Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Mata

Manfaat alpukat selain hanya sekedar di konsumsi, pada umumunya juga lebih di kenal sebagai metode alternatif untuk membantu menurunkan berat badan hingga di jadikan sebagai masker alami, sehingga kulit wajah menjadi lembab, kenyal dan sehat. Namun pernahkan anda mendengar manfaat buah alpukat untuk mata? ya, ternyata buah yang memiliki daging lembut ini juga baik untuk mata dengan segala kandungan nutrisi yang di milikinya.

manfaat alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sering kali di hidangkan sebagai minuman jus yang banyak di gandrungi oleh banyak kalangan. Selain rasanya yang nak, buah ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh salah satu diantaranya untuk kesehatan mata.

Berbagai kandungan nutrisi dalam buah alpukat

Adapun berbagai kandungan yang di milikinya diantaranya adalah vitamin A, B, C, E, K, betakaroten, klorofil, saponin, serat, alkaloid dan tanin serta memiliki antioksidan yang cukup dengan kadar gula yang sedikit. Buah alpukat juga di kenal memiliki banyak mineral namun tetap rendah natrium. Salah satu diantaranya, alpukat kaya akan kalium dan berhasil menyeimbangkan rasio kalium dengan natrium yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menurut CAC (California Avocado Commision), Alukat Hass yang berukuran sedang mengandung hampir 22,5 gram lemak. Dua pertiga lemak tersebut berasal dari variesta tak jenuh tunggal, dan fruktosa juga sangat rendah. Dan mungkin yang lebih penting, alpukat juga memiliki koleksi unik senyawa organik seperti halnya fitosterol, karotenoid (lutein dan zeaxatin ) dan flavonoid.

Khasiat dan manfaat alpukat untuk kesehatan mata

Tak hanya meningktakan penyerapan antioksidan dari makanana lain, alpukat juga nyatanya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Buah ini juga di ketahui mengandung karotenoid seperti halnya lutein dan zeaxanthin, yang mana di ketahui dapat melindungi mata anda dari penyakit katarak, penyakit mata yang berkaitan dengan usia hingga degenerasi makula.

Pada umumnya beberapa masalah kesehatan mata tersebut sering kali di sebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk pada jaringan mata. Namun, aktivitas antioksidan dari karotenoid khusus tersebut dapat menetraslisir efek radikal bebas bahaya tersebut.

1 porsi buah alpukat seberat 50 gr di ketahui mengandung 136 mikrogram lutein dan zeaxanthin. Adapun kedua senyawa tersebut adlah pigmen tumbuhan yang di temukan di makula mata. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwasannya mereka dapat membantu menjaga penglihatan sehat seiring dengan bertambahnya usia.

Menurut American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin sendiri adalah sebuah karotenoid yang berfungsi untuk memfilter bwerbagai macam ancaman bahaya terutama gelombang cahaya biru yang menjadi sal;ah satu penyebab keruksakan pada mata. Keduanya juga berfungsi sebagai antioksidan pada mata untuk melindungi berbagai sel jahat yang menyerang bagian mata.

Lutein juga telah terbukti mampu berkonsentrasi dan juga bertanggung jawab di daerah makula mata. Bahkan penelitian menunjukka dengan mengonsumsi buah alpukat kurang lebih 81 mikrogram lutein perharinya mampu membantu melindungi penglihatan agar tetap sehat sebagai aset mata tua serta sebagai pencegahan sejak dini terhadap perkembangan penyakit katarak di masa yang akan datang.

Maka dengan alasan itulah,dengan mengonsumsi buah alpukat secara teratur dapat mendapatkan banyak lutein, sehingga kesehatan mata anda pun dapat terjaga dan terhindar dari berbagai permasalahan mata. Selain dengan alpukat, anda juga bisa menjaga kesehatan mata dengan bahan alami lainnya. Seperti dengan manfaat wortel dan manfaat seledri.

Selain baik untuk mata, manfaat alpukat bagi kesehatan lainnya pun sungguh luar biasa. Terutama untuk ibu hamil, ibu menyusui, bayi, promil, kulit, rambut, payudara, kesuburan, asam lambung, asam urat, ginjal dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *