Khasiat Dan Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Bagi Kesehatan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat bawang hitam di yakini memiliki khasiat lebih kuat bagi kesehatan, jika dibandingkan dengan manfaat yang terdapat pada jenis bawang lainnya. Namun apakah anda telah mengetahui, apa itu bawang hitam? Apa saja khasiatnya bagi kesehatan? Jika belum, sebaiknya anda menyimak informasi berikut ini.

manfaat bawang hitamBawang hitam mungkin belum terlalu familiar didengar oleh sebagian orang. Ya, karena pada dasarnya bawang ini masih jarang digunakan jika dibandingkan dengan jenis bawang pada umumnya. Seperti bawang merah, bawang bombay dan bawang putih.

Apa itu bawang hitam?

Adapun bawang hitam yang juga sering di sebut dengan ‘magic black garlic’ adalah bawang putih yang diproses secara alami pada suhu dan juga kelembaban tertentu. Sehingga akan tercipta formulasi kimia yang menghasilkan jenis bawang hitam dengan kandungan didalamnya yang dijadikan sebagai farmakologis untuk kesehatan dan vitalitas tubuh.

Dengan kata lain, black garlic ini merupakan bawang putih yang difermentasikan dalam waktu yang cukup lama sehingga daging buahnya menjadi hitam. Dan berbeda dengan bawang putih biasanya, bawang putih hitam ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal, gurih, serta rasanya yang agak manis.

Meski di Indonesia bawang ini belum banyak di gunakan, namun manfaat dari bawang ini sudah cukup lama di manfaatkan di beberapa belahan dunia, salah satunya di Thailand. Di negara ini, selain banyak digunakan sebagai rempah masakan, bawang hitam juga telah banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan juga dijadikan sebagai obat kuat.

Bahkan pada tahun 2008, bawang hitam ini pernah memangi kontes di New York, Amerika Serikat sebagai bahan alternatif untuk kesehatan dan juga tambahan bahan makanan. Karena tak jarang di beberapa negara maju, bawang hitam ini banyak di gunakan pada masakan berkelas bahkan telah digunakan oleh berbagai koki ternama di berbagai negara dan restoran bintang lima.

Apa yang menjadikan bawang hitam lebih istimewa untuk kesehatan dibandingkan jenis bawang lainnya?

manfaat bawang hitam

Adapun keistimewaan yang terdapat didalam bawang hitam sendiri terletak pada kandungannya yang begitu beragam dan baik untuk kesehatan. Bahkan bawang ini sendiri di sebut-sebut memiliki manfaat 3x lebih besar dibandingkan dengan bawang putih pada umumnya bagi kesehatan. Adapun kandungan yang dimiliki bawang hitam selengkapnya adalah sebagai berikut.

 

➡ Flavonoid
➡ Polifenol
➡ Minyak atsiri
➡ Vitamin B1
➡ Saltivine
➡ Dially sulfide
➡ Belerang
➡ Lemak tak jenuh
➡ Fosfor
➡ Zat besi
➡ Vitamin A
➡ Kalsium
➡ Vitamin C

Khasiat dan manfaat bawang hitam (Black Garlic) bagi kesehatan

Dan setelah anda mengetahui berbagai kandungan senyawa lengkap yang terdapat didalam bawang hitam, berikut adalah berbagai khasiat dan manfaat bawang putih hitam bagi kesehatan.

1. Sebagai antikanker

Kandungan diallyl sulfida yang terdapat didalam bawang hitam dipercaya memiiki sifat anti kanker yang mampu mencegah hingga menghancurkan berbagai penyebab sel kanker didalam tubuh.

Pada sebuah riset penelitian, kandungan PhIP yang berbentuk HCA atau amina heterosiklik merupakan zat yang dapat memicu penyakit kanker seperti kanker payudara. Adapun dari penelitian tersebut ditemukan sebuah zat yang digunakan sebagai karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan PhIP yang mampu memicu kanker. Zat tersebut adalah diallyl sulfida yang terdapat didalam bawang hitam. Sehingga agar anda tetap memiliki badan sehat, maka campurkan bawang hitam dalam aneka jenis masakan anda.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat bawang hitam lainnya yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut sumber WebMD, terdapat sebuah penelitian yang berhasil membuktikan, bahwasannya dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7-8%.

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian lainnya juga telah membuktikan bahwa bawang hitam mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga dengan mengonsumsi bawang ini secara teratur maka kadar gula darah dalam tubuh anda akan selalu terjaga. Adapun hal tersebut dikarenakan beberapa kandungan alami didalam bawang hitam ini diketahui dapat membantu meningkatkan produksi hormon insulin yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Menjadi nutrisi yang rendah kalori

Kandungan nutirisi yang terdapat didalam bawang putih hitam sangatlah banyak dan sangat berguna bagi tubuh. Adapun dalam per 136 gr bawang hitam, didalamnya mengandung:

– Vitamin C sebanyak 71%
– Kalsium sebanyak 25%
– Zat besi sebanyak 13%
– Karbohidrat sebanyak 45%
– Serat 3 gr atau sebanyak 11%

Adapun berbagai kandungan yang terdapat didalam bawang hitam sendiri sangat diperlukan bagi tubuh. Namun meski begitu, didalamnya tidak mengandung senyawa berbahaya seperti kalori dan lemak jenuh. Sehingga manfaat dari bawang hitam ini akan melindungi tubuh dari berbagai zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit didalam tubuh.

5. Membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh

Terdapat suatu penelitian yang membuktikan bahwasannya bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh hingga 15%. Sehingga jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat maka rutinlah mengonsumsi bawang hitam ini.

6. Berperan sebagai antioksidan

Salah satu kandungan yang populer dan sangat bermanfaat didalam bawang hitam adalah sebagai antioksidan yang tentunya dapat mencegah berbagai sumber penyakit yang disebabkan oleh racun. Sehingga bawang hitam ini mampu mencegah pertumbuhan sumber penyakit, seperti halnya jamur, virus, bakteri serta cacing yang ada didalam tubuh.

7. Menurunkan resiko obesitas

Jika anda kini tengah mengalami berat badn berlebih dan takut berkembang menjadi obesitas, sebaiknya anda merutinkan mengonsumsi bawang hitam setiap hari. Kandungan zat aniinflamasi yang terkandung didalam bawang ini mampu mengatur lemak didalam tubuh sehingga akan membuat tubuh anda memiliki berat badan yang ideal.

8. Mengobati sakit gigi

Kandungan sifat analgesik yang terdapat didalam bawang putih hitam dipercayai mampu menghilangkan bakteri yag menyebabakan gigi menjadi tidak sehat. Bahkan kandungan yang terdapat didalam bawang hitam ini diketahui mampu menghilangkan sakit gigi karena kandungan sifat antibakteri dan antivirusnya akan membasmi segala penyebab sakit gigi.

9. Mengurangi resiko penyakit demensia dan alzheimer

Penyakit demensia dan alzheimer adalah jenis penyakit keruksakan saraf yang disebabakan oleh radikal bebas sehingga berperan dlam penuaan dini. Kedua penyakit ini disebut-sebut dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang hitam. Hal tersebut lantaran kandungan antioksidan didalamnya yang memiliki peranan penting dalam mencegah keruksakan opksidatif.

Jadi, bawang hitam akan bekerja dalam mengurangi stres oksidatif pada seseorang dengan tekanan darah tinggi Sehingga demikian manfaat yang dimilikinya mampu membantu mencegah penyakit otak secara umum khususnya penyakit alzheimer dan juga demensia.

10. Meningkatkan metabolisme didalam tubuh

Kandungan ferroprotin dalam bawang hitam mampu membantu mengeluarkan zat besi yang akan diperlukan oleh protein untuk meningkatkan kinerja sel dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi bawang hitam, maka sistem metabolisme tubuh akan menjadi semakin lancar.

11. Membuat awet muda dan berumur panjang

Meski usia seseorang telah diatur oleh tuhan, namun tentunya dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh bawang hitam ini, yakni dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang beresiko menyebabkan kematian. Seperti halnya diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, kanker dan masih banyak penyakit lainnya.

Adapun selain itu, manfaat bawang fermentasi ini juga sangat baik untuk membuang kandungan logam mercuri pada tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh hingga menghilangkan bekas luka. Bahkan tak hanya untuk kesehatan manfaat bawang hitam tunggal maupun lanang juga sangat baik untuk kecantikan. Diantaranya dapat mencegah penuaan dini pada kulit, membersihkan komedo, menghilangkan flek hitam hingga menghilangkan jerawat di wajah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat dan manfaat bawang hitam (black garlic) untuk kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *