Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat bawang dayak pada dasarnya mungkin belum diketahui oleh sebagian besar orang. Padahal, tanaman yang berjuluk ‘Si Umbi Ajaib’ ini ternyata memiliki khasiat yang cukup efektif bagi tubuh terutama untuk pengobatan beragam jenis penyakit lho. Ingin tahu seberapa dahsyat manfaat dari bawang dayak ini bagi kesehatan Anda? Maka dari itu, simak informasi selengkapnya dalam ulasan singkat yang akan admin berkah walatra sampaikan pada kesempatan berikut ya!

manfaat bawang dayak

Sesuai dengan namnya, bawang dayak yang memiliki nama latin Eleutherine palmifolia L. Merr ini merupakan tanaman yang banyak di budidayakan oleh masyarakat dayak di pulau Borneo Kalimantan. Bawang dayak sendiri telah di gunakan secara turun temurun oleh masyarakat dayak sebagai obat alternatif untuk mengatasi beragam jenis penyakit. Bawang dayak juga memiliki beberapa nama lokal di masyarakat, Seperti bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwai, bawang lubak, bawang hantu.

Meski sepintas terlihat seperti bawang merah, namun nyatanya kedua jenis bawang tersebut berbeda. Bawang dayak sendiri memiliki permukaan yang licin, bau yang tidak menusuk dan saat kita mengirisnya tidak akan menyebabkan mata terasa perih layaknya bawang merah pada umumnya. Ciri khas lainnya dari bawang dayak adalah jika di pegang maka warna merah yang terdapat pada bawnag ini tidak akan menempeldi tangan.

Apa saja kandungan didalam bawang dayak?

Penggunaan bawang ini untuk kesehatan bukan tanpa alasan. Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, bawang dayak diketahui mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk kesehatan. Diantaranya seperti alkaloid, flavonoid, steroid, glikosida, fenolik dan zat tanin yang mana kesemuanya bagus untuk kesehatan.

Sehingga tak heran, apabila dengan berbagai kandungan yang dimilikinya tersebut, sangatlah pantas jika bawang dayak di kategorikan sebagai salah satu tanaman obat tradisional di era moderen dalam kehidupan manusia. Bahkan harga bawang dayak diketahui memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantara jenis bawang lainnya.

Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh

manfaat bawang dayak

Berikut adalah berbagai manfaat bawang dayak khususnya untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh yang sebaiknya perlu Anda ketahui.

√ Mengatasi flu

Khasiat bawang dayak yang bisa Anda dapatkan yakni dapat mengatasi flu. Sudah cukup lama msyarakat menggunakan bawang ini sebagai obat flu alami. Hal tersebut berkat kandungan glikosida didalamnya yang berfungsi sebagai antibakteri, antiradang yang ampuh untuk menurunkan demam dan berbagai meringankan gejala flu lainnya.

√ Mengobati sakit perut

Dengan kandungan tannin yang terdapat didalamnya, bawang dayak juga bisa Anda jadikan sebagai obat alami sakit perut. Tanning sendiri diketahui mampu mengurangi gas disaluran pencernaan, meredakan perut kembung hingga mengatasi masalah konstipasi atau sembilit pada anak maupun deawasa.

√ Melancarkan peredaran darah

Didalam bawang dayak tekandung senyawa karbohidrat yang mengandung glikosida. Sehingga tak heran manfaat bawang dayak ini juga bisa dipergunakan untuk melancarkan peredaran darah yang telah terbukti secara efektif.

√ Melancarkan metabolisme tubuh

Didalam bawang dayak juga terkandung senyawa alkaloid, yang mana dapat membantu mempelancar sistem metabolisme tubuh seperti radang usus, sembelit serta ginjal. Selain itu, tanaman herbal ini juga mampu menjaga stamina tubuh tetap terjaga secara optimal.

√ Memperbaiki sistem pernafasan

Mengonsumsi bawang dayak diketahui dapat meningkatkan suhu tubuh. Sehingga mampu mencegah timbulnya lendir dan juga plak paru-paru yang mana dapat mengganggu sistem pernapasan. Bahkan tanaman ini juga dipercaya dapat membuang kotoran yang diakibatkan udara yang kotor.

√ Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Tanaman khas Kalimantan ini diketahui mengandung falavonoid dan juga saponin yang mana dapat membatu kaum wanita untuk menjaga organ reproduksi. Sehingga manfaat bawang dayak ini juga sangat baik untuk mencegah keputihan, memperlancar datang bulan, mengatasi rasa sakit datang bulan hingga dapat membersihkan area organ intim.

√ Melancarkan produksi ASI

ASI merupakan asupan terbaik untuk Bayi. Namun, tidak semua ibu dapat memberikan ASI secara optimal pada buah hatinya. Adapun salah satu alternatif untuk mengatasinya yakni dengan mengonsumsi bawang dayak. Karena manfaat bawang dayak sendiri diyakini mampu membantu memperlancar air susu, mengatasi mual hingga bengkak.

√ Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Kandungan kalsium dan mineral yang cukup tinggi didalam bawang dayak sangat bagus untuk menguatkan tulang, sehingga bisa menghindarkan Anda dari masalah osteoporosis atau pengapuran tulang. Masalah tulang ini biasanya kerap kali menyerang meraka yang kekurangan kalsium dan juga mereka yang telah lanjut usia.

√ Mengobati amandel

Amandel merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita oleh anak maupun dewasa. Jika dibiarkan begitu saja, maka pembengkakan yang terjadi akan semakin parah, sehingga susah untuk menelan makanan. Adapun salah satu alternatif untuk mengobati amandel adalah dengan mengonsumsi ramuan atau obat herbal bawang dayak.

√ Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C juga antioksidan yang terdapat didalam bawang dayak diketahui cukup tinggi. Sehingga menjadikan manfaat bawang dayak diketahui cukup banyak. Diantaranya mampu meningkatkan ketahanan tubuh, apabila Anda mengonsumsi bawang ini secara teratur. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam masakan Anda.

√ Mengobati hepatitis

Tak hanya mampu membantu mengobati penyakit ringan saja. Ternyata manfaat bawang dayak juga mampu dijadikan alternatif untuk pengobatan penyakit kronis seperti penyaki kuning atau didalam istilah medisnya disebut dengan hepatitis.

√ Mengobati penyakit diabetes

Khasiat dari bawang dayak juga nyatanya bisa dinikmati oleh penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin yang terkandung ddialam bawang dayak memiliki aktivitas hipoglikemik yang mana mampu menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu, bagi penderita diabetes, tak ada salahnya jika Anda secara langsung membuktikan manfaat bawang dayak yang satu ini.

√ Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan hsil penelitian yang dilakukan oleh Guru Besar Emeritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, Prof Dr Sidik Apt, menyatakan bahwasannya bawang dayak mengandung senyawa alisin yang mana cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah dan juga mengentalkan darah.

√ Mencegah penyakit jantung koroner

Mungkin tak banyak yang mengetahui, bahwasannya kandungan fenolik yang terkandung dalam bawang dayak terbilang cukup efektif dalam membantu mencegah timbulnya penyakit jantung koroner, yang mana penyakit ini telah merenggut jutaan nyawa di berbagai belahan dunia.

√ Mengobati batu ginjal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Lampung, menjelaskan bahwasannya bawang dayak bersifat direutik dan mampu menurunkan kadar kalsium serta pH urine. Sehingga manfaat bawang dayak lainnya juga diketahui mampu memudahkan penghancuran dan juga pengeluaran batu ginjal secara alami.

√ Mencegah kanker dan tumor

Dengan mengonsumsi bawang dayak secara teratur juga diketahui dapat menurunkan resiko dan menghindarkan diri Anda dari penyakit mematikan seperti halnya kanker dan tumor. Untuk itu, jangan lewatkan untuk mengomsinya setiap hari agar Anda mendapatkan manfaat bawang dayak yang satu ini.

Selain dari itu masih banyak lagi manfaat bawang dayak untuk kesehatan bahkan kecantikan. Diantaranya beritindak sebagai agen antibakteri, agen antiinflamasi, mengobati asam urat, mencerahkan kulit wajah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengolah bawang dayak?

Jika Anda menginginkan khasiat bawang dayak yang maksimal untuk kesehatan Anda. Maka Anda bisa mengikuti beberapa petunjuk aman dalam mengolah bawang dayak untuk pengobatan.

√ Membuat simplisia

Berikut adalah Cara pengolahan bawang dayak menjadi simplisia:

– Pisahkan bawang dayak dari daun dan akarnya.
– Kemudian cuci bersih dan iris dengan ketebalan 1-2 mm.
– Keringkan di bawah sinar matahari atau dengan menggunakan oven dengan suhu 500º C selama 8 jam
– Dinginkan dan bawang dayak siap dikemas ataupun langsung dinikmati.

√ Pembuatan bubuk

Berikut adalah proses pembuatan bawang bubuk yang umumnya hampir sama dengan proses simplisia. Adapun untuk cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

– Pisahkan bawang dayak dari akar dan daunnya.
– Kemudian cuci dan iris dengan ketebalan 1-2 mm
– Keringkan dengan oven selama 8 jam pada suhu 500º C atau disinar matahari
– Setelah benar-benar kering, maka bawang dayak di haluskan dengan cara di blender hingga halus
– Simpan bawang dayak ini di toples atau tempat yang tertutup rapat

√ Di jadikan manisan

Untuk cara pengolahan yang satu ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

– Pisahkan bawang dayak dari akar dan daunnya
– Setelah di cuci bersih kemudian kukus bawang selama 5 menit
– Kemudian buatlah larutan gul dengan cara mencapurkan gula ke dalam air dengan perbandingan 1:1
– Masak hingga kental dan terus aduk-aduk
– Angkat bila gula terlihat sudah cukup kering
– Kemudian barulah campurkan bawang dayak yang telah dikukus ke dalam larutan gula tersebut
– Manisan bawang dayak pun bisa dinikamati.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat bawang dayak dan cara mengolahnya. Meski hingga kini belum dilaporkan adanya berbagai efek samping bawang dayak, namun tetap Anda harus bijak dalam mengonsumsinya ya. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *