Ini Fungsi Likopen Pada Tomat Yang Luar Biasa Untuk Tubuh!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Fungsi likopen pada tomat ternyata memiliki manfaat yang sungguh luar biasa dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, hal ini masih kurang di pahami oleh banyak masyarakat, dengan masih minimnya pengetahuan dan informasi yang mereka miliki. Lalu, apa itu itu likopen? dan apa saja manfaat dan fungsinya untuk tubuh? Ketahui selengkapnya disini!

fungsi likopenTomat dan semua produk tomat diketahui kaya akan sumber vitamin dan nutrisi alami lainnya seperti likopen, vitamin A, vitamin C, b- karoten, lutein, lektin dan berbagai senyawa fenoliks eperti flavonoid dan juga asam fenolat. Selain itu, didalamnya juga terkandung senyawa alami lainnya seperti folat, kalium, serat, protein, rendah lemak dan kalori serta bebas kolesterol.

Adapun dari itu semua, likopen adalah salah satu zat alami yang paling dominan terkandung didalam buah tomat. Zat alami ini sendiri menjadi nutrisi yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Peranannya sering kali dihubungkan dengan kemampuannya untuk mencegah kanker dan juga penyakit degeneratif lainnya.

Fungsi likopen di dalam tomat untuk kesehatan tubuh

Tomat menjadi salah satu sumber likopen paling tinggi selain buah-buahan yang memiliki warna merah lainnya seperti, pepaya, jambu merah dan semangka. Adapun tingkat likopen dalam manfaat tomat ditentukan dari potensi genetik jenisnya, kondisi lingkungan, terutama suhu dan vahaya. Pada pembentukan likopen, suhu memiliki peranan yang cukup pnting. Sebab, jika suhu naik maka akan sebanyak likopen yang terbentuk.

Likopen atau lycopene sendiri merupakan sebuah sumber karotenoid yang bisa memberikan warna cerah pada sayuran dan buah-buahan. Tubuh manusia sendiri sebenarrnya juga mengandug likopen untuk memberikan warna alami pada beberapa organ tubuh seperti hati, paru-paru, usus, kulit, prostat, kelenjar adrenal dan warna darah.

Selain dari pada itu, fungsi atau manfaat likopen untuk tubuh sangatlah melimpah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencegah pengerasan pembuluh darah arteri (atherosclerosis)
  • Mengurangi pembengkakan prostat
  • Mengurangi resiko kanker payudara
  • Mengurangi resiko sakit jantung
  • Mencegah katarak agar tidak semakin parah
  • Mengurangi radang gusi (Gingvitis)
  • Membantu mempercepat penyembuhan penyakit yang di sebabakan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV)
  • Meningkatkan kesuburan laki-laki
  • Melindungi kulit dari sinar matahari
  • Menjaga kesehatan lambung
  • Menurunkan resiko penyakit asma
  • Menjaga kesehatan pembuluh darah
  • Menjaga kesehatan mata
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lebih baik mengonsumsi tomat mentah atau dimasak?

Apabila anda ingin memanfaatkan tomat sebagai sumber vitamin dan serat, maka sebaiknya anda mengonsumsi tomat dalam keadaan mentah. Sebab, vitamin dalam tomat mudah hilang akibat panas. Akan tetapi, jika anda ingin memanfaatkan likopen dalam tomat secara maksimal, maka sebaiknya anda memasak tomat tersebut. Seperti dengan cara di rebus atau di buat pasta (saus) tomat.

Sebab, menurut penelitian, kadar licopen dalam tomat akan meningkat, apabila tomat terkena panas. Likopen yang terikat akan keluar jika dimasak. Selain dari pada itu, likopen dalam tomat yang sudah dimasak juga akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Likopen sendiri diketahui tidak larut dalam air, namun larut dalam minyak. Sehingga penyerapan likopen akan lebih mudah jika anda mengonsumsinya bersama minyak/lemak. Akan tetapi ingat, bukan minyak jelantah. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda juga harus menggunakan minyak sehat seperti halnya zaitun dan jangan terlalu banyak.

Adapun dalam memilih tomat yang baik, pilihlah tomat yang memiliki bentuk normal dan utuh serta tidak cacat. Untuk tekstur, pilihlah tomat yang memiliki tekstur renyah atau “crunchy” serta tidak terlalu lembek. Sedangkan dari warna, pilihlah tomat yang berwarna merah agak oranye.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar fungsi likopen dalam tomat yang luar biasa untuk tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan penegtahuan anda.

2 responses to “Ini Fungsi Likopen Pada Tomat Yang Luar Biasa Untuk Tubuh!”

  1. Admin Razak says:

    DH. Dimana bisa membeli ektrat likopen buah tomat. Trimk

    • Admin Admin says:

      Hallo pak rozak, anda bisa membeli ekstrak likopen buah tomat asli disini, yang telah diolah secara moderen menjadi suplemen kesehatan bernama Walatra Lycopen softgel. Untuk pemesanan silahkan kirimkan format pemesanan:

      BWLS : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No. Hp
      Kirim ke:
      SMS/WhatsApp: 085.223.808.444
      atau PIN BB: 2B364191

      Untuk informasi selengkapnya, silahkah klik: Walatra Lycopene Softgel

      Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *