Makanan Pantangan Untuk Penderita Hipertensi

Makanan pantangan untuk penderita hipertensi adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk di konsumsi oleh penderita hipertensi atau penderita tekanan darah tinggi. Dan bagi anda yang kini mengalami kondisi yang serupa sebaiknya anda menyimak informasi berikut.

makanan pantangan untuk penderita hipertensiHipertensi atau yang lebih di kenal dengan penyakit darah tinggi adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah di atas ambang normal yaitu 120/80 mmHg. Dan adapun batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah 130/85 mmHg.

Namun jika tekanan darah melebihi batas 140/90 mmHg, maka orang tersebut di nyatakan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Adapun penyakit ini sendiri termasuk ke dalam penyakit pembunuh silent (silent killer).

Selain pengobatan, masih terdapat beberapa faktor yang perlu di perhatikan oleh penderita hipertensi. Seperti halnya pola hidup dan juga makanan. Karena selain terdapat makanan sehat untuk penderita hipertensi, juga terdapat beberapa pantangan makanan yang perlu di hindari.

Makanan pantangan untuk penderita hipertensi yang wajib di hindari

makanan pantangan untuk penderita hipertensi

Mengingat berbagai bahaya hipertensi yang sangat mengancam kesehatan, sudah sepatutnya jika penderita hipertensi perlu menjauhi berbagai makanan pantangan untuk penderita hipertensi atau darah tinggi, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Garam

Garam merupakan pantangan utama bagi penderita hipertensi. Dari kandungan garam yang banyak di dalam darah penderita tekanan darah tinggi mampu menyebabkan kenaikan tekanan darah tinggi yang di sebabakan oleh sifat garam yang dapat menarik air.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumi garam juga diketahui mamapu merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung yang dapat memicu resiko stroke dan juga penyakit jantung. Sehingga alangkah baiknya jika penderita darah tinggi saat ini mulai mengurangi mengonsumsi makanan asin yang di masak dengan menggunakan banyak garam.

2. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh di antaranya adalah seperti daging sapi, domba, kentang goreng, minyak sawit dan lainnya. Nah, beberapa jenis makanan tersebut nyatanya sangat di larang di konsumsi oleh penderita darah tinggi.

Asupan lemak trans yang berlebihan di ketahui dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memacu darah tinggi. Selain dari pada itu, penderita darah tinggi juga di larang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang tinggi seperti makanan yang di goreng khususnya mampu meningkatkan resiko serabngan jantung.

3. Makanan cepat saji

Berbagai jenis olahan makanan cepat saji nyatanya sangat di larang bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena pada umumnya, selain mengandung kadar garam yang tinggi, makanan cepat saji juga sering kali menambahkan bahan kimia pengawet yang sangat jelas dapat membahayakan kondisi kesehatan penderita hipertensi. Adapun makanan cepat saji yang di maksud seperti makanan kemasan dalam kaleng, mie instan dan lainnya.

4. Makanan yang mengandung gula tinggi

Penderita hipertensi juga ada baiknya menghindari makanan yang manis atau mengandung gula tinggi, Makanan ini sendiri mampu meningkatkan berat badan, bahkan jika di konsumsi secara berlebih mampu meningkatkan resiko tersumbatnya pembuluh darah serta meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga stroke.

5. Kopi

Salah satu minuman yang banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia yaitu kopi, ternyata merupakan satu diantara larangan makanan bagi hipertensi. Kopi sendiri di ketahui mengandung kafein yang mana dapat menyebabkan peningkatan darah yang begitu cepat.

6. Susu sapi

Susu sapi di ketahui sangat baik untuk kesehatan lantaran di dalamnya mengandung kalsium yang tinggi. Namun, meski kandungan kalisum yang di milikinya juga baik untuk penderita tekanan darah tinggi, namun kandungan lainnya berupa lemak jenuh yang tinggi juga menjadi alasan mengapa sebaiknya penderita hipertensi tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Agar lebih aman, anda bisa mengonsumsi susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah bahkan tidak ada sama sekali.

7. Alkohol

Selain kopi dan susu sapi, alkoloh juga trmasuk ke dalam salah satu pantangan makanan dan minuman untuk hipertensi. Alkohol sendiri di ketahui dapat merisak dinding arteri sehingga beresiko menimbulkan penyakit jantung. Bahkan jika kebiasaan mengonsumsi alkohol dilakukan oleh penderita darah tinggi, maka dapat menyebabkan permasalahan yang lebih serius.

Nah itulah berbagai makanan pantangan untuk penderita hipertensi yang sebaiknya di hindari sejak dini. Adapun selain makanan, terdapat pantangan lainnya yang juga sebaiknya di hindari oleh penderita darah tinggi seperti merokok ataupun berbabagai kegiatasn seperti angkat beban, terjun payung, dan juga menyelam. Adapun beberapa hal yang bisa anda lakukan guna mencegah atau menurunkan resiko tekanan darah tinggi seperti menurunkan berat badan, berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung serat, kurangi asupan garam, hindari rokok dan alkohol, kurangi asupan kafein, hindari stres, nikamati hidup dan mengontrol tekanan darah secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *