Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat bunga matahari ternyata tak hanya menjadi hiasan di depan mata saja, melainkan juga sangat baik untuk kesehatan. Namun sayangnya hal ini masih minim di ketahui oleh khalayak luas. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, harap jangan sampai melawatkan ulasan singkat berikut ya!

manfaat bunga matahariSiapa yang tak kenal bunga matahari? Bentuknya yang menyerupai sang surya yakni bulat, berwarna kuning dan sering menghadap ke arah matahari ini pastinya sudah di kenal oleh banyak orang. Dan mungkin anda juga pernah memperhatikan, bunga ini akan menunduk saat malam hari dan akan menghadpkan mukanya saat siang hari.

Bunga matahari yang memiliki nama latin Helianthus annuus L. ini berassal dari Amerika serikat. Namun di Indonesia khususnya di daerah Jawa sendiri bunga ini di kenal sjak tahun 1919. Pada dasarnya, tanaman bunga matahari ini banyak di tanam di kaswan pegunungan dengan kelembaban yang cukup serta memperoleh sinar matahari secara langsung. Tanaman ini umumnya tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter.

Namun karena bentuknya yang indah, bunga ini sering kali di jadikan tanaman hias untuk memperccantik pekarangan rumah. Namun dengan seiring perkembangan zaman serta kesadaran masyarakat akan banyaknya khasiat yang di hasilkannya, sebagian iorang telah memanfaatkan tanaman ini khususnya bunganya untuk kesehatan dan pengobatan.

Kandungan dan manfaat bunga matahari untuk kesehatan

Menurut penelitian yang telah banyak di lakukan bunga matahari sendiri memiliki beberapa jenis senyawa yang baik untuk kesehatan seperti helianhoside A-B-C, quercimeritrin, asam echinocysat dan asam aleanolat

Sedangkan di dalam bijinya terkandung prostagladi E, beta sitosterol, asam quinat, asam chlorogenic, dan 3-4 benzopyrine. Adapun di dalam setiap 100 gr bijinya, terdapat kandungan lemak total sebanyak 100, yang terdiri dari lemak jenuh sebanyak 9,8, lemak tak jenuh 11,7 dan sisanya adalah linoleat 72,9 dan sisanya tidak mengandung kolesterol.

Adapun semua bagian bunga matahari di ketahui memiliki kebaikan untuk kesehatan, Seperti halnya, bunga memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah serta sebagai pengusir rasa sakit yang cukup mujarab. Sedangkan bijinya bermanfaat sebagai anti-disentri dan juga campak. Adapun khasiat bunga matahari selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi sakit kepala

Apabila anda kini tengah merasakan sakit kepala yang begitu mengganggu, baik karena bahaya hipertensi maupun lainnya, anda bisa menggunakan bunga matahari sebagai solusi alternatifnya. Anda bisa memanfaatkan bungamatahri yang di rebus bersama air dan telur ayam yang tidak di pecahkan. Setelah airnya hanya tersisa kurang lebih satu gelas, minumlah 2 kali sehari setelah makan.

2. Mengobati sakit rematik

Penyakit rematik adalah sallah satu jenis penyakit persendian yang cukup sulit untuk di sembuhkan. Namun anda tak perlu risau kembali. Karena ternyata penyembuhannya bisa di usahakan dengan menggodok bagian kepala bunga matahari. Setelah itu, dapat di balurkan ke bagian yang sakit.

3. Mengobati mastitis

Pengobatan mastitis atau peradangan pada opayudara juga ternyata bisa di atasi dengan pemakain bunga matahari. Adapun cara memanfaatkannya, anda bisa memotong halus kepala bunga matahari untuk di jemur. Jika telah kering, anda bisa menyangrainya untuk kemudian di giling menjadi tepung. Ambil sekitar 15 gr, kemudian campurkan sedikit dengan arak putih, gula dan juga setengah gelas air putih hangat. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

Namun menurut keterangan beberapa ahli naturopati dan homeopati Fr. Amarullah H. Siregar, MSc, PhD, menyatakan bahwasannya wanita hamil dan yang sedang menyusui tidak di anjurkan untuk mengonsumsi ramuan bunga matahari untuk pengobatan dalam.

Selain dari pada itu, tentu masih banyak manfaat yang bisa di anda dapatkan dari sunflower ini. Bahkan tak hanya kesehatan, manfaat bunga mataharui untuk kecantikan juga begitu melimpah. Seperti halnya mencegah keriput, sebagai tabir surya alami, menghilangkan jerawat, mengurangi flek hitam di wajah, menghaluskan kulit, menyuburkan rambut, menghilangkan riasan dan sebagainya. Bahkan yang lebih praktisnya, kini telah banyak minyak bunga matahari yang di jual di beberaopa apotik.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel seputar manfaat bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan ini dapat bermanfaat dan menmabah wawasan baru anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *