit wajah Anda kurang seimbang. Kondisi ini dapat mengundang berbagai permasalahan lainnya. Namun Anda tak perlu khawatir lagi, karena ternyata manfaat cuka apel mampu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Dan perawatan alami ini cocok untuk merawat dan mencegah kulit wajah kering atau berminyak.

10. Mencegah munculnya kerutan

Bagi Anda yang khawatir muncul kerutan terlebih akibat faktor penuaan, maka cobalah untuk menggunakan cuka apel setiap hari pada wajah. Kandungan asam didalamnya mampu memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga Anda dapat tampil awet muda, mempesona dan tentunya memikat.

Nah itulah berbagai macam manfaat cuka apel, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Selain itu, masih manyak khasiat cuka apel lainnya. Diantaranya seperti, mengatasi penyakit asam urat, batu empedu, eksim, ginjal, infeksi jamur, menghilangkan kutil, obat psoriasis alami, mengatasi bopeng, menghilangkan racun diwajah, mengatasi kulit yang terbakar matahari,baik untuk ibu hamil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun Anda juga sebaiknya menggunakannya dengan bijak dan tidak berlebihan, untuk mencegah samping cuka apel yang kemungkinan dapat muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *