Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengatasi Hipertensi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan di ketahui sangat melimpah. Dan salah satu diantaranya adalah dapat mengatasi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya jangan sampai lewatkan untuk menyimak ulasan singkat berikut ini.

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang di tandai dengan peningkatan tekanan darah yang tinggi. Seseorang di sebut memiliki hipertensi pada saat tekanan darahnya menunjukkan pada angka kurang lebih 140/90 mmHg. Bahkan jika kondisi hipertensi ini tidak terkendali maka dapat meningkatkan kinerja jantung yang berakibat pada pembesaran otot-otot jantung hingga kegagalan fungsi jantung. Bahkan tekanan darah yang tinggi juga mampu menekan arteri dalam otak sampai pecah dan menyebabkan stroke.

Oleh sebab itu, untuk menghindari berbagai bahaya hipertensi tersebut, jika anda kini sedang mengalami tekanan darah tinggi sebaiknya perlu segera di turunkan. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi pun sejatinya bisa di lakukan dengan berbagai cara termasuk dengan bahan alternatif alami, seperti halnya dengan menggunakan buah mengkudu.

Khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi

manfaat buah mengkuduMengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifolia adalah tanaman dengan tubuh pohon yang tidak terlalu besar, dan biasanya hanya bisa mencapai ketinggian 3-8 meter. Tanaman ini sendiri telah sejak lama di kenal dapat mengatasi berbagai jenis penyakit terutama bagian buahnya.

Ciri khas dari buah mengkudu sendiri diantaranya memiliki bentuk berbuku-buku tidak teratur hingga bau khas seperti keju busuk, sehingga banyak orang enggan mengonsumsi buah ini. Saat buah masih muda, buah memiliki warna hijau yang mengkilat dan bintik-bintik hitam di seluruh buah. Namun jika sudah tua, buah ini akan berubah menjadi warna putih dan bintik-bintik hitam di sekitarnya, dengan tekstur buah yang sedikit lunak.

Namun jangan salah, di dalambuah menkudu sendiri kaya akan berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat mendukung kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, protein, zat-zat mikro seperti xeronine, proxeronine, steroid alami, alizarin, sodium, asam kaprilat, asam kaproat, alizarin, lysin dan asam kaprat. Di dalamnya juga terkandung senyawa scopoletin, yang bersifat sebagai antibakteri dan juga antiinflamasi.

Adapun untuk hipertensi sendiri, kandungan antiinflamasi inilah yang di yakini mampu menurunkan tekanan darah. Karena pada dasarnya tekanan darahtinggi sendiri di peroleh dari adanya penyempitan pada pembuluh darah. Nah, buah mengkudu ini memberikan efek pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan yang ada pada dinding-dinding pembuluh darah menjadi berkurang dan sebagai efeknya tekanan darah pun menjadi menurun.

Cara mengolah buah mengkudu untuk di jadikan obat antihipertensi

Bagi anda yang ingin mengolah buah mengkudu ini untuk mengobati penyakit hipertensi, sebaiknya anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan buah mengkudu yang sudah matang dan juga mentimun yang telah di cuci bersih.
  • Kemudian anda bisa langsung menumbuk kedua bahan tersebut hingga bertekstur halus. Anda juga bisa mengupas terlebih dahulu kulitnya sebelum menumbuknya.
  • Setelah itu saring dan perat hingga kandungan airnya keluar. Dan masukan sari-sarinya ke dalam gelas.
  • Tambahkan air dan gula ke dalamnya untuk menyamarkan rasa.
  • Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan alami hipertensi ini secara teratur 2 kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

Selain untuk hipertensi, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan lainnyapun begitu melimpah. Diantaranya dapat meredakan sakit kepala, melancarkan pencernaan, antiinflamasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan kolesterol, mencegah kanker, mengobati asam urat, mengobati diabetes, radang kulit, bronkitis, peradangan usus, sakit gigi, penyakit gondok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, meski manfaat buah mengkudu begitu melimpah ruah, sebaiknya buah mengkudu tidak di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan, terutama untuk pengobatan. Hal tersebut di khawatirkan malah menciptakan efek kurang baik bagi kesehatan anda. Dan sebagai peringatan khusus, buah mengkudu juga sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu hamil, menyusui dan penderita liver, akibat alasan medis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *