Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata

Cara mengurangi mata minus nyatanya tak harus selalu dengan menggunakan kacamata. Selain dari pada itu, masih terdapat banyak alternatif lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati masalah mata minus tersebut. Seperti halnya yang akan kami informasikan pada kesempatan kali ini.

cara mengurangi mata minusMata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini pada umumnya dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk melihat benda ataupun suatu objek dengan jarak jauh. Pada saat ini, mata minus tak hanya di derita oleh dewasa, melainkan juga banyak di alami oleh mereka yang masih berusia muda bahkan anak-anak sekalipun.

Selain keturunan, resiko maupun penyebab mata minus sendiri pada umumnya dapat di sebabkan oleh kebiasaan buruk seperti halnya sering menonton tv atau membaca buku dengan jarak yang sangat dekat hingga tubuh kekurangan asupan vitamin A akibat jarangnya mengonsumsi buah maupun sayuran yang mengandung vitamin A.

Cara mengurangi mata minus yang ampuh tanpa kacamata

Berikut adalah beberapa cara serta latihan senderhana yang bisa menjadi referensi bagi anda untuk menghilangkan mata minus pada anak maupun dewasa tanpa kacamata, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk

Latihan untuk cara mengobati mata minus tanpa memakai kaca mata ini sebaiknya perlu anda coba. Anda bisa melakukan latihan ini dalam posisi duduk yang nyaman, dan tempatkan telunjuk anda 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan anda ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus anda ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus anda ke telunjuk. Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.

2. Melakukan senam mata

Senama mata juga merupakan salah satu metode alami yang dapat mengurangi mata minus, sehingga kelenturan mata terjaga. Caranya, goyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

3. Menjemurkan mata di pagi hari

Memanjakan mata dengan cara berjemur dapat anda lakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

4. Melatih tingkat fokus dengan warna

Anda bisa memilih warna untuk dapat di fokuskan setiap hari, Misalnya hari ini anda memiliki warna biru, maka carilah dan lihat warna biru yang ada di sekelilingmu yang berwarna biru. Hal ini juga sangat bagus untuk melatih fokus mata anda ke dalam warna tertentu.

5. Mengompres mata

Untuk membersihkan mata, anda bisa menggunakan obat tetes mata agar terhindar dari kuman dan juga bakteri. Selain dari pada itu juga anda bisa membilas mata dengan menggunakan air hangat. Caranya, anda bisa siapkan semangkuk air hangat lalu masukan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah selama beberapa saat.

6. Lepas kaca mata maupun softlens ketika tidak di perlukan

Pada dasarnya, otot mata akan menjadi kaku pada saat anda menggunakan kaca mata, karena mata akan terbiasa fokus pada pusat lensa. Coba buktikan! anda akan terbiasa menggunakan leher untuk melihat sekeliling di bandingkan dengan menggeserkan bola mata.

7. Menikmati pemandangan hijau

Objek berwarna hijau di yakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata. Selain baik untuk mata, kegiatan ini juga berguna untuk mengembalikan pikiran anda supaya jernih kembali.

8. Terapi lilin

Untuk melakukan terapi ini caranya sangat mudah. Anda bisa nyalakan lilin lalu tataplah lilin tersebut sampai anda mengeluarkan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berkedip supaya makin banyak air mata yang di keluarkan. Untuk terapi ini, lakukan secara tertaur 4 kali dalam seminggu.

9. Mengistirahatkan mata dengan teknik eye palming

Teknik ini di ketahui mampu mengistirahatkan mata dan membuatnya menjadi lebih rileks. Caranya gosok-gosokan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang sudah hangat. Anda bisa lakukan ini di mana mata terasa penat selama 15 menit.

10. Pijat titik mata saat bagun tidur

Lakukanlah pijatan-pijatan ringan di sekeliling mata setiap kali anda bangun tidur. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata lelah.

11. Mengonsumsi makanan yag mengandung vitamin A

Adapun penanganan dari dalam secara alami, anda sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang banyak mengonsumsi vitamin A, betakaroten, omega 3, lutein, lycopene, dan zinc. Bergai kanduingan tersebut nyatanya sangat di butuhkan oleh mata. Adapun beberapa jenis makanan yang dapat mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti manfaat wortel, ikan salmon, kol, bayam, telur dan tiram.

12. Melakukan terapi daun sirih

Daun sirih di ketahui memiliki khasiat untuk mengurangi iritasi dan membuang kotoran mematikan kuman serta jamur pada mata. Caranya, ambil 2 lembar daun sirih, cuci bersih, kemudian tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur, Pagi harinya, anda bisa lepas daun sirih dan cuci bersih wajah anda. Selain daun sirih hijau, manfaat daun sirih merah juga di ketahui sangat baik untuk kesehatan mata.

Nah, itulah beberapa cara mengurangi mata minus tanpa kacamata pada anak maupun dewasa. Semoga berbagai latihan dan terapi tersebut bisa membantu anda agar bisa sembuh dari kondisi rabun jauh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *