Manfaat Akar Kuning Sebagai Obat Tradisional Bagi Kesehatan

Manfaat akar kuning cukup terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Adapun yang menjadi alasannya adalah lantaran tanaman ini diketahui memiliki senyawa yang cukup melimpah bagi kesehatan. Lalu apa saja khasiat akar kuning? Selengkapnya ketahui dalam ulasan singkat berikut.

manfaat akar kuningAkar kuning adalah salah satu jenis tanaman tropis, yang telah di gunakan sejak dahulu oleh kalangan suku dayak sebagai obat tradisional untuk pengobatan beragam jenis penyakit. Sehingga tak jarang sebagian orang mengira, jika tanaman ini berasal dari Kalimantan.

Selain di daerah pedalaman Kalimantan, tanaman yang memiliki nama latin Arcangelisia flava juga banyak di temukan di daerah lainnya di Indonesia seperti Jawa, Sumatera dan Papua. Bahkan tak hanya di Indonesia, tanaman ini juga ditemukan di hampir seluruh hutan tropis di Dunia, seperti di Hutan Amazon Brazil.

Dan Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) pada bukan Mei tahun 3013 lalu, bahwasannya di dalam tanaman akar kuning ini ditemnuukan beragam jenis senyawa, diantaranya seperti sapoinin,alkaloid, vitamin, zat besi, kalsium dan zat lender yang semuanya diketahui baik bagi kesehatan.

Khasiat dan manfaat akar kuning bagi kesehatan sebagai obat tradisional bagi kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman herbal akar kuning.

1. Sebagai antibiotik alami

Suplemen akar kuning sering kali dijual sebagai goldenseal, yang sering kali dikombinasikan dengan herbal lain untuk membuat formula pilek maupun flu. Berberin sendiri adalah zat kimia alkaloid dalam goldenseal yang di yakini bertindak sebagai stimulan kekebalan tubuh, antijamur dan penenang ringan.

Para ilmuwan juga percaya bahwasannya akar kuning ini mampu membantu sistem kekebalan tubuh dalam menyediakan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium dan zat besi bagi tubuh. Bahkan menurut Herb Wisdom.com, bangsa India menggunakan goldenseal ini untuk batuk, pneumonia dan juga infeksi telinga.

2. Antiinflamasi

Akar kuning jug diyakini mampu menenangkan membran lendir yang sering digunakan dalam obat cuci mataatau sebagai pengobatan berbagai gangguan pernafasan. Sifat antiinflamasi didalamnya, telah digunakan untuk meringankan alergi rhinitis, demam, asma, dan juga radang tenggorokan. Bahkan akar kuning jjuga sering kali dibunakan sebagai bahan pembuatan salep untuk beberapa kondisi inflamasi kulit seperti psoriasis dan eksim.

3. Memperkuat sistem imun

Akar kuning juga diduga bisa menjadi pendorong kekebalan tubuh yang efektif. Hal tersebut lantaran kandungan alakloidnya yang dikenal dengan berberin dan canadine yang merangsang efek kekebalan ringan. Dan dalam sebuah penelitian yang di terbitkan dalam “Jornal of Medicinal Food” edisi September 2008, peneliti menemukan bahwasannya goldenseal mungkin memeiliki kemampuan untuk mengatur makrofag atau sel-sel darah putih yang mengambil bahan asing yang mencoba untuk mebahayakan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, penelitian menjunjukkan bahwa ini mungkin disebabakan langsung oleh kemampuan alami akar kuning untuk mengurangi respon inflamasi dan mungkin tidak efektif bila digunakan untuk langsung mengobati infeksi. Dan sebagian besar penelitian yang telah dilakukan, hanya penelitian pada tabung percobaan saja. Penelitian perlu dilakukan pada manusia untuk menggap penguat imun yang efektif.

4. Tonik untuk hati

Goldenseal juga di percaya dapat membersihkan dan mendukung proses kelenjar serta membantu fungsi hati dan juga limpa. Akar kuning dapat menyebabkan kontraksi rahim, sehingga tidak disarankan untuk wanita hamil. Herbwisdom.com melaporkan bahwasannya akar kuning telah dibuat menjadi ramuan yang akan digunakan sebagai douche vagina untuk trichomonas dan jamur.

Hal ini juga diyakini bermanfaat sebagai tonik hati bagi mereka yang menderita penyakit hati alkoholik. Akar kuning juga pada saat ini banyak tersedia di toko-toko makanan, toko vitamin dan juga beberapa supermarket. Akan tetapi seperti biasanya, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengambil suplemen apapun.

5. Menurunkan kolesterol

Kegunaan akar kuning juga dipercaya mampu menyehatkan jantung, dengan menurunkan lipoprotein atau kolesterol LDL. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Oktober 2006 dari Jornal of Lipid Research”, ilmuwan menemukan bahwasannya ekstrak goldenseal efektif dalam mengurangi kolesterol secara keseluruhan dan menurunkan kadar kolesterol LDL pada hewan di laboraturium.

Selama penelitian ini, mereka menemukan bahwa canadine dan berberin yang membuat sel-sel lebih sensitif terhadap perubahan yang menyebabkan kadar kolesterol secara alami menjadi lebih rendah. Meski penelitian pada manusia perlu dilakukan, untuk memberikan hasil yang lebih menjanjikan.

6. Baik untuk pencernaan

Banyak tanaman herbal yang di seduh dalam air untuk di jadikan, yang salah satunya adalah akar kuning. Menurut Medicinenet.com, akar kuning telah digunakan untuk diare, dispepsia, tukak lambung, dan juga gangguan pencernaan. Caranya, anda bisa merebus akar menjadi teh yang di gunakan untuk pencernaan. Akar kuning sendiri telah digunakan untuk meningkatkan aliran empedu dan enzim pencernaan yang diperlukan untuk memecah makanan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat akar kuning bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *