Gejala Penyakit Ambeien dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala penyakit ambeien mungkin bisa mudah dikenali, terlebih jika Anda langsung memeriksakannya ke dokter. Namun tak ada salahnya juga, jika kita mengenal penyakit ini lebih dalam dengan menyimak ulasan singkat berikut ini.

gejala penyakit ambeien

Ambeien atau dalam istilah medis disebut dengan hemorrhoid ialah terjadinya pelebaran pembuluh darah vena pada bagian rektum dan anus. Tak hanya dewasa, anak pun bisa mengalami kondisi ini. Namun wanita memiliki resiko lebih tinggi dari mengalami resiko ini termasuk ibu hamil.

Kondisi ini terjadi pada saat dinding pembuluh darah mengalami kelemahan sementara tekanan pada daerah tersebut terus meningkat. Pembuluh darah yang cenderung rapuh dan juga bentuknya tak beraturan.Maka dari itu, tak heran jika penyakit yang juga disebut wasir ini memiliki gejala utama seperti buang air besar disertai darah.

Namun, meski begitu tidak semua buang air besar berdarah bukan disebabkan oleh penyakit ambeien. Sehingga apabila kini Anda mengalami buang air berdarah dan mengonsumsi obat ambeien, sedangkan penyebabnya bukan ambeien maka kondisi anda tidak akan membaik. Untuk itu, kenali terlebih ciri-ciri ambeien secara pasti dan juga menyeluruh.

Ciri-ciri dan gejala penyakit ambeien yang harus diwaspadai

Pada dasarnya, gejala awal ambeien bisa dikenali dari terjadinya pendarahan setelah buang air besar, dengan darah berwarna merah terang, terdapat lendir setelah buang air besar. Namun kondisi ini juga bisa dianggap kronis apabila ada benjolan tergantung di luar anus, yang biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar, terjadi pembengkakan, rasa nyeri dan kemerahan di sekitar anus hingga mengalami gatal-gatal disekitar anus.

Dan Perlu Anda ketahui juga, bahwasannya ambeien atau hemorrhoid ini terbagi kedalam dua jenis, yakni ambeien dalam (internal) dan juga ambeien luar (eksternal). Jika melihat dari jenisnya, berikut adalah berbagai ciri-ciri dari wasir secara khusus.

1. Gejala ambeien dalam

Pada penyakit ambeien jenis ini terbagi kedalam empat derajat. Dan berikut beberapa gejala dari jenis ambeien ini yang bisa kita amati:

  • Derajat I: Tidak ada prolaps, hanya muncul pembuluh darah yang menonjol tidak sampai melewati liang anus.
  • Derajat II: Proplaps melewati liang anus, namun bisa kembali lagi dengan sendirinya.
  • Derajat III: Proplaps melewati liang anus, dan membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya kembali.
  • Derajat IV: Proplaps tidak bisa dikembalikan lagi secara manual.

2. Gejala ambeien luar

Untuk ambeien luar atau eksternal, anda bisa mencermatinya dari beberapa gejala berikut:

  • Sakit disekitar anus
  • Gatal di sekitar anus atau daerah bubur
  • Benjolan didekat atau disekitar anus
  • Buang air besar disertai dengan darah.

Pada wasir jenis ini, rasa sakit yang ditimbulkan lantaran pembuluh darah mengalami pelebaran berada dibawah kulit sekitar anus, dimana ada lebih banyak disekitarnya. Bahkan rasa sakit juga menjadi gejala ambeien luar yang lebih menonjol diandingkan dengan pendarahan.

Selain itu, bekuan darah juga bisa terbentuk pada ambeien luar. Dan warnanya akan berubah menjadi ungu atau biru. Ini juga bisa disebut dengan trombosis, yang mana bisa terasa sakit dan gatal, juga bisa berdarah pada saat lapisan pembuluh darah rapuh.

**Note: Perlu Anda garis bawahi disini ialah gejala ambeien yang telah disebutkan diatas cenderung bervariasi pada setiap penderitanya. Hal ini tergantung berat dan ringannya penyakit ambeien yang dialami oleh penderita.

Apa penyebab ambeien?

Penyebab hemorrhoid atau ambeien hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit ini sering kali dikaitkan dengan adanya peningkatan tekanan daerah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya. Peningkatan tekanan darah pada area anus dan rektum juga bisa disebabkan lantaran terlalu lama mengejan saat buang air besar

Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko Anda terkena hemorrhoid:

  • Mengalami konstipasi atau susah buang air besar
  • Sering mengangkat benda berat secara rutin
  • Batuk secara terus menerus atau muntah darah
  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemorrhoid (genetik)
  • Sering duduk dalam waktu yang cukup lama
  • Sedang hamil
  • Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse)

Nah, itulah sederet gejala penyakit ambeien dan penyebabnya yang sebaiknya perlu kita waspadai. Selain mengonsumsi prosuk dari walatra, Adapun langkah pencegahan dan pengobatannya secara alami yang bisa dilakukan ialah mengonsumsi air putih yang cukup, tidak menunda buang air besar, menambahkan serat dalam makanan, berolahraga teratur, menurunkan berat badan hingga menghindari mengonsumsi obat penyebab konstipasi seperti obat pereda sakit yang mengandung kodein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *