Gejala Miom Dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala miom pada dasarnya sering kali diabaikan oleh sebagian besar wanita. Masih kurangnya edukasi mengenai masalah kesehatan ini menjadi faktor utama yang tak dapat di elakan. Sehingga tak sedikit dari pada wanita menyadari bahwa mereka telah mengidap penyakit miom. Terlebih jika kondisi ini tidak menimbulkan suatu gejala pada tahap awal. Dan akhirnya mereka sedikit terlambat mengetahui di saat miom telah bersifat kronis. Untuk itu, sangatlah penting bagi wanita untuk mengenal berbagai tanda dan ciri-ciri miom, seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

gejala miom

Apakah anda pada saat ini sering mengalami nyeri haid, menstruasi dengan darah berlebihan hingga merasakan ketidaknyamanan pada berut bagian bawah? Maka sebaiknya Anda harus berhati-hati. Karena beberapa kondisi tersebut sangatlah lekat dengan suatu gejala penyakit yang disebut dengan miom. Dan sudahkah Anda tahu, apa itu miom?

Miom atau dalam istilah medis di kenal dengan fibroid ini merupakan jenis tumor jinak (non-kanker), yang mana berkembang dalam atau sekitar rahim. Secara medis juga kondisi ini di kenal juga sebagai leiomioma yang artinya tumor jinak pada otot polos, yakni otot yang membentuk dinding rahim. Sehingga tak jarang kondisi di tandai otot-otot rahim disuatu area tertentu dalam rahim menjadi tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali hingga berukuran besar, yang akhirnya terbentuklah benjolan atau tumor.

Lalu apa saja tanda dan gejala miom pada wanita?

Seperti sifat tumor pada umumnya, miom juga berkembang yang awalnya berukuran kecil menjadi membesar secara perlahan. Saat ukurannya masih kecil, maka gejala mioma atau miom sendiri sering kali samar bahkan tidak ada. Namun, setelah ukurannya berkembang menjadi besar, maka gejala yang timbulpun akan lebih jelas, bahkan dapat di rasakan dan diamati. Dan pada saat seseorang menderita miom di rahimnya, maka ciri-ciri atau gejala umum yang dapat muncul diantaranya adalah:

  • Pendarahan berat saat menstruasi

Kondisi ini merupakan salah satu gejala miom ovarium yang sering terjadi. Apabila Anda perhatikan, maka npembalut akan cepat penuh dan Anda akan sering menggantinya bahkan sampai bocor ke luar. Jika Anda masih sulit membedakan, maka coba perhatikan apakah ada gumpalan darah pada pembalut tadi? Jika Anda maka tu pertanda Anda mengalami pendarahan menstruasi yang berlebihan.

  • Menstruasi lebih lama

Selain banyaknya darah yang keluar, miom juga tak jarang menyebabkan durasi menstruasi menjadi memanjang. Jika normalnya wanita haid 3-6 hari, maka pada miom bisa sampai 10 hari bahkan lebih. Bahkan jika uterus abnormal dan berkepanjangan ini bisa menimbuilkan resiko serius dari waktu ke waktu.

  • Timbulnya rasa nyeri dan tekanan

Pada saat miom rahim terus tumbuh, maka bisa memberi tekanan tambahan pada organ disekitarnya yang terasa begitu menyakitkan. Pertumbuhan fibroid ini tak jarang menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah yang konsisten hingga mengalami nyeri panggul dan rasa tekanan. Selain itu, dapat juga terjadi pembesaran perut yang kadang keliru lantaran disangka akibat pertambahan berat badan atau kehamilan.

  • Gangguan perkemihan

Salah satu organ yang juga paling banyak terkena dampak dari pertumbuhan tumor miom dalam rahim adalah kandung kemih. Dan tak heran, karena posisi kandung kemih yang memang berada tepat diatas rahim. Dan pada saat saat rahim membesar akibat miom, maka akan menimbulkan tekanan kada kantung air seni ini. Dan sebagai akibatnya timbulan gejala miom berupa inkontinensia urin atau hilangnya kontrol kantung kemih (pipis tidaj terasa) serta dorongan ingin sering buah air kecil.

Selain dari pada itu, masih banyak gejala miom lainnya yang perlu Anda waspadai. Diantaranya seperti nyeri saat berhubungan, mengalami konstipasi, nyeri panggul, Infertilitas, abrupsio plasenta, persalinan prematur, penyumbatan ginjal berikut ureter (jarang), flek atau spoting sebelum sesudah menstruasi dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda mengalami berbagai gejala diatas, maka ada baiknya Anda periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Terlebih jika Anda mengalami berbagai gejala miom rahim yang sangat serius. Seperti pendarahan yang begitu hebat, nyeri parah pada perut, panggul dan punggung bagian bawah, kehilangan kesadaran, keguguran, kesulitan bernapas atau sesak napas, pusing atau pingsan, kulit pucat dan tangan teraba dingin, detak jantung cepat dan lainnya.

Penyebab miom

Sampai saat ini penyebab miom belum diketahui. Akan tetapi, kondisi ini sering kali dikaitkan dengan hormon estrogen (hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium). Miom sendiri merupakan salah satu penyakit populer pada wanita, yang mempengaruhi sekitar 20% wanita subur. Sehingga penyakit ini  sering terjadi pada wanita berusia 16-50 tahun, dimana kadar hormon estrogen sedang tinggi-tingginya.

Dan penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja. Meski begitu, penyakit miom sendiri memiliki resiko lebih tinggi dialami oleh wanita berusia diatas 30 tahun, mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dan belum pernah melahirkan. Selain itu, beberapa faktor lainpun bisa meningkatkan resiko miom. Diantaranya menstruasi yang dimulai terlalu dini, terlalu banyak mengonsumsi daging merah dibandingkan sayur-sayuran dan buah-buahan serrta sering mengonsumsi Alkohol. Namun resiko menderita miom akan menurun setelah melahirkan anak.

Adapaun untuk pengobatannya, selain menempuh jalur operasi, kini telah hadir pengobatan alternatif terbaik yang dapat menyembuhkan penyakit miom hingga tuntas. Tentunya alami, aman tanpa efek samping meski untuk ibu hamil sekalipun. Maka dari itu, untuk mengetahui infomasi lengkap terkait pengobatan miom terbaik tersebut. Silahkan klik: Obat Miom Herbal

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini Seputar gejala miom dan penyebabnya yang harus diwaspadai sejak dini. Semoga bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahuan Anda dalam dunia kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *