Inilah Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

Kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan mata berikut di sadari maupun tidak sebaiknya segera di hentikan. Dengan begitu berbagai ancaman yang dapat menyerang mata bisa anda hentikan sejak dini.

kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan mataMata merupakan salah satu indera yang penting dalam hidup kita. Dengan mata, kita dapat menatap berbagai keindahan yang ada di dunia. Oleh karena itu, menjaga kondisi kesehatannya merupakan sebuah kewajiban. Namun sayangnya tak sedikit yang tahu bagaimana cara merawatnya yang benar, sebagaimana mereka cermat merawat bagian tubuh yang lainnya.

Selain dari pada itu, beberapa orang juga kebanyakan tidak perduli bahkan tak menyadari bahwa banyak sekali berbagai kebiasaan buruk yang lazim mereka lakukan justru berdampak buruk bagi indra penglihatan mereka. Adapun bagi anda yang kini ingin tetap memiliki mata yang tetap tajam, cantik dfan sehat sebagaimana seharusnya. Setidaknya anda perlu menghilangkan berbagai kebiasaan buruk seperti yang akan kami sampaikan berikut ini.

Kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan mata

1. Menatap layar ponel dan komputer terlalu lama

Menatap layar ponsel maupun komputer nyatanya menjadi salah satu penyebab keruksakan mata paling umum terjadi pada saat ini. Meski begitu, kebiasaan buruk tersebut nyatanya telah terlanjur di lakukan oleh banyk orang. Bahkan, mungkin anda tak jarang melihat anak berusia 2 tajhun di abiarkan asyik menonton tayangan vidio via ponsel selama berjam-jam.

Namun tahukah anda? Cahaya yang terpancar dari ponsel maupun layar komputer sendiri menghantarkan cahaya biru yang sebenarnya sangat berbahaya untuk mata. Adapun keluhan yang kerap di rasakan oleh meraka yang menatap ponsel maupun komputer terlalu lama adalah keluhan mata kering. Bahkan jika kondisi tersebut bisa berdampak lebih serius seperti iritasi hingga inflamasi serius.

2. Mengenakan lensa kotak saat tidur

Mungkin tanpa anda ketahui sebelumnya, penggunaan lensa kotak saat tidur juga dapat berakibat buruk pada mata anda. Mulai dari meningkatkan resiko iritasi pada mata hingga terjadinya infeksi pada kornea mata. Hal tersebut di sebabkan akibat mata terhalang untuk bisa terpapar oksigen dan udara bebas. Sebagai bentuk pencegahannya anda, jangan lupa untuk tetap mensterilkan lensa kotak anda dan lepas jika hendak tidur.

3. Mengabaikan kaca mata

Hal ini khusus bagi anda yang memang telah terdeteksi mengalami gangguan pada mata dan di haruskan beraktivitas menggunakan kaca mata. Maka pastikan anda untuk disiplin dalam menggunakan kacamata tersebut.

Karena kebanyakan pada kasus seperti miopi atau mata minus, kerap kali menunjukkan progres buruk setelah pnderitanya lali menggunakan kacamata dengan rutin sebagaimana yang telah di sarankan. Sehingga penggunaan kacamata bukan menjadi cara mengurangi mata minus melainkan mampu menambah tingkat mata minus itu sendiri.

4. Tidak melakukan pengecekan mata rutin

Pada dasarnya, pastikan anda melakukan pengecekan mata setidaknya 1 tahun sekali. Bukan hanya untuk mengatahui masalah penglihatan yang terganggu melainkan untuk mengetahui kemungkinana adanya perubahan ukuran kacamata yang anda kenakan. Namun hal ini juga kerap di abaikan.

Masalah pengecekan ini tentu akan membantu anda mendeteksi lebih awal untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut jika mata anda mengalami suatu masalah.

5. Make up trlalu dekat dengan mata

Dalam tatanan penggunaan make up, riasan mata adalah salah satu bagian terpenting dalam keseluruhan riasan. Dari banyaknya riasan, penggunaan bingkai yang melingkari tepat pinggir mata atau yang disebut dengan eyeliner, kerap yang paling berakibat buruk untuk mata. Karena terkadang penggunaan eyeliner sengaja meniorehkan bingkai tepat di tepian kelopak sampai mengenai area bulu mata berada.

Masalahnya karena demikian dekatnya dengan mata terkadang komponen warna ini mengenai mata bahkan bercampur dengan air mata. Sejumlah komponenen eyeliner juga bisa mengakibatkan efek iritasi pada mata,. Seklain tidak sedikit pula di temukan bahwa cairan eyeliner ini menjadi salah satu tempat bakteri hidup.

6. Meneteskan obat mata secara berlebihan

Pada saat anda merasakan mata terasa kering, perih atau gatal biasanya anda lekas mengambil obat tetes mata yang biasanya sudah tersedia di kotak obat. Meski secara sekilas tindakan tersebut tidak ada masalah. Namun jika penggunaan obat tetes ini terlalu sering, maka kebiasaan tersebut malah dapat membahayakan kesehatan mata anda.

Meski tetes mata di kenal mampu meredakan mata merah dengan cepat, namun jika kemudian mata anda kembali merah selepas anda melakukan obat tetes tersebut, sebenarnya anda hanya menghilangkan gejalanya saja tanpa menghilangkan sumber masalahnya. Bahkan dalam beberapa kasus, justru terapi dengan obat tetes mata tersebut dapat memperburuk efek mata merah setelahnya, apabila masalah yang timbul tak lebih daripada efek iritasi ringan.

Sehingga apabila anda memiliki keluhan pada mata anda dan tak kunjung membaik setelah pemakaian obat mata, sebaiknya anda lekas periksakan kondisi mata anda ke dokter.

Selain dari pada itu masih banyak lagi kebiasaan buruk yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Seperti:
Terlalu sering mengucek mata:

  • Kurangnya asupan nutrisi untuk mata seperti vitamin A dan betakaroten
  • Sering begadang
  • Merokok
  • Tidak menggunakan kacamata UV saat berada di luar ruangan
  • Memakai produk perawatan mata yang melewati kaldewarsa
  • Mengenakan make up saat tidur
  • Membaca sambil tiduran atau di tempat yang gelap
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar berbagai kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan mata. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *