Makanan Sehat Untuk Mengatasi Mata Minus

Makanan sehat untuk mengatasi mata minus berikut ini sangat di rekomendasikan oleh pakar kesehatan agar di konsumsi oleh penderita rabun jauh atau mata minus. Adapun untuk mengetahui informasinya, jangan sampai anda lewatkan informasi berikut ini.

makanan sehat untuk mengatasi mata minusMata minus yang mana juga di sebut dengan myopia adalah salah satu kondisi mata yang menyebabkan menurunnya fungsi mata dalam melihat jarak jauh. Maka dari itu, gangguan kesehatan mata yang satu ini, sering kali di sebut dengan rabun jauh.

Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab mata minus beberapa diantaranya adalah:

  • Stress pada mata. Kondisi ini bisa di sebabkan oleh beberapa aktivitas yang terlalu banyak menggunakan penglihatan dengan jarak dekat. Seperti membaca dan menggunakan komputer, penggunaan gadget dan lainnya.
  • Keturunan. Faktor ini juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami mata minus. Bahkan seseorang yang memiliki orang tua dengan mata minuus di ketahui memiliki resiko lebih tinggi mengalami mata minus.
  • Kebiasaan buruk. Mungkin hal yang satu ini sering kali tidak di sadari. Beberapa kebiasaan buruk tersebut seperti membaca sambil tiduran atau menonton televisi dalam jarak terlalu dekat.
  • Pola makan yang tidak sehat. Memiliki tingkat kesibukan yang tinggi karena kerjaan atau rutinitas sehari-hari. hal ini biasanya menyebabakan seseorang kurang memperhatikan atau menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Adapun gejala mata minus sendiri biasanya meliputi penglihatan yang kabur ketika melihat jarak yang jauh, daya penglihatan yang memburuk terutama ketika malam hari, pusing hingga sakit kepala.

Selain pengobatan, beberapa jenis makanan juga ternyata memiliki peranan penting dalam membantu mengurangi mata minus lho. Bahkan beberapa ahli kesehatanpun sangat merekomendasikan beberapa jenis makanan berikut.

Makanan sehat untuk mengatasi mata minus yang paling di rekomendasikan

Dan berikut adalah daftar makanan untuk mengobati mata minus paling ampuh.

1. Wortel

Manfaat wortel untuk mengobati mata minus tak perlu di ragukan lagi. Karena di dalamnya mengandung betakaroten dan vitamin A yang dapat membantu fungsi kerja retina serta bagian lain dari mata. Selain di konsumsi dalam bentuk hidangan seperti sup dan tumis, wortel juga bisa anda konsumsi dalam bentuk jus.

2. Daun selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang di ketahui mengandung lutein dan zeaxhantin yang sangat melimpah di dalamnya. Menurut beberapa penelitian, senyawa yang masih termasuk ke dalam jenis antioksidan tersebut dapat membantu mengatasi masalah katarak dan permasalahan mata lainnya seperti mata minus.

3. Aneka jus berry

Berbagai jenis buah berry seperti strawberry, cranberry, raspberry serta blueberry adalah jenis buah berry yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Di dalamnya mengandung vitamin C, yang mana memiliki peranan dalam menjaga mata.

4. Telur

Pada bagian telur kuning di ketahui merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kelebihan lainnya dari telur juga mengandung zinc atau seng yang dapat membantu mencegah penurunan daya penglihatan pada mata.

5. Bayam

Seperti pada beberapa jenis makanan sebelumnya, bayam juga di ketahui mengandung lutein dan zeaxhantin di dalamnya. Selain dari pada itu, di dalamnya juga terkandung beberapa nutrisi alami lainnya yang dapat menjaga kesehatan mata dan agar bisa terhindari dari penyakit glaukoma.

6. Alpukat

Manfaat alpukat juga ternuyata sangat baik untuk kesehatan mata terutama dalam mengatasi mata minus. Hal tersebut lantaran di dalamnya mengandung senyawa lutein yang cukup tinggi di antara jenis buah-buahan lainnya. Selain dari pada itu, alpukat juga mampu membantu penyerapan nutrisi seperti alpha karoten dan beta karoten. Nutrisi tersebut memiliki peranan penting sebagai pembentuk vitamin A.

7. Bawang putih

Rempah masakan yang satu ini ternyata memiliki senyawa glutathione, vitamin B1, vitamin C, selenium dan quercetin yang mana dapat membantu melindungi mata dari efek buiruksinar UV. . Selain itu, kemampuan bawang putih lainnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta memeprkuat sel-sel optik yang akan membuat mata akan tetap sehat.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi makanan sehat untuk mengatasi mata minus anda. Di antaranya adalah tomat, brokoli, dark chocolate, kol, jagung, kiwi, jambu biji, anggur, jeruk lemon, jeruk nipis, biji bunga matahari, susu dan produk olahannya, belimbing, blewah, melon, semangka, pisang, kacang polong, paprika, kangkung, bit merah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *