Ciri-Ciri Hamil Muda Usia 1 Minggu Sampai 1 Bulan Selain Telat Haid

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Ciri-ciri hamil muda ternyata belum banyak diketahui, khususnya oleh sebagian besar wanita yang telah menikah. Sehingga pada saat beberapa tanda awal kehamilan muncul, mereka sering kali menganggapnya sebagai kondisi umum seperti sindrom menjelang haid (PMS) seperti biasanya. Karena sejatinya, telat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda awal kehamilan terjadi. Selain itu, masih banyak lagi ciri-ciri awal kehamilan lainnya yang juga patut untuk Anda perhatikan.

Tanda Awal Kehamilan Dan Ciri-Ciri Hamil Muda Usia 1 Minggu Sampai 1 Bulan Selain Telat Haid

Telat datang bulan pada dasarnya bisa saja dialami oleh beberapa wanita yang memiliki kadar hormon tidak normal. Namun di samping itu, telat datang bulan juga menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda yang paling cepat di baca oleh para wanita. Akan tetapi selain dari pada itu, terdapat 10 ciri-ciri hamil muda 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu hingga satu bulan yang juga bisa menyertai sehingga patut Anda perhatikan untuk memastikannya. Diantaranya:

ciri-ciri hamil muda

1. Sering mual

Tanda awal kehamilan pertama yang mudah untuk kita kenal adalah sering mengalami mual. Meski begitu, tidak semua wanita hamil mengalami gejala yang satu ini. Pada masa awal kehamilan, mual terlebih pada saat pagi hari adalah kondisi yang lumrah. Kondisi ini biasanya akan dialami pada minggu keempat dan akan bertahan sampai minggu ke delapan masa kehamilan. Namun bukan berarti itu, menjadai tolak ukur. Karena antara wanita hamil yang satu dan yang lainnya memiliki masa mual yang berbeda.

Adapun kondisi mual ini terjadi lantaran kadar estrogen kian meningkat drastis yang di produksi oleh placenta dan janin itu sendiri. Selain mual dan muntah-muntah, ibu hamil juga akan lebih sensitif terhadap bau rokok, kopi, makanan parfum dan hal lainnya yang bisa memicu timbulnya rasa mual.

2. Perubahan pada bentuk payudara

Ciri-ciri wanita sedang hamil muda juga bisa dikenali dari perubahan yang terjadi pada bagian payudaranya. Biasanya wanita akan merasakan payudaranya lebih sensitif dan ukurannya mulai membesar, termasuk bagian puting yang semakin membesar dan kulit disekitar puting menjadi lebih gelap.. Kondisi ini tak lain disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron didalam tubuh.

Perubahan pada payudara ini sangat mirip dengan kondisi wanita saat memasuki masa menstruasi. Setelah satu minggu terjadi pembuhan, pada dasarnya perubahan yang terjadi pada payudara ini sudah mulai bisa dirasakan. Bahkan akan semakin bisa dirasakan perubahannya setelah ia melalui tiga bulan pertama kehamilan. Adapun untuk mengurangi ketidaknyamanan ini, maka Anda bisa menggunakan bra didesain khusus untuk ibu hamil dan menyusui.

3. Cepat merasa lelah

Saat seorang wanita hamil, maka akan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Seperti meningkatnya hormon progsteron yang mana bisa membuat Anda mudah merasa lelah. Peningkatan hormon progesteron ini bisa memicu rasa lemas dan juga haus. Kondisi tekanan darah dan gula yang mulai menurun sejak memasuki masa hamil juga menjadi penyebab tubuh menjadi cepat merasa lelah.

Dan pada saat yang bersamaan tubuh membuat plaseyang mrupakan sistem penyokong khidupan janim selama berada didalam rahim. Proses pembentukan plasenta ini ternyata cukup menguras tenaga para calon ibu. Dan pada trimester pertama rasa lelah ini di gadang-gadang akan sangat terasa. Meski demikian, rasa lelah akibat hamil ini kerap dipandang bukan sebagai sinyaldari tubuh bahwa Anda tengah berbadan dua. Terlebih jika hal ini dialami oleh mereka yng baru pertama kali mengalami hamil

4. Sering merasa pusing

Jika Anda kini tengah telat datang bulan yang disertai dengan sakit kepala dan sering merasa pusing, maka terdapat kemungkinan Anda tengah hamil muda. Hal tersebut sendiri sering menjadi ciri yang banyak dialami oleh para wanita saat memasuki periode pembuahan. Kondisi ini di pengaruhi oleh meningkatkanya produksi hormon progesteron, yang menjadikan tekanan darah menjadi cepat turun. Sehingga efek langsungnya menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak yang kemudian memicu rasa pusing.

Adapun menurut sebuah study yang dilakukan oleh Brazilian Journal of Otorhinolaryngology mengungkap bahwasannya disfungsi hormonal pada wanita hamil bisa menyebabkan gangguan di kepala, seperti merasa pusing dan telinga berdenging. Kondisi ini buasanya dirasakan pada trimester pertama kehamilan. Namun pada sebagian wanita lainnya bisa juga mengalami kondisi ini sepanjang masa kehamilan. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda hindari berdiri secara cepat dari posisi duduk atau tiduran. Adapaun jika Anda merasakan kondisi ini, sebaiknya tarik napas dalam secara teratur untuk meringankannya.

5. Penciuman yang lebih sensitif

Wanita yang tengah hamil pada umumnya secara tiba-tiba memiliki indera penciuman yang lebih tajam dibandingkan biasanya. Bahkan aroma farfum dari tubuh suaminya juga dapat tercium dengan kuat. Padahal biasanya hal tersebut tidak pernah ia rasakan pada saat belum memasuki masa kehamilan. Untuk itu, jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera lakukan test pack atau memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi, kini Anda tengah mengandung janin di rahim Anda.

Adapun peningkatan kemampuan indera penciuman ini diketahui disebabkan oleh perubahan hormon estrogen didalam tubuh, yang berefek pada sang calon ibu yang lebih sensitif terhadap aroma benda yang ada disekitarnya. Tak jarang tingkat penciuman yang lebih sensitif ini juga menjadi salah satu pemicu terjadinya morning sickness. Nah, jika Anda mengalami kondisi ini nyaris setiap hari, maka kemungkinan besar Anda sudah hamil.

6. Mood yang cepat berubah

Pernahkah Anda memperhatikan mood seorang perempuan yang tengah hamil? Pastinya Anda akan sulit menbaknya dengan tepat, lantaran mood wanita yang tengah hamil memang cenderung cepat berubabah terlebih pada saat pagi hari. Karena pada saat itu memmang merupakan masa terjadinya perubahan hormon dalam tubuh. Sehingga mereka akan mudah naik tensiny pada saat ada sesuatu yang membuat mereka menjadi tidk nyaman.

Ciri-ciri hamil muda yang satu ini, biasanya menyebabkan hal-hal sepelepun yang sebelumnya tidak menjadi masalah, mamapu memicu amarah pada saat wanita dalam kondisi hamil. Perubahan emosi ini terkadang bisa terjadi dalam waktu singkat dan berulang-ulang. Terkecuali bagi mereka yang memang pada dasarnya memiliki karakter moody. Perubahan emosi yang terjadi pada wanita tersebut tidak bisa menjadi indikasi sebuah kehamilan.

7. Sering mengalami kram perut

Selain sering terjadi di masa menstruasi, kram perut juga ternyata bia menjadi salah sati ciri-ciri kehamilan. Kondisi ini disebabkan oleh sel telur yang dibuahi sperma mencoba untuk mencari tempat nyaman di dinding rahim. Sehingga tak jarang rahimpun mengalami kontraksi yang kemudian berujung pada rasa sakit dan juga kram di bagian perut.

Dan lantaran kondisinya tak jarang sama persis saat mengalami menstruasi, maka sebagaian wanita kerap salah menanggapi kram perut yang mereka Alami. Terlebih di awal masa kehamilan. Mereka kerap menganggap akan mengalami menstruasi saat kram menyerang.

8. Sering buang air kecil

Tanda kehamilan lainnya juga bisa dilihat jelas dari frekuensi buang aior kecil yang meningkat secara drastis. Bahkan meski Anda tidak banyak minum air, namun frekuensi kunjungan ke kamar mandipun akan datang lebih sering. Adapun salah satu faktor penyebabnya adalah meningkatnya volume cairan didalam tubuh. Darah ini selalu melewati ginjal untuk menjalani proses pembersihan. Namun lantaran volume yang bertambah, maka residu yang dihasilkan ginjal dan menjadi air seni inipun akan bertambah banyak.

9. Perut sering terasa kembung

Jika sering mengalami perut terasa kembung, maka kondisi tersebut juga bisa menjadi indikasi kehamilan. Bahkan rasa kembung ini masih dirasakan saat Anda tengah mengalami diet. Kondisi ini bisa menjadi sinyal kuat didalam rahim sudah ada janin. Seperti pada gejala kehamilan pada umumnya, kondisi ini juga di pengaruhi oleh kadar hormon didalam tubuh yang sedang meningkat.

Saat hormon estrogen dan progesteron meningkat didalam tubuh, maka dinding rahim akan menabal yang kemudian menyebabkan perut terasa kembung. Selain perubahan hormon, penurunan sistem pencernaan yang kemudian memicu perut kembung. Sehingga Anda jangan heran, apabila pada masa awal kehamilan Anda sering kali buang gas.

10. Adanya bercak darah

Dalam beberapa kasus kehamilan juga bisa diawali dengan munculnya bercak darah disekitar vagina. Kondisi ini juga bahkan mirip dengan menstruasi hanya saja dalam volume yang sangat sedikit. Adapun kondisi ini menjadi pertanda telah menempelnya sel telur yang telah di buahi pada dinding rahim. Bercak darah ini bisa menjadi sinyal aawal. Dan kondisi ini biasanya tidak akan muncul setelah kehamilan berjalan dalam beberapa minggu.

Nah itulah 10 ciri-ciri hamil muda usia 1 minggu sampai 1 bulan yang dapat admin walatra pada kesempatan kali ini. Bahkan selain dari pada itu, masih banyak lagi ciri-ciri hamil muda lainnya yang mungkin belum Anda sadari. Diantaranya adalah perubahan pada bentuk tubuh, keluarnya cairan seperti keputihan, sering meludah atau hipersalivasi, mengalami konstipasi, berubah presepsi terhadap makanan tertentu, temperatur basal menjadi naik, sakit punggung dan lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *