Manfaat Buah Manjakani Untuk Wanita Dan Kesehatan Menyeluruh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah manjakani yang begitu istimewa bagi wanita bukanlah rahasia umum lagi. Sehingga pada saat ini tak sedikit dari produk kesehatan kewanitaan yang memanfaatkan manjakani sebagai salah satu komposisinya. Bahkan secara lebih luas, khasiat manjakani juga baik untuk untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, ada baiknya anda menyimak ulasan singkat berikut ini.

Manfaat Buah Manjakani Untuk Wanita Dan Kesehatan Menyeluruh

Indonesia merupakan satu dari banyak negara yang di berkati kekayaan hayati yang luar biasa, salah satunya buah. Berbagai jenis buah terdapat di Indonesia, yang tak jarang buah tersebut kaya akan manfaat bagi tubuh seperti halnya buah manjakani atau majakani. Buah yang satu ini dipercaya memiliki manfaat yang begitu besar, terlebih apabila di konsumsi oleh para wanita.

Di Asia, buah yang memiliki nama latin Quercus Infectoria Olivier (Alleppo Oak) ini selama berabad-abad telah di manfaatkan sebagai jamu dan juga herbal penunjang kesehatan organ intim wanita. Seperti mengatasi keputihan, gatal-gatal pada vagina dan lainnya. Bahkan penelitian terbaru menyebutkan, buah yang memiliki bentuk bulat ini bisa membantu vagina menjadi lebih elastis.

Dalam salah satu riset yang di lakukan oleh pakar herbalis Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma menyatakan bahwasannya ekstrak manjakani mampu membantu mengencangkan otot kewanitaan wanita, tentunya dengan campuran bahan herbal lainnya sehingga manfaatnya lebih tepat. Beliau juga menjelaskan bahwasannya manjakani juga di prcaya lebih bagus dan efektif jika dibandingkan dengan penggunaan daun sirih.

Kandungan buah manjakani

Di dalam buah manjakani diketahui terdapat berbagai kandungan senyawa dan nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan organ kewanitaan dan tubuh secara menyeluruh. Diantaranya:

  • Karbohidrat
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Antioksidan
  • Asid tanik
  • Serat
  • Kalsium
  • Tanin
  • Zat besi
  • Protein

Selain dari pada itu, manjakani juga memiliki berbagai sifat pengobatan seperti astringent yang kuat, Astruis topikal, aplaksi topikal (penyembuhan luka), antidiarrheal, antidysenterik, ntihemorrhagic, anti-inflamasi, pembakar lamak dan juga antiradikal bebas.

Khasiat dan manfaat buah manjakani untuk wanita

Manfaat Buah Manjakani Untuk Wanita Dan Kesehatan MenyeluruhBerikut adalah beberapa manfaat penting manjakani untuk wanita, yang pada umumnya masih jarang diketahui.

1. Bersifat sebagai antibakteri dan jamur

Dalam beberapa riset yang telah di lakukan, manjakani di ketahui memiliki sifat antibakteri yang baik, sehingga memang efektif dalam memberantas jamur dan bakteri pada area intim wanita. Hal tersebut seperti halnya telah di sampaikan dalam makalah yang berjudul Antibacterial Activity Possesed by Medical Plants Used in Tooth Powder, Annal of Clinical Microbiology And Antimicrobials dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun yang melatarbelakanginya ialah berbagai kandungan dan mineral yang terdapat di dalam manjakani seperti antioksidan, vitamin C, vitamin A, kalsium, selenium dan zat besi. Sehingga apabila anda mengalami rasa gatal dan perih di area kemaluan akibat infeksi jamur maupun keputihan berlebih, anda bisa mengatasi berbagai permasalahan tersebut menggunakan buah oak ini.

2. Mengatasi keputihan berlebih

Cairan maupun lendir keputihan yang berlebih akibat bakteri juga nyatanya bisa diatasi dengan buah yang satu ini. Prof. Hembing salah satu diantara pakar herbal, yang memberikan pernyataan akan kemanjuran manjakani sebagai solusi tepat untuk mengatasi masalah cairan berlebih. meski beliau juga menyarankan pemakaiannya juga haus di barengi dengan resep alami lainnya.

Adapun cairan berlebih atau keputihan yang tidak normal sendiri biasanya memiliki ciri berbau, nyeri dan juga berwarna. Umumnya kondisi tersebut bisa di sebabkan cairan telah terkontaminasi jamur, trimokonas, bakteri, gonore dan lainnya.

Adapun jika di sebabkan oleh jamur, biasanya cairan lendir akan berwarna putih pekat seperti susus dan juga kenatal. Sedangkan apabila di sebabkan oleh trikomonas, lendir akan berwarna putih kuning hingga kehijauan dengan di sertai bau yang menyengat. Namun jika lendir berwarna kekuningan yang di sertai nyeri saat buang air kecil, maka kondisi tersebut bisa di sebabkan oleh gonore.

3. Meremajakan organ intim wanita

Khasiat manjakani dalam membantu elastisitas organ intim kewanitaan telah di kenal sejak ribuan tahun lalu. Khasiat ini tak hanya di rasakan oleh para isti melainkan juga suami saat melakukan aktivitas hubungan intim. Adapun fungsi merapatkan otot-otot vagina yang kendur ini berasal dari manfaat astringent (menciutkan/memkontruksikan jaringan) yang terdapat dalam manjakani.

Astringent tersebut umumnya di hasilkan oleh tanin, gallic dan ellagic acid yang terkandung dalam buah oak ini. Bahkan kandungan tanin di dalam buah manjakani sangat kuat mencapai 50-70%. Sehingga sampai saat ini, manjakani di ketahui sebagai tanaman yang menghasilkan astringent paling tinggi. Meski begitu, pemakaiannya tetap harus menggunakan dosis yang tepat sehingga tidak menimbulkan efek samping yang tidak di harapkan.

Namun yang perlu di catat disini adalah, meski mampu merapatkan vagina namun manfaat dari buah ini tidak bisa membuat para istri 100% menjadi seperti perawan kembali. Namun hasil yang di peroleh hanya akan mirip seperti perawan kembali. Bahkan di Malaysia buah ini dimanfaatkan untuk jamu rapat pasca melahirkan. Yang mana mampu mengecilkan rahim dan vagina hingga mengkontruksikan jaringan. Khasiat tersebutpun di bukukan oleh Muhammad Z Mustafa AM dalam bukunya yang berjudul “Traditional Malay Medical Plant”.

4. Mengobati kista ovarium

Buah majakani juga sering kali di olah menjadi obat kista terutama di Aceh. Bisanya manjakani di campur dengan ramuan alami lainnya seperti rempah-rempah sirih, kayu putih, rumput fatimah, buah pinang muda, kunyit putih dan lainnya. Namun, di perlukan pengolahan khusus untuk bisa mencapai khasiat manjakani sebagai herbal efektif untuk kista.

5. Meningkatkan fleksibelitas payudara

Taka hnaya mampu meningkatkan keelastisan vagina, manfaat manjakani untuk wanita lainnya adalah mampu membuat payudara wanita menjadi lebih kencang dan memiliki fleksibelitas yang tinggi. Sehingga buah ini bisa membantu merawat payudara anda, agar tetap memiliki bentuk indah dari dalam. Hal ini bisa di peroleh dengan mengonsumsi jamu manjakani atau menumbuk buah manjakani untuk di jadikan sebagai lulur.

6. Sebagai alat kontrasepsi alami

Di kalangan perempuan Aceh, buah ini sering kali di manfaatkan oleh wanita yang sudah menikah yang ingin menunda memiliki momongan terlebih dahulu. Dengan pengolahan secara lebih khusus, buah ini sendiri memiliki manfaat sebagai alat kontrasepsi alami sebagai penunda kehamilan yang aman.

7. Membuat lebih awet muda

Kandungan antioksidan, vitamin C serta vitmin A yang terdapat dalam buah manjakani dapat membuat anda menjadi lebih awet muda. Sehingga kulit nampak lebih sehat, kencang, bersinar dan bebas dari berbagai keriput dan garis halus yang menandakan penuaan dini. Antioksidan sendiri di ketahui mampu memproteksi kulit dari paparan sinar matahari dan bahaya radikal bebas, sehingga anda akan selalu kelihatan muda.

8. Mencegah kanker payudara

Kanker payudara adalah satu jenis kanker yang telah banyak merenggut banyak wanita di dunia. Namun para wanita jangan risau lagi akan hal tersebut. Karena selain mampu meningkatkan fleksibelitas payudara, manfaat buah manjakani juga bisa menjaganya sehingga dapat terhindar dari kanker payudara.

Adapun untuk pengolahan manjakani khusus untuk wanita, bisa di lakukan dengan beberapa cara. Mulai dari mengoleskan serbuk manjakani yang di campur sedikit dengan air ke organ kewanitaan, di rebus, di jadikan lalapan, campuran bumbu rempah dan juga di konsumsi bersama madu.

Dan karena kandungan dosis tannin yang tinggi di dalamnya, terdapat beberapa tindakan pengamanan saat mengonsumsi manjakani seperti mulailah dengan dosis yang rendah, tidak di sarankan di konsumsi oleh ibu hamil, wanita yang sedang haid dan perawan serta hentikan penggunaannya apabila merasakan efek samping yang negatif.

Khasiat buah manjakani untuk kesehatan secara menyeluruh

Selain untuk meningkatkan kesehatan wanita, berikut adalah khasiat lainnya yang juga sangat penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Diantaranya adalah:

  • Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi
  • Mencegah terjadinya konstipasi
  • Menyehatkan mata
  • Menyembuhkan luka
  • Mencegah diabetes
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat dan manfaat buah manjakani khususnya bagi wanita dan umumnya bagi kesehatan secara menyeluruh. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi anda di dunia herbal. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *