Khasiat Dan Manfaat Propolis Yang Penting Bagi Kesehatan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat propolis baik untuk kesehatan dan kecantikan bukanlah rahasia umum lagi. Bahkan, propolis yang dihasilkan oleh lebah ini memang telah banyak diketahui oleh masyarakat luas sebagai salah satu obat herbal yang paling dicari dan diminati karena khasiat yang terkandung didalamnya tersebut.

manfaat propolis

Meski begitu, mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya, apa itu propolis dan apa saja manfaatnya? Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan satu persatu secara lengkap dalam ulasan berikut ini.

Mengenal sedikit mengenai propolis dan kandungan didalamnya

Propolis atau lem lebah adalah salah satu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Propolis sendiri berbeda dengan madu, yang mana merupakan produk utama lebah. Madu sendiri umumnya terdapat didalam sarang heksagonal, sedang propolis terdapat di luar sarang. Pada sarang buatan berupa kotak kayu, lebah-lebah pekerja akan meletakkan propoli di celah antar papan, bingkai atau tutup sarang.

manfaat propolis

Propolis ini dikumpulkan oleh lebah dari pucuk-pucuk daun yang muda, kemudian di campurkan dengan air liurnya, yang digunakan untuk menambal, membungkus, melindungi serta mensterilkan sarang dari serbuan kuman, virus maupun bakteri.

Sejak 3000 sebelum masehi, propolis telah banyak digunakan bahkan memiliki peranan besar dalam fungsi biologi. Dan pada zaman Mesir Kuno, propolis juga telah terkenal sebagai obat karena kandungannya telah dikenal secara efektif dalam mengobati sejumlah infeksi, luka dan bahkan proses pengawetan secara alami.

Dan selanjutnya, banyak penelitian yang menjamur terkait propolis sebagai antijamur, antivirus, antibakteri, dan perawatan antivirus di Unisoviet, Eropa Timur dan Cina. Dan pada akhir tahun 80-an, peneliti Jepang menemukan senyawa aktif baru didalam propolis dengan sifat khusus. Dan dewasa ini, diketahui propolis berfungsi sebagai stimulan kekebalan tubuh yang kuat.

Adapun menurut Muhammad Sahlan peneliti fakultas Teknik UI telah membuktikan, bahwasannya propolis terbukti menganduhg antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, sehingga dapat mengobati berbagai penyakit akibat bakteri, virus serta mampu menyeimbangkan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, tak heran jika kini kita mendapati banyak sekali produk kesehatan propolis dipasaran. Sebut saja propolis brazilian, propolis moment, propolis nasa, propolis melia, propoplis platinum, propolis gold, propolis hpai, propolis hdi hingga walatra propolis.

Khasiat dan manfaat propolis yang penting bagi kesehatan

Pada dasarnya, manfaat utama propolis bagi manusia adalah sebagai antibiotik alami yang mampu menyembuhkan hingga memperbaiki sel-sel yang rusak tanpa adanya efek samping. Antibiotik alami ini sangat berguna dalam mengatasi infeksi baik diluar maupun dari dalam.

Adapun selain itu, berikut adalah berbagai khasiat propolis selengkapnya yang sangat penting bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagaimana yang telah diketahui sebelumnya, bahwasannya propolis memiliki sifat perlindungan lebah dari bakteri. Adapun manfaatkan yang bisa diperoleh, yakni berperan menjaga tubuh dari serangan bakteri dan juga virus penyebab penyakit. Dan menurut seorang ilmuwan bernama John Diamond MD, propolis ini bisa menstimulkus aktifnya kelenjar thymuts pada tubuh, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

2. Membantu mengatasi penyakit mulut dan tenggorokan

Masalah mulut serta tenggorokan yang sering kali terdapat pada tumpukan bakteri dan virus ini bisa memicu berbagai macam penyakit yang menyerang mulut dan juga tenggorokan. Infeksi pada mulut dan tenggorokan merupakan salah satu indikasi adanya serangan bakteri.

Tim riset Rusia memaparkan, bahwasa propolis memiliki kandungan mineral, vitamin dan zat antibiotik alami yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan pada mulut dan tenggorokan.

3. Membantu mengatasi penyakit jantung

Sifat antioksidan yang terkandung didalam propolis mampu mengatasi penyakit radikal bebas seperti halnya penyakit jantung. Seorang dokter dari Rumah Sakit Lien Yu Chine bernama Dr. Fang Chu, dia menjelaskan bahwasannya manfaat propolis baik utuk penderita sakit yang disebaakan oleh konsentrasi kolesterol yang tinggi didalam darah. Contohnya seperti penyakit jantung.

4. Menurunkan resiko darah tinggi

Penyakit lainnya yang sering kali disebabkan oleh radikal bebas adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Konsentrasi lemak jahat (LDL) dalam darah akan menyebabakan peredaran darah menjadi tidak lancar. Kemudian proses sirkulasi darah pada jantung menjadi terganggu. Hal ini membuat tekanan darah menjadi naik. Dan dalam propolis sendiri terdapat kandungan antioksidan lebah yang bermanfaat untuk mnurunkan konsentrasi lemak yang tinggi.

5. Menghilangkan rasa nyeri

Kandungan boflavonoid dan vitamin C yang terdapat idalam propolis, diketahui efektif untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul di kaki, tangan dan juga punggung. Hal ini sangat baik bagi anda yang mengalami cidera saat berolahraga. Cedera yang diperoleh tentu menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa. Nah, dengan mengonsumsi propolis maka hal tersebut bisa diatasi.

6. Baik untuk mergenerasi sel

Didalam propolis juga terkandung asam amino, mineral, vitamin D yang mana bisa membantu meregenrasi sel tulang dan gigi menjadi lebih baik. Artinya, kekuatan tulang dan gigi akan tetap terjaga. Sehingga anda akan terhindar dari resiko terkena osteophorosis.

7. Suplemen harian yang alami

Pada saat ini, propolis lebah banyak dijadikan sebagai suplemen yang dapat dikonsumi setiap hari. Diadalamnya, terdapat berbagai kandungan alami yang sangat baik dan juga minim resiko. Contohnya seperti asam amino, vitamin, mineral, dan juga bioflavonoid membuat propolis sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran anda setiap harinya.

8. Mengatasi thypus

Propolis juga memiliki sifat antibiotik aami yang tidak memiliki efek samping. Manfaat propolis ini sangat baik untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan juga virus yang tertelan bersama makanan.

9. Mengobati diare

Bakteri E.Colli yang menyebabkan diare ternyata mampu diobati menggunakan propolis. Anda juga bisa mengonsumsi propolis dalam bentuk obat tetes untuk mengobati masalah kesehatan yang satu ini.

10. Mengurangi bau ketiak

Bakteri dan juga jamur yang berada pada lipatan ketiak bisa menyebabkan ketiak beraroma tidak sedap. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh propolis dapat digunakan untuk mengatasi ketiak anda dari bakteri dan juga jamur. Salah satu produk propolis yang sudah banyak diproduksi untuk mengatasi bau ketiaka diantaranya adalah sprei propolis.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat yang dimiliki oleh propolis lebah, diantaranya sepeti membantu mengatasi diabetes, mengatasi asam urat, menurunkan kolesterol, jerawat, kesuburan, menurunkan resiko stroke hingga memiliki peran sebagai antikanker dan mutagenesis sel, seperti kanker, tumor, miom, kista dan sebagainya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat propolis yang penting bagi kesehatan manusia. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *